Gadget

Dibanderol Rp 2 Jutaan, Ini 6 Keunggulan Realme C17

6 keunggulan Realme C17 yang bikin HP ini makin gahar.

Dinar Surya Oktarini

Realme C17. (Realme Indonesia)
Realme C17. (Realme Indonesia)

Hitekno.com - Siapa sih yang sekarang tidak kenal dengan Realme? Sub-brand dari OPPO Electronics Corporation yang merupakan salah satu anak perusahaan BBK Electronics ini pertama kali muncul di Tiongkok tahun 2010 sebagai Oppo Real.

Pada 30 Juli 2018, mantan wakil presiden Oppo dan presiden Oppo divisi bisnis luar negeri Bingzhong Li (Sky Li) mengumumkan pengunduran dirinya dari Oppo dan niatnya untuk mendirikan Realme sebagai merek yang independent. Dikutip dari laman Weibo. Ia bertekad untuk fokus menciptakan smartphone menggabungkan antara performa yang cepat dan desain modis.

Pada Mei 2019, Realme mengumumkan secara resmi pemasarannya di Tiongkok dan meluncurkan beberapa smartphone, seperti Realme X, Realme X Lite, dan Realme X Master Edition. Pada bulan Juni dan Juli 2019, Realme memasuki pasar smartphone di daerah Tiongkok, India, Asia Tenggara, dan Eropa Realme menargetkan pangsa pasar global dan terus berekspansi ke negara-negara di Asia Tenggara yang memiliki potensi pangsa pasar yang besar, dimulai dari Indonesia untuk debut kawasan Asia Tenggara.

Di Indonesia, Realme muncul pertama kali di Jakarta, pada tanggal 9 Oktober 2018 membawa tiga varian produk, yaitu Realme C1, Realme 2 dan Realme 2 Pro. Realme berani melompat ke masa depan sesuai motonya: 'Dare to Leap', dan terdepan soal teknologi. Realme menjanjikan penggunanya dalam mendapatkan produk dengan trendsetting technology dan trendsetting design. Oleh sebab itu, melalui kepemimpinan Sky Li, Realme berhasil meraih prestasi terbaik di penghujung tahun 2020.

Realme C17. (Realme)
Realme C17. (Realme)

Data terbaru dari Counterpoint yang dirilis Realme Indonesia, di tanggal 20 November 2020 kemarin, menyebutkan pada Q3 2020, OEM teratas seperti Huawei, Apple, Oppo, Vivo, dan LG mengalami penurunan pengiriman smartphone YoY (year-on-year). Hal ini sebagian besar dipengaruhi pandemi Covid-19 atau Corona yang masih berkepanjangan dan berakibat pada melambatnya ekonomi global.

Namun, Realme sebagai merek smartphone pendatang baru yang berusia sekitar 3 tahun mampu melawan tren pasar global dengan mencatatkan pertumbuhan sebesar 45 persen YoY dan pertumbuhan QoQ (quartal-on-quartal) 132 persen. Dalam periode tersebut, Realme secara kumulatif mengirimkan lebih dari 50 juta smartphone pada akhir Q3 2020, dan menjadikannya sebagai the world’s fastest brand dengan berhasil mengapalkan 50 juta pengiriman sejak diluncurkan.

Meski tidak berurut seri, Realme terus menelurkan varian baru dari satu keluarga seri smartphone terbarunya ke pasar Indonesia. Seperti pada bulan Oktober 2020 yang menghadirkan seri Realme C17 setelah meresmikan C15 beberapa waktu sebelumnya. Adapun, Realme C17 menghadirkan layar luas dengan memori sistem (RAM) besar yang sepertinya menjadi spesifikasi yang diandalkan pada produk smartphone gaming.

Realme C17 adalah pilihan smartphone dengan harga dua juta Rupiah yang hadir dengan fitur-fitur besar. Pilihan prosesor Snapdragon 460, kemampuan refresh rate layar yang menjangkau 90Hz dan pengaturan empat kamera di bagian belakang untuk fotografi menjadi tawaran yang sulit ditolak.

