Gadget

Strategy Analytics: Samsung Masih Memimpin Pasar Smartphone Global

Samsung memimpin pasar global, Huawei terlempar dari lima besar.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Samsung. (Samsung)
Logo Samsung. (Samsung)

Hitekno.com - Perusahaan riset industri Strategy Analytics baru saja mengeluarkan laporan mengenai perkembangan pasar smartphone atau HP pintar secara global. Hasilnya, Samsung masih memimpin sementara Huawei terlempar dari lima besar.

Tiga besar pasar smartphone global pada kuartal pertama 2021 dikuasai oleh Samsung, Apple, dan Xiaomi. Berdasarkan statistik yang diberikan oleh Strategy Analytics, pengiriman HP pintar Samsung pada kuartal pertama 2021 sebanyak 77 juta unit dan memperoleh pangsa pasar 23 persen.

Secara YoY, mereka mengalami peningkatan 32 persen dibandingkan 58 juta unit pengiriman pada kuartal pertama 2020. Tempat kedua diduduki oleh Apple dengan pengiriman HP pintar sebanyak 57 juta dan unit. Xiaomi berada di posisi ketiga dengan total pengiriman sebanyak 49 juta unit.

Dilihat dari statistik, Xiaomi mengalami lonjakan yang cukup besar yaitu sekitar 80 persen dibandingkan periode sama pada tahun lalu.

Huawei sendiri sudah terlempar di posisi lima besar di mana Oppo dan Vivo kini menempati posisi keempat dan kelima. Dikutip dari NDTV, peningkatan 32 persen yang dialami Samsung disebabkan oleh penjualan Galaxy A-series baru dengan harga kompetitif.

Riset pasar smartphone global kuartal pertama 2021. (Strategy Analytics)
Riset pasar smartphone global kuartal pertama 2021. (Strategy Analytics)

Tak hanya itu, deretan HP 4G, HP 5G, dan juga Samsung Galaxy S21 juga turut mendongkrak penjualan.

Apple berada di urutan kedua dengan mengirimkan 57 juta unit iPhone di seluruh dunia, merebut pangsa pasar 17 persen. Xiaomi sendiri mengirimkan 49 juta smarphone secara global dan memperoleh pangsa pasar 15 persen.

Strategy Analytics mencatat bahwa Xiaomi memiliki kinerja merek yang kuat di China dan India. Mereka juga telah melakukan eskpansi ke wilayah lain seperti Afrika, Eropa dan Amerika Latin.

Samsung Galaxy A32, Samsung Galaxy A52, dan Samsung Galaxy A72. (Samsung)
Samsung Galaxy A32, Samsung Galaxy A52, dan Samsung Galaxy A72. (Samsung)

Oppo mengirimkan 38 juta unit pada kuartal pertama tahun ini, sedangkan Vivo mengirimkan 37 juta smartphone.

Vivo memperoleh banyak keuntungan tahun lalu dan tumbuh 85 persen YoY secara mengesankan di Q1 2021 (kuartal pertama 2021). Pada posisi lima besar, hanya Xiaomi dan Vivo yang mengalami pertumbuhan YoY lebih dari 80 persen.

Secara global, gabungan lima vendor teratas mengambil 76 persen pangsa pasar pada Q1 2021, naik dari 71 persen satu tahun lalu. Cukup menarik apakah Samsung bisa tetap memimpin pada kuartal selanjutnya atau tidak mengingat pesain terdekat juga bersiap meluncurkan beberapa HP baru.

Berita Terkait