Gadget

Berkaitan Konflik Israel-Palestina, Rating Facebook di Play Store Anjlok

Rating Facebook di Play Store semakin anjlok dalam dua hari terakhir.

Rezza Dwi Rachmanta

Rating Facebook di Play Store Anjlok. Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Tumisu)
Rating Facebook di Play Store Anjlok. Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Tumisu)

Hitekno.com - Dalam dua hari terakhir, pengguna Android berbondong-bondong memberikan rating atau ulasan negatif pada aplikasi Facebook di Play Store. Pantauan hingga hari ini (20/05/2021), rating Facebook anjlok menjadi 2,5 dari 5 bintang yang ada.

Dilihat dari statistik pada kolom "Rating dan Ulasan", nampak bahwa pengguna yang memberikan bintang satu meningkat drastis. Beberapa pengguna mengeluhkan mengenai masalah iklan hingga pemblokiran fanspage secara sepihak.

Namun sebagian justru menyinggung serta menyoroti tentang konflik Israel-Palestina. Dibandingkan pengguna yang memberikan rating bintang 5, pemberi rating bintang 1 jumlahnya melonjak, bahkan hampir dua kali lipat.

Dari 115 juta ulasan yang ada, kini rata-rata rating Facebook menjadi 2,5. Tentu ini memberikan reputasi buruk terkait keberadaan aplikasi sekelas Facebook di Play Store. Aplikasi media sosial biasanya ada pada kisaran rating 3,5 hingga 4 ke atas.

Penurunan rating Facebook di Play Store nampak sangat signifikan dalam kurun waktu dua hari terakhir. Kemarin malam, rating Facebook ada pada 3,1, namun terus anjlok menjadi 2,5 hingga hari ini.

Rating Facebook anjlok di Play Store. (Play Store)
Rating Facebook anjlok di Play Store. (Play Store)

 

Sebagian pengguna yang memberikan rating bintang satu menuduh Facebook tidak adil dan membatasi kebebasan informasi. Banyak pengguna yang ikut membubuhkan bendera Palestina serta menuduh Facebook lebih pro ke Israel.

"Facebook sekarang tidak adil, apapun postingan tentang Palestina langsung banned, tapi postingan pro Israel dibiarkan begitu saja. Dulu cinta sama aplikasi ini, saya pengguna dari tahun 2010," tulis S*r*h N*v*a.

Rating Facebook anjlok di Play Store. (Play Store)
Rating Facebook anjlok di Play Store. (Play Store)

 

"Aplikasi ini tidak netral terhadap politik, Facebook adalah topeng yang secara halus berpihak kepada Zionis," pendapat M*d*a J*s*.

"Aplikasi yang tidak aman dan tidak ada netralitas. Standar privasi kacau," balas L*o W*n*i.

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/ William Iven)
Ilustrasi Facebook. (Pixabay/ William Iven)

 

Deretan kalimat di atas merupakan testimoni pengguna yang memberikan rating bintang satu pada Facebook. Perusahaan sendiri masih belum memberikan pernyataan resmi mengenai hal ini.

Hingga artikel berita ditulis, masih banyak pengguna yang berbondong-bondong memberikan ulasan bintang satu sehingga rating Facebook di Play Store semakin anjlok.

Berita Terkait