Tips Bikin Konten Podcast Berfaedah Pakai Samsung Galaxy A12

YouTube Wisnu Kumoro membagikan tips bikin podcast pakai Samsung Galaxy A12.

Dinar Surya Oktarini
Senin, 17 Mei 2021 | 18:00 WIB
Samsung Galaxy A12. (Samsung)

Samsung Galaxy A12. (Samsung)

Hitekno.com - Saat ini, konten podcast semakin banyak diminati oleh masyarakat. Kategori konten dan creator-nya pun semakin beragam. Menurut riset Edison Research and Triton Digital, saat ini ada lebih dari 800.000 podcast aktif dan 54 juta episode di seluruh dunia. Jumlah pendengar podcast di Indonesia didominasi oleh anak muda, yaitu 22,1% pendengar podcast berusia 15-19 tahun, dan sebanyak 22,2% pendengar podcast lainnya berusia 20-24 tahun. Selain itu, berdasarkan sebuah survey JakPat Mobile Survey Platform terhadap 2.023 pengguna smartphone, 80,82% responden mendengarkan konten podcast dalam enam bulan terakhir. Dengan tingginya minat akan produksi konten podcast, mulai banyak orang tertarik untuk mencoba membuat konten podcast, termasuk YouTuber dan Influencer.

Seiring dengan hal tersebut, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menghadirkan smartphone Galaxy A12 dengan pilihan RAM 4GB dan 6GB serta memori internal 128 GB, dan baterai besar 5.000 mAh sebagai perangkat yang mendukung penggunanya dalam berkreasi konten di media sosial, salah satunya podcast. Melalui program Tetap Semangat Indonesia, SEIN juga berkomitmen untuk terus mendukung passion para pengguna Galaxy A, khususnya di bidang kreasi konten.

Baca Juga: - Jadi Merger, Gojek dan Tokopedia Umumkan Grup GoTo - Terpopuler: 8 HP Murah Rp 1 Jutaan dan Ketemu Mantan saat saat Halalbihalal - Mexico Terpilih Jadi Pemenang, #MissUniverse Trending di Twitter - Resmi Rilis Global, Ini Harga Samsung Galaxy Book dan Book Pro 360 - Tiga Kamera dengan Harga Rp 1 Jutaan, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy A02s

“Apa yang dibutuhkan oleh konsumen selalu ada dalam benak kami di setiap terobosan yang Samsung hadirkan. Sejalan dengan semakin tingginya minat masyarakat menikmati konten-konten podcast, Samsung mendorong siapa pun yang passionate dalam hal kreasi konten untuk turut ambil bagian supaya semakin banyak lagi konten-konten berfaedah. Melalui kampanye Tetap Semangat Indonesia, didukung oleh Samsung Galaxy A12 yang fiturnya sangat mumpuni untuk bikin podcast dengan mudah dan terjangkau, kami berharap generasi muda bisa tetap semangat berkreasi di masa-masa penuh tantangan ini, pantang menyerah untuk terus menginspirasi di kala pandemi,” ujar Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Wisnu Kumoro, seorang Tech Reviewer dengan jumlah subscriber 326 ribu di akun YouTube-nya ini memberikan tips tentang bagaimana kita dapat membuat kreasi konten podcast di rumah hanya dengan memanfaatkan Samsung Galaxy A12.

Wisno Kumoro beri tips bikin podcast. (Samsung)
Wisnu Kumoro beri tips bikin podcast. (Samsung)

“Dengan harga dua jutaan, Samsung Galaxy A12 ini cukup banget untuk jadi studio podcast portable kamu, soalnya baterai, storage dan memorinya menurut gue cukup banget untuk bikin konten podcast di mana pun. Smartphone ini menggunakan processor Mediatek Helio P35 dengan pilihan RAM 4GB dan 6GB serta memori internal 128GB, jadi nggak perlu takut memori kepenuhan saat bikin konten. Baterai yang besar 5.000 mAh juga mendukung perekaman konten podcast yang durasinya panjang. Aplikasi voice recorder bawaannya juga kualitasnya nggak kalah bagus dengan aplikasi-aplikasi premium yang lain,” ujar Wisnu Kumoro.

Selain memanfaatkan fitur yang ada dari Samsung Galaxy A12, yuk simak tips Wisnu Kumoro supaya konten podcast yang kamu buat bisa lebih maksimal!

Atur jarak mic dengan sumber suara
Konten podcast adalah soal kejernihan suara. Saat merekam konten podcast, perhatikan jarak antara microphone dengan mulut atau sumber suara. Kenali juga posisi yang paling menghasilkan suara terbaik dari segi volume dan daya tangkap. Posisi ideal microphoneadalah yang tidak horizontal dengan mulut, tetapi sedikit di bawah mulut. Dengan demikian microphone tidak akan terganggu oleh suara hembusan angin atau suara lainnya yang tidak nyaman didengar. Menurut Wisnu Kumoro, jarak paling ideal antara microphone dengan sumber suara adalah lima hingga tujuh jari. Aspek ini juga bertujuan agar suara kalian tidak terdistorsi jika jaraknya terlalu dekat.