Realme C17 versi Indonesia sendiri diketahui punya perbedaan dari versi negara lain, dengan storage terbesar di jajaran entry-level king milik Realme. Begitu juga dengan penggunaan layar 90Hz, pertama kali terjadi di seri-C Realme. Mengingat dalam waktu berdekatan sebelumnya, Realme juga merilis seri Realme C-Series, tidak mengherankan banyak konsumen yang akan dibuat penasaran pada smartphone yang satu ini. Nah, berikut ulasannya!

1. Desain

Realme C17. (Realme Indonesia)
Realme C17. (Realme Indonesia)

Ciri khas yang membedakan Realme C17 dengan Realme C15 adalah inovasi desain layar yang digunakan produsen. Realme C17 memiliki inovasi baru dalam bentuk desain yang menerapkan hole display untuk posisi kamera bagian depan perangkat, berbeda dari sebelumnya yang menerapkan desain punch display atau layar ber-poni.

Selain itu, Realme C17 memiliki nuansa yang lebih premium dengan bentuk modul kamera persegi panjang yang terdapat di seri 7. Realme C17 hadir dengan dua varian warna yaitu Navy Blue dan Lake Green. Casing bagian belakang Realme C17 tidak lagi memiliki dua area yang membelah dari bawah bingkai kamera belakang tapi posisi tulisan Realme tetap dipasang dalam posisi horizontal. Ada pemindai sidik jari di area ini.

Bingkai yang berisi empat kamera belakang dan LED flash dibuat dalam posisi vertikal seperti seri Realme 7. Sayangnya permukaan bodi belakangnya yang indah tidak memiliki tekstur sehingga cukup licin di genggaman. Di bagian depan bisa dilihat model kamera depan yang tidak lagi menggunakan model poni. Layar smartphone Realme C17 memiliki ukuran 6,5 inci resolusi FHD Plus yang menarik karena di rentang harga dua juta Rupiah sudah menawarkan refresh rate 90Hz yang diburu gamer mobile.

Realme C17 sudah menggunakan port USB-C yang tidak hanya mendukung pengisian tapi juga bagi pengguna yang memiliki earphone modal USB-C. Jangan khawatir karena perangkat ini tetap menyediakan audiojack.

2. Layar
Dimensi layar smartphone Realme C17 berukuran 6.5 inci serta masih mengemas panel IPS LCD, seperti seri terdahulunya. Cocok untuk memainkan game dan memutar video kualitas HD, terlihat lebih luas dan masih cukup nyaman meski dipandang dari sudut 180 derajat sekalipun. Bahkan, teknologi Gorilla Glass juga menemani layar untuk memperkuatnya dari benturan atau goresan kecil.

3. Fitur dan Antarmuka

Smartphone Realme C17 punya sistem keamanan yang lengkap yaitu pemindai sidik jari dan pemindai wajah di kamera depannya. Di sisi kapasitas memori internal tersedia slot MicroSD 256GB yang terpisah dari Dual-SIM. Sistem operasinya sudah menggunakan Android 10 dengan modifikasi tampilan Realme UI yang sama seperti seri smartphone Realme lainnya. Di sini juga tetap tersedia fitur Game Space untuk boosting performa saat gaming.

Sebagai smartphone, tentu banyak aplikasi yang dijalankan secara ganda bahkan lebih dari dua aplikasi dipakai pengguna dalam kesehariannya. Hal ini tentunya akan sangat menguras tenaga baterai smartphone Realme C17, namun beruntung sejumlah fitur penghemat baterai akan membantu hal itu. Selain fitur Quick Freeze dan Battery Optimization, fitur Super Power Saving Mode akan membantu memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif sehingga bisa memperpanjang usia baterai yang sangat lama. Pada saat yang sama, smartphone Realme C17 akan menghidupkan strategi
penghematan daya yang lebih agresif. Eye Protection (Perlindungan pada mata) mendukung fungsi penyesuaian suhu warna layar, dengan menaikkan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru layar, untuk mencegah ketegangan
mata. Dapat diatur waktu secara otomatis untuk aktif.

Smartphone Realme C17 selain mendukung pembukaan kunci sidik jari ultra-cepat, juga mendukung pengenalan wajah, yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu klik atau pandangan, nyaman untuk dibuka dan aman untuk privasi kamu pada saat yang bersamaan.

Untuk ketahanan perangkatnya sendiri, Realme mendesain semua lubang di smartphone realme C17 kedap air dengan pelindung silikon yang secara efektif mencegah percikan air. Hingga kamu tidak perlu khawatir lagi menggunakan untuk menelpon saat hujan mendadak di tengah jalan. Fitur lainnya adalah memiliki varian memori 6GB+256GB yang didukung slot 3 kartu. 2 digunakan untuk kartu SIM dan satu untuk kartu MicroSD hingga 256GB.

4. Kamera

Realme C17. (Realme Indonesia)
Realme C17. (Realme Indonesia)

Smartphone Realme C17 mencoba menyajikan kemampuan quad camera atau empat kamera belakang dengan perpaduan 3MP ultra-wide angle, 8MP wide angle, 2MP lensa makro, dan 2MP lensa portrait B/W. Smartphone Realme C17 ini mendesain empat kamera dengan susunan lensa dalam modul persegi panjang. Menggunakan sensor gambar 13MP sebagai kamera utama, sebuah kamera sudut-ultra lebar 8MP seluas 119 derajat, serta resolusi 2MP lensa makro dan resolusi 2MP lensa portrait B/W.

Kamera utama yang mengadopsi sensor gambar 13MP dengan area besar, serta memiliki aperture besar f/2.2. Untuk sensor utama ini mendukung PDAF dengan kemampuan 4x zoom memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas dari jarak jauh. Pengambilan pada siang hari di luar ruang, dengan kondisi cahaya matahari yang optimal, hasil foto yang didapat cukup mengesankan, punya tingkat kecerahan yang cukup, ketajaman gambar yang juga oke, pewarnaan juga bagus.

Kemampuan memotret makro memungkinkan pengguna lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4 cm. Begitu juga halnya dengan kemampuan lensa Black and White, sistem filter warna baru memungkinkan lensa potret mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret.

5. Performa

Smartphone Realme C17 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 460 yang menariknya didukung kapasitas RAM besar yaitu 6GB sehingga kuat membuka beberapa aplikasi sekaligus yang tergolong berat atau menyedot RAM. Smartphone Realme C17 diketahui menggunakan prosesor Snapdragon 460, menggunakan desain arsitektur 11nm, sehingga lebih bertenaga dan efisien. Chip ini juga dilengkapi dengan struktur Kryo 240 di CPU dan Adreno 610 GPU. Dengan kombinasi LPDDR4x dan UFS 2.1, smartphone Realme C17 menghadirkan pengalaman yang mulus bagi pengguna.

Performa ciamik ini juga hasil dari konfigurasi produsen yang bisa dibilang smartphone dengan RAM terbesar yang ada di kelasnya saat ini, yaitu 6GB+256GB untuk segmen harga 2 jutaan Rupiah. Uniknya, konfigurasi besar ini hanya diberikan khusus untuk pasar Indonesia. Adapun, smartphone Realme C17 dalam pengujian atau benchmark mengantongi skor yang tergolong mumpuni di kelas harganya. Hal ini dilakukan di saat kompetitor lain menawarkan harga yang lebih mahal, bahkan punya kapasitas RAM lebih kecil pada harga tersebut.

6. Baterai

Realme C17. (Realme)
Realme C17. (Realme)

Smartphone Realme C17 memiliki baterai kapasitas 5000mAh yang dapat digunakan untuk menikmati penggunaan lebih lama. Bahkan dalam mode siaga, jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya. Dengan pengisian balik OTG khusus, smartphone Realme C17 juga dapat menjadi penghemat baterai kamu. Smartphone Realme C17 dilengkapi dengan 18W Quick Charge dan hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi sampai 33%.

Selain karena kapasitas baterai besar, hal yang sangat membantu kinerja smartphone bisa dipakai lebih lama adalah beberapa fitur pendukung, seperti aplikasi Quick Freeze dan Screen Battery Optimization. Seperti namanya, Quick Freeze dapat secara cerdas membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Screen Battery Optimization akan sedikit menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai karena bekerja otomatis.

Itulah pembahasan seputar smartphone Realme C17. Apakah kamu tertarik membelinya?

Berita Terkait