Hadirkan Konten Informatif, TikTok Lanjutkan Program #SamaSamaBelajar

Program #SamaSamaBelajar diharapkan dapat memancing kreativitas dari para pengguna TikTok.

Rezza Dwi Rachmanta
Kamis, 20 Mei 2021 | 18:30 WIB
Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

Hitekno.com - Melalui konferensi virtual bersama media yang digelar hari ini (20/05/2021), TikTok berkomitmen menghadirkan sistem pembelajaran secara digital. Program yang bertujuan untuk memperbanyak konten informatif ini mendapatkan sambutan cukup baik dari para pengguna.

Setelah diluncurkan pada tahun lalu dan berjalan sukses, TikTok kembali melanjutkan program #SamaSamaBelajar 2021 yang fokus menghadirkan konten edukasi di platform digital.

Program yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia ini bertujuan untuk memberikan akses dan kesempatan yang sama kepada siapa pun untuk belajar dan berbagi inspirasi kepada masyarakat melalui konten edukasi di TikTok.

Baca Juga: Tak Bisa Buka Toples Kue, Mendadak Pria Ini Dapat Chat dari Bapak Kos

Konten #SamaSamaBelajar merupakan program yang mengajak kreator dan pengguna TikTok untuk membagikan konten edukasi dengan beragam kegiatan.

Contoh kegiatan yang dilakukan seperti berbagai kompetisi dan webinar bersama IGI dan JSDI yang diikuti oleh lebih dari 2.000 guru pada 10 di wilayah Indonesia.

Angga Anugrah Putra (kiri) & Rachmadi Widdiharto (kanan). (TikTok)
Angga Anugrah Putra (kiri) & Rachmadi Widdiharto (kanan). (TikTok)

Hashtag tersebut rupanya menempati kategori kedua teratas di TikTok. Perusahaan menjelaskan bahwa sejauh ini sudah ada 1,5 juta konten yang dibagikan pada platform. Selain itu, video-video tersebut sudah dilihat oleh pengguna lebih dari 59 miliar kali.

Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Bersama Keluarga dengan TikTok

Pemanfaatan internet dan platform digital untuk dunia pendidikan semakin meningkat seiring dengan diberlakukannya kebijakan pembelajaran jarak jauh.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statisik tahun 2020, terjadi peningkatan hampir 100 persen terhadap penggunaan internet untuk kegiatan belajar di tingkat SMA/sederajat dan juga bangku perkuliahan, dibandingkan tahun 2016.

Pemerintah, melalui Kemendikbudristek, pun menaruh fokusnya pada peningkatan teknologi dan infrastruktur guna mendukung program Merdeka Belajar yang memberi kemerdekaan setiap unit untuk berinovasi.

Baca Juga: TikTok HadirkanKeseruan Belanja Online Bareng Nagita Slavina

Konten dari Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI untuk mengajak #SamaSamaBelajar. (TikTok)
Konten dari Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI untuk mengajak #SamaSamaBelajar. (TikTok)

Pengembangan teknologi ini menjadi sangat signifikan seiring diberlakukannya pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan metode hybrid learning.

"Program Merdeka Belajar yang diusung oleh Kemendikbudristek sejak tahun lalu pasti akan menghadapi banyak tantangan lain ke depannya. Teknologi dan platform digital yang ada saat ini merupakan salah satu inovasi dan solusi yang membantu keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Di sinilah perlu peran berbagai elemen masyarakat untuk memanfaatkan teknologi yang ada, termasuk oleh peserta didik dan tenaga pengajar. Sehingga inovasi ini dapat memberikan kesempatan yang lebih luas dan mudah bagi siapa pun untuk belajar, seperti yang digaungkan oleh program Merdeka Belajar," kata Rachmadi Widdiharto, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Ilustrasi TikTok. (Pixabay/konkarampelas)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/konkarampelas)

Petinggi TikTok Indonesia menjelaskan bahwa program ini diharapkan dapat memancing kreativitas dan juga inspirasi bagi orang lain.

Baca Juga: Hotel Horor di Malang Viral di TikTok, Netizen Ungkap Fakta Mengejutkan Ini

"Setahun terakhir, kami telah melihat bagaimana berbagi pengetahuan sederhana di TikTok ternyata dapat memberikan manfaat bagi banyak orang, menjadi inspirasi, menciptakan peluang karir hingga membuka berbagai kesempatan baru. Kami senang program SamaSamaBelajar dapat membuktikan bahwa siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan memberikan inspirasi kepada orang lain," kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia.

Kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar yang merupakan kolaborasi dengan Kemendikbud ristek memberikan kesempatan kepada semua kreator untuk membagikan konten informatif mulai tanggal 15 Mei sampai 25 Mei 2021.

Pemenang terpilih akan mendapatkan hadiah total ratusan juta rupiah. Keterangan lebih lanjut mengenai kompetisi dan program #SamaSamaBelajar dari TikTok terbaru dapat diakses di link ini. 

Berita Terkait
TERKINI

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB
Tampilkan lebih banyak