Gadget

Oppo Indonesia Siapkan HP Baru Lagi, A74 atau A93?

Oppo Indonesia sