Internet

Heboh Video Bagi-bagi Uang, Ternyata Beda Respon Netizen Twitter dan TikTok

Beda tempat, beda tanggapan.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi uang. (Pixabay)
Ilustrasi uang. (Pixabay)

Hitekno.com - Sempat viral di media sosial, video bagi-bagi uang yang menjadi perbincangan netizen. Namun ternyata beda tanggapan antara pengguna TikTok dan Twitter.

Awalnya video viral tersebut dipostingkan di TikTok hingga menjadi FYP dan bajir pujian netizen di platform tersebut. Namun siapa sangka berebda dengan tanggapan di Twitter.

Netizen di Twitter malah tidak memuji tindakan bagi-bagi uang dalam video viral di media sosial tersebut. Tak sedikit netizen yang mengkritisi video tersebut.

Konten itu memperlihatkan seorang pengguna TikTok yang sedang berbagi rezeki kepada orang-orang di jalanan. Ia nampak menyiapkan sejumlah nominal uang yang dijejer rapi.

Uang-uang tersebut kemudian ditawarkan kepada orang-orang di jalanan. Mereka kemudian diminta mengambil atau memilih salah satu nominal uang yang disediakan.

Saat mengambil salah satu nominal uang, orang-orang di jalanan itu harus mengungkapkan uang itu akan dibelanjakan buat apa. Mereka pun mengungkapkan setiap kebutuhan yang membuat haru netizen TikTok.

Namun, video ini menuai kritikan dari seorang pengguna Twitter dengan nama akun @xttxqx. Pengguna ini mengaku kecewa dengan konten tersebut.

"Enggak nangis kok. Merasa kasihan lebih ke kecewa malahan," kritik @xttxqx di Twitter seperti dikutip oleh HiTekno.com dari BeritaHits.Id, Selasa (11/5/2021).

Viral Konten Bagi-Bagi Uang Jadi FYP di TikTok. (Twitter/@xttxqx)
Viral Konten Bagi-Bagi Uang Jadi FYP di TikTok. (Twitter/@xttxqx)

 

Menurutnya, konten itu sama sekali tidak mengharukan karena kemiskinan tidak pantas dijadikan konten. Ia menilai seharusnya jika ingin berbagi rezeki, maka hal itu harus dilakukan dengan ikhlas tanpa perlu memamerkannya kepada publik.

"Kalo mau ngasih mah ngasih aja. Ga perlu ada yang tau. Dan kembali lagi, kemiskinan bukanlah konten," kritiknya tajam.

"Ya tentu saja bapak ibunya berterima kasih pas dikasih duit. Karena memang butuh. Lha kalo yang mampu mah mikir, apalagi tahu kalo dikontenin," tegasnya.

Kritikan dari seorang pengguna Twitter ini langsung menjadi viral di media sosial dan disukai lebih dari 7,5 ribu pengguna. Banyak netizen yang menuliskan komentar dukungan.

"Konten menjual kesedihan sekaligus kemiskinan emang paling laris selain konten jual agama. Tapi ya itu, kadang ngasihnya nggak seberapa, dapet dari hasil dari ngontennya bisa berkali-kali lipat," komen netizen.

"Menurut gue konten kaya gini emang serba salah sih. Emang sebaiknya kalau mau sedekah mah sedekah aja," timpal lainnya.

"Setuju. Dari awal liat video ini gue langsung kepikiran, 'Bapa ibunya malu deh pasti divideoin gitu"'. Kasian yang dikasih uang pasti malu. Kalau mau ngasih ya ngasih aja, gausah dijadiin konten. Kasian," tulis netizen.

"Males banget bagi bagi gini terutama bagi uang, si penerima disorot wajahnya. Kek anjir coba loe yang diposisi mereka apa gak merasa rendah banget hah dikontenin dan lonya keliatan kek baik banget kek malaikat terus dibumbuin 'bersyukur' 'kebahagiaan' 'kepedulian'," hujat netizen.

Viral Konten Bagi-Bagi Uang Jadi FYP di TikTok. (Twitter/@diionn08)
Viral Konten Bagi-Bagi Uang Jadi FYP di TikTok. (Twitter/@diionn08)

 

Meski panen hujatan, ada juga netizen yang menuliskan komentar-komentar bijak. Menurut sebagian netizen, konten itu justru membantu orang yang membutuhkan dan tidak sepantasnya dinyinyiri.

"Ya ada bagusnya mungkin orang yang kurang peka jadi tahu kalau kehidupan tu ada yang begini, dan mungkin bisa mendorong orang buat ikut sedekah juga karena yang lebih butuh juga banyak," ujar netizen.

"Terkadang konten-konten gini perlu up untuk macu rasa sedekah orang lain, gak ada yang tahu dengan konten ini bisa aja jadi banyak orang yang tergerak untuk sedekah," celutuk lainnya.

"Justru dengan hal-hal seperti ini ke blowup kita jadi tambah tahu kalau memang ketimpangan sosial itu nyata! Jika kemiskinan nggak perlu diangkat lantas apakah dunia bisa tau tentang kemiskinan yang terjadi di Africa, dll?," tanya lainnya.

Video yang menjadi viral di media sosial ini bisa disaksikan DI SINI.

Itulah video viral di media sosial, konten bagi-bagi duit yang mendapatkan tanggapan netizen berbeda antara di Twitter dan TikTok. (BeritaHits.id/ Ruth Meliana Dwi Indriani).

Berita Terkait