Matikan notifikasi saat merekam
Tentunya kamu perlu konsentrasi penuh saat membuat konten podcast, apalagi jika harus ngobrol dengan orang lain. Sebaiknya, kamu mematikan terlebih dulu notifikasi di smartphone-mu agar kamu tidak terganggu. Lebih baik lagi jika kamu menyalakan fitur airplane mode. Selain tidak terganggu notifikasi, kamu juga dapat menghemat baterai dengan lebih baik. Setelah merekam, kamu dapat menyimpan file rekamanmu dengan memanfaatkan fitur KNOX Security yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A12. Samsung Galaxy A12 ini menarik karena termasuk dalam jajaran perangkat baru yang mengusung antarmuka pengguna atau sistem operasi modifikasi One UI Core. KNOX Security berfungsi untuk menjaga data-data penting kamu serta mengamankan perangkat dari serangan siber dan virus yang berpotensi merugikan pengguna.

Perhatikan kenyamanan dalam mendengarkan kontenmu

Jika sudah selesai merekam kontenmu, kamu harus memposisikan diri sebagai pendengar dari kontenmu. Dengarkan kontenmu dari awal sampai selesai. Apakah kamu sudah cukup nyaman mendengarkannya? Atau masih ada suara-suara yang mengganggu? Nah, jika dirasa sudah cukup nyaman untuk didengar, kamu bisa lanjut ke proses editing! Menurut Wisnu Kumoro, terdapat beberapa aplikasi editing yang cukup baik untuk mengedit konten podcast, seperti Wave Editor, Dolby-On, dan N Track. Melalui aplikasi-aplikasi ini, kamu dapat mengedit dengan lebih leluasa seperti melakukan trimming dan menambahkan efek-efek tertentu. Samsung A12 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos yang mampu menghasilkan kualitas suara lebih baik dengan 1 speaker yang terletak di bagian bawah ponsel.

Samsung Galaxy A12 dengan memori RAM 4/128GB bisa dipesan seharga Rp2.499.000, dan yang RAM 6/128GB di harga Rp2.799.000.

Berita Terkait

TERKINI

Berikut ini adalah pengertian dan ciri-ciri iPhone HDC serta perbedaan dan persamaannya dengan iPhone Original. Patut kamu ketahui agar tidak tertipu.
gadget | 19:25 WIB
Biar nggak ketinggalan, berikut adalah link live streaming Grup G Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Serbia vs Swiss dan Kamerun vs Brasil.
gadget | 19:18 WIB
"Ingat kalau pita kasetnya suka ngruwel," kenang netizen.
gadget | 19:08 WIB
Redmi Note 12 Pro 4G diprediksi dapat debut pada awal tahun depan.
gadget | 18:40 WIB
Rupanya tak sedikit orang yang butuh alternatif diluar Android dan Google. Inovasi yang sudah mentok bisa jadi sebab kenapa adanya platform ketiga bakal menarik untuk dinanti.
gadget | 17:41 WIB
Oppo Find N2 Flip siap meluncur dalam waktu dekat.
gadget | 17:17 WIB
Update MIUI 14 disertai dengan adanya banyak pembaruan yang bikin pengguna ponsel Xiaomi, Redmi dan POCO dijamin ngiler, termasuk para gamer, apa saja?
gadget | 17:09 WIB
Produsen ponsel ini secara diluar dugaan bisa menasbihkan diri sebagai produsen smartphone paling dominan di China, mengalahkan pemain kandang seperti Oppo, Vivo atau bahkan Xiaomi.
gadget | 16:45 WIB
Ini secuplik bocoran spesifikasi calon HP baru Infinix yang bikin penasaran.
gadget | 15:29 WIB
Pengguna HP flagship ini mampu merekam wajah Messi dari jarak jauh.
gadget | 14:49 WIB
Kemunculan POCO X5 secara Global agaknya sudah dekat, intip bocoran spesifikasinya di sini.
gadget | 14:48 WIB
Cek HP Oppo kamu masuk dalam daftar ini nggak? Apakah mendapatkan update ColorOS 13 atau tidak.
gadget | 13:46 WIB
Gunakan Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Ghana vs Uruguay ini, secara legal dan resmi.
gadget | 12:05 WIB
Manfaatkan Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Korea Selatan vs Portugal legal berikut ini.
gadget | 11:46 WIB
Samsung Odyssey Ark, hadir sebagai monitor gaming curve dengan desain tak biasa.
gadget | 11:23 WIB
Redmi Note 12 5G diharapkan dapat masuk ke pasar Asia Tenggara dalam waktu dekat.
gadget | 11:09 WIB
Bukan Samsung atau iPhone, rupanya industri ponsel dikuasai oleh BBK Electronics, main keroyokan pakai brand Oppo, Vivo, OnePlus dan realMe
gadget | 21:25 WIB
Ingin memajang foto profil WhatsApp estetik? Berikut adalah deretan link download foto profil WA yang gratis.
gadget | 21:03 WIB
Tampilkan lebih banyak