Gadget

Realme C21Y Lolos Sertifikasi, Jadi HP Murah Baru?

Realme C21Y telah lolos sertifikasi di tiga lembaga resmi sekaligus.

Rezza Dwi Rachmanta

Realme C21, generasi sebelum Realme C21Y. (Realme Indonesia)
Realme C21, generasi sebelum Realme C21Y. (Realme Indonesia)

Hitekno.com - Realme cukup agresif dalam mengenalkan jajaran HP entry-level terbarunya. Sebuah perangkat yang membawa identitas sebagai Realme C21Y telah lolos sertifikasi National Broadcasting Telecommunications Commission (NBTC) Thailand.

Tak hanya satu lembaga resmi, HP baru tersebut juga telah terdaftar di Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat dan TUV Rheinland.

Realme C21Y diharapkan membawa harga murah dan terjangkau mengingat perangkat ini datang dari keluarga C-series. Perlu diketahui, C-series dari Realme menyasar segmen entry-level sehingga harganya diprediksi tidak terlalu tinggi.

Daftar sertifikasi FCC mengungkapkan bahwa perangkat mempunyai layar berdesain waterdrop. Di bagian belakang, terdapat modul persegi yang menampung tiga kamera dan lampu flash LED.

Kita juga bisa melihat sensor sidik jari yang diletakkan di bagian belakang. Ini mengindikasikan bahwa HP baru tersebut bakal mengusung layar IPS LCD.

Realme C21Y lolos sertifikasi di FCC. (FCC)
Realme C21Y lolos sertifikasi di FCC. (FCC)

Di bagian depan, terdapat tombol volume dan power. Tempat kartu SIM dengan slot microSD khusus dapat ditemukan di bodi perangkat sebelah kiri.

Dikutip dari Gizmochina, Realme C21Y mengusung baterai berkapasitas 4.880 mAh dengan kecepatan pengisian daya yang masih belum diketahui.

Realme C21Y lolos sertifikasi di NBTC Thailand. (NBTC via Gizmochina)
Realme C21Y lolos sertifikasi di NBTC Thailand. (NBTC via Gizmochina)

Daftar FCC mengungkapkan spesifikasi lain seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 5.0, GPS, dan Realme UI 2.0 berbasis Android 11.

Mengingat Realme C21Y sudah muncul di beberapa lembaga sertifikasi resmi, perangkat kemungkinan bakal dirilis sebentar lagi. Untuk sementara ini, kita masih belum mengetahui terkait chipset, konfigurasi memori, dan fitur lainnya.

Realme C21. (Realme Indonesia)
Realme C21. (Realme Indonesia)

Generasi sebelumnya, Realme C21, telah dipasarkan ke Tanah Air beberapa waktu lalu. Realme C21 ditenagai chipset MediaTek Helio G35 yang dipasangkan dengan RAM 3 GB dan RAM 4 GB.

Perangkat tersedia dalam dua varian memori yaitu 32 GB dan 64 GB. Mengingat Realme C21 dibanderol Rp 1-2 juta, kemungkinan versi C21Y juga dibanderol terjangkau.

Perusahaan sendiri sudah mengenalkan berbagai macam keluarga C-series di Indonesia yaitu Realme C11, C12, C15, C17, C20, C21, dan C25. Apabila nanti dipasarkan secara komersial, Realme C21Y bisa menambah semarak varian entry-level dari perusahaan.

Berita Terkait