Gadget

Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan OPPO A53!

Baca ini sebelum beli OPPO A53.

Agung Pratnyawan

Oppo A53. (Oppo Indonesia)
Oppo A53. (Oppo Indonesia)

Hitekno.com - Di pertengahan tahun lalu, sobat gadget mendapat kabar gembira dengan hadirnya OPPO A53. Bukan hanya karena merupakan penerus dari OPPO A52 saja, tetapi tentu karena kehadirannya membawa banyak peningkatan. Selain itu harganya yang sangat terjangkau, yaitu di kisaran Rp2,3 - Rp2,8 juta saja padahal kapasitas memorinya lumayan besar, 64 GB dan RAM 4 GB.

Untuk yang ingin membeli OPPO A53 ada baiknya Anda mengenal HP ini luar dalam. Tak hanya kelebihannya saja, tetapi juga sisi kekurangannya agar Anda merasa puas saat membelinya. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan HP OPPO A53? Berikut informasinya untuk Anda!

Kelebihan OPPO A53

1. Punya Refresh Rate 90 Hz

Anda yang ingin memiliki HP keren dengan layar yang tajam dan asyik untuk dipakai main game, wajib banget memilih HP dengan refresh rate yang besar. Nah OPPO A53 memilikinya, yakni refresh rate sebesar 90 Hz, padahal HP yang ada di kelas harga segitu biasanya memiliki refresh rate lebih kecil, sekitar 60 Hz. Fyi ya, semakin besar refresh rate, semakin bagus dan tajam gambar yang dihasilkan pada layar suatu HP.

OPPO A53 juga lumayan cepat dalam merespon sentuhan pada layar. Hal ini dibuktikan dengan nilai touch sampling rate-nya yang ada di angka 120 Hz. Sama seperti refresh rate, semakin besar nilai touch sampling rate, semakin bagus HP tersebut untuk dipakai main game maupun menonton video.

2. Punya Speaker Stereo Ganda

OPPO A53 menyematkan dual speaker, alias berspeaker stereo ganda. Sudah pasti, suara dan bunyi yang dihasilkannya lebih keren jika dibandingkan dengan HP yang lainnya. Ada pun untuk HP yang berspeaker serupa biasanya ada di HP mahal kelas high end dan seri flagship.

Menikmati musik, menonton video, atau bahkan melakukan apa pun yang berhubungan dengan sistem audio di HP ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa.

3. Punya Baterai Awet dan Berkapasitas Besar

Yang gemar main HP seharian tak perlu risau harus bolak-balik mengisi daya jika memilih OPPO A53. Hal ini karena baterainya memiliki kapasitas yang besar.

Tak hanya itu saja, baterai ini juga lumayan awet. Bisa sampai untuk 2 hari jika dipakai secara normal, atau tahan seharian jika dipakai untuk aktivitas yang lebih berat. Dan jangan lupa, baterai ini juga sudah support fast charging 18 W, dengan sistem yang menggunakan USB tipe-C versi 2.0.

4. Punya Layar Penuh dengan Punch-Hole Display

Umumnya, HP di kelas 2 jutaan itu menggunakan desain teknologi kamera berponi atau water drop notch.

Nah OPPO A53 sudah menggunakan teknologi punch hole. Hampir bezel-lessnya juga membuat pengalaman main HP dengan layar penuh terasa memuaskan.

5. Punya Triple Camera

OPPO A53 menggunakan 4 kamera. Tiga kamera sebagai kamera utama, dan satu kamera depan. Lensa yang digunakan adalah 13 MP + 2 MP + 2 MP untuk kamera belakang dan kamera depan beresolusi 16 MP.

Walaupun kualitasnya tidak terlalu istimewa, kamera utamanya ini sudah dibekali dengan 6 kali untuk zoom digital. Dan tentu saja, fitur panorama, Pro Mode, serta time lapse sudah disematkan ke dalam kamera-kamera OPPO A53 ini.

6. Punya Desain Bodi yang Unik

OPPO selalu mengejutkan para sobat gadget dengan desain bodi yang mainstream. Nah OPPO A53 juga demikian. Desain bodinya mengusung tema luar angkasa, yang ditunjukkan dengan coraknya yang berkilauan.

Warna yang bisa dipilih antara lain ada 2 macam. Untuk Anda yang gemar warna terang, bisa pilih warna Fancy Blue. Dan yang gemar warna gelap bisa pilih warna Electric Black.

7. Punya Slot Memori Tambahan

Biasanya HP murah itu memiliki memori internal yang kecil. Jadinya tak bisa diharapkan banyak untuk menyimpan ini itu. So, untuk memperbesar kemampuan menyimpan, kita butuh memori tambahan.

Untungnya OPPO A53 menyediakan slot memori eksternal. Tak tanggung-tanggung, kita bisa menambah memori eksternal bahkan hingga 256 GB.

Kekurangan OPPO A53

1. Chipsetnya Masih Snapdragon 460

Kekurangan yang pertama dari OPPO A53 adalah chipsetnya. Ya, sematan chip di HP ini bisa dibilang lebih rendah kemampuannya, bahkan jika dibandingkan dengan OPPO A52 serta OPPO A5 2020.

Keduanya bahkan sudah menggunakan chipset Snapdragon 665. Karena hal ini, OPPO A53 sangat tidak disarankan jika Anda termasuk seseorang yang doyan manin game online.

2. Resolusi Layar Masih HD+

Ya, OPPO A53 masih mengusung layar yang HD+, belum full HD+. Ini yang sangat disayangkan banyak sobat gadget. Padahal besarnya layar sudah cukup memfasilitasi itu. Sehingga jika dibandingkan dengan HP lain di kelasnya, OPPO A 53 sedikit ada di bawah. Dan lagi-lagi, untuk dipakai sebagai HP gaming, ini tidak cukup memuaskan.

3. Tidak Memiliki Kamera Ultrawide

Ini juga yang banyak dikeluhkan sobat gadget. OPPO A53 belum dilengkapi dengan kamera ultrawide. Padahal ini sangat diperlukan sekali di masa kini. Di mana dengan lensa yang seperti itu tangkapan layar akan menghasilkan gambar yang memiliki sudut yang lebih leluasa.

OPPO sebelumnya sudah menggunakan teknologi lensa tersebut. Tak heran jika OPPO A53 disebut sebagai HP yang mengalami banyak penyunatan di berbagai fiturnya.

Itu dia kelebihan dan juga kekurangan dari spesifikasi serta fitur yang diusung OPPO A53. Anda yang mengincar HP ini wajib banget teliti dan jeli dengan semuanya. Supaya yang HP Anda beli memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berita Terkait