Heboh Video Bagi-bagi Uang, Ternyata Beda Respon Netizen Twitter dan TikTok

Beda tempat, beda tanggapan.

Agung Pratnyawan
Rabu, 12 Mei 2021 | 07:00 WIB
Ilustrasi uang. (Pixabay)

Ilustrasi uang. (Pixabay)

Hitekno.com - Sempat viral di media sosial, video bagi-bagi uang yang menjadi perbincangan netizen. Namun ternyata beda tanggapan antara pengguna TikTok dan Twitter.

Awalnya video viral tersebut dipostingkan di TikTok hingga menjadi FYP dan bajir pujian netizen di platform tersebut. Namun siapa sangka berebda dengan tanggapan di Twitter.

Netizen di Twitter malah tidak memuji tindakan bagi-bagi uang dalam video viral di media sosial tersebut. Tak sedikit netizen yang mengkritisi video tersebut.

Baca Juga: Heboh Video Bongkar Celengan, Lihat Isinya Uang Sebanyak Ini

Konten itu memperlihatkan seorang pengguna TikTok yang sedang berbagi rezeki kepada orang-orang di jalanan. Ia nampak menyiapkan sejumlah nominal uang yang dijejer rapi.

Uang-uang tersebut kemudian ditawarkan kepada orang-orang di jalanan. Mereka kemudian diminta mengambil atau memilih salah satu nominal uang yang disediakan.

Saat mengambil salah satu nominal uang, orang-orang di jalanan itu harus mengungkapkan uang itu akan dibelanjakan buat apa. Mereka pun mengungkapkan setiap kebutuhan yang membuat haru netizen TikTok.

Baca Juga: Jual HP Malah Dibayar Uang Palsu Jutaan Rupiah, Nyesek Banget!

Namun, video ini menuai kritikan dari seorang pengguna Twitter dengan nama akun @xttxqx. Pengguna ini mengaku kecewa dengan konten tersebut.

"Enggak nangis kok. Merasa kasihan lebih ke kecewa malahan," kritik @xttxqx di Twitter seperti dikutip oleh HiTekno.com dari BeritaHits.Id, Selasa (11/5/2021).

Viral Konten Bagi-Bagi Uang Jadi FYP di TikTok. (Twitter/@xttxqx)
Viral Konten Bagi-Bagi Uang Jadi FYP di TikTok. (Twitter/@xttxqx)

Menurutnya, konten itu sama sekali tidak mengharukan karena kemiskinan tidak pantas dijadikan konten. Ia menilai seharusnya jika ingin berbagi rezeki, maka hal itu harus dilakukan dengan ikhlas tanpa perlu memamerkannya kepada publik.

Baca Juga: Bapak Ini Beli Bakso Pakai Uang Rp 3 ribu, Respons Penjualnya Bikin Salut

"Kalo mau ngasih mah ngasih aja. Ga perlu ada yang tau. Dan kembali lagi, kemiskinan bukanlah konten," kritiknya tajam.

"Ya tentu saja bapak ibunya berterima kasih pas dikasih duit. Karena memang butuh. Lha kalo yang mampu mah mikir, apalagi tahu kalo dikontenin," tegasnya.

Kritikan dari seorang pengguna Twitter ini langsung menjadi viral di media sosial dan disukai lebih dari 7,5 ribu pengguna. Banyak netizen yang menuliskan komentar dukungan.

Baca Juga: Driver Ojol Ini Jadi Korban Penipuan Customer, HP Kredit dan Uang Raib

"Konten menjual kesedihan sekaligus kemiskinan emang paling laris selain konten jual agama. Tapi ya itu, kadang ngasihnya nggak seberapa, dapet dari hasil dari ngontennya bisa berkali-kali lipat," komen netizen.

"Menurut gue konten kaya gini emang serba salah sih. Emang sebaiknya kalau mau sedekah mah sedekah aja," timpal lainnya.

"Setuju. Dari awal liat video ini gue langsung kepikiran, 'Bapa ibunya malu deh pasti divideoin gitu"'. Kasian yang dikasih uang pasti malu. Kalau mau ngasih ya ngasih aja, gausah dijadiin konten. Kasian," tulis netizen.

"Males banget bagi bagi gini terutama bagi uang, si penerima disorot wajahnya. Kek anjir coba loe yang diposisi mereka apa gak merasa rendah banget hah dikontenin dan lonya keliatan kek baik banget kek malaikat terus dibumbuin 'bersyukur' 'kebahagiaan' 'kepedulian'," hujat netizen.

Viral Konten Bagi-Bagi Uang Jadi FYP di TikTok. (Twitter/@diionn08)
Viral Konten Bagi-Bagi Uang Jadi FYP di TikTok. (Twitter/@diionn08)

Meski panen hujatan, ada juga netizen yang menuliskan komentar-komentar bijak. Menurut sebagian netizen, konten itu justru membantu orang yang membutuhkan dan tidak sepantasnya dinyinyiri.

"Ya ada bagusnya mungkin orang yang kurang peka jadi tahu kalau kehidupan tu ada yang begini, dan mungkin bisa mendorong orang buat ikut sedekah juga karena yang lebih butuh juga banyak," ujar netizen.

"Terkadang konten-konten gini perlu up untuk macu rasa sedekah orang lain, gak ada yang tahu dengan konten ini bisa aja jadi banyak orang yang tergerak untuk sedekah," celutuk lainnya.

"Justru dengan hal-hal seperti ini ke blowup kita jadi tambah tahu kalau memang ketimpangan sosial itu nyata! Jika kemiskinan nggak perlu diangkat lantas apakah dunia bisa tau tentang kemiskinan yang terjadi di Africa, dll?," tanya lainnya.

Video yang menjadi viral di media sosial ini bisa disaksikan DI SINI.

Itulah video viral di media sosial, konten bagi-bagi duit yang mendapatkan tanggapan netizen berbeda antara di Twitter dan TikTok. (BeritaHits.id/ Ruth Meliana Dwi Indriani).

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak