Gadget

Samsung Produksi Layar 120Hz, Disiapkan untuk iPhone 13

Samsung dan LG bakal jadi pembuat layar untuk iPhone baru.

Agung Pratnyawan

Apple Store. (Pixabay/matcuz)
Apple Store. (Pixabay/matcuz)

Hitekno.com - Apple dilaporkan menyerahkan produksi layar untuk iPhone baru yang diduga untuk iPhone 13 kepada Samsung. Bahkan diduga telah memasuki masa produksi.

Laporan terbaru menyebutkan kalau Samsung sudah memulai produksi layar LTPO yang diduga akan dipakai pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max milik Apple.

Layar ini juga memiliki refresh rate hingga 120Hz, lebih tinggi dari 60Hz yang saat ini dipakai iPhone baru dari Apple.

Mengutip Macrumors, Senin (31/5/2021), Apple sebenarnya berencana memperkenalkan teknologi layar 120Hz bernama ProMotion untuk jajaran iPhone 12 tahun ini.

ProMotion ini memungkinkan iPhone memiliki layar dengan refresh rate 120Hz lebih tinggi dibandingkan dengan layar 60Hz yang masih digunakan iPhone buatan Apple.

Namun, terlepas dari banyaknya rumor yang mengarah ke peluncuran ‌iPhone‌ 2020, Apple memutuskan untuk tidak menyertakan layar 120Hz untuk iPhone.

Menurut analis Apple populer, Ming-Chi Kuo, Apple diharapkan dapat memperkenalkan teknologi tersebut untuk model iPhone 13 yang lebih tinggi, seperti iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

iPhone 12. (Apple)
iPhone 12. (Apple)

 

Sementara layar iPhone 13 kelas bawah akan menggunakan produksi layar LTPS buatan LG.

Disebutkan juga bahwa Samsung dan LG secara independen memulai produksi OLED untuk jajaran ‌iPhone‌ mendatang, lebih cepat dari jadwal karena perintah langsung dari Apple.

Hal ini disebabkan karena krisis kesehatan global tahun lalu, di mana peluncuran ‌iPhone 12‌ terpaksa ditunda.

Melihat hal ini, Apple berupaya mengurangi potensi penundaan apapun untuk iPhone 2021 atau iPhone 13. Juga iPhone baru dikabarkan akan membawa beberapa fitur baru selain layar 120Hz untuk model kelas atas.

Menurut rumor saat ini, lineup baru akan menampilkan notch yang lebih kecil dengan desain keseluruhan yang sedikit lebih tebal dan tonjolan kamera yang lebih besar.

Apple sendiri belum sencar penuh mengungkap seperti apa iPhone baru mendatang. Apakah iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max memakai layar 120Hz dari Samsung nantinya? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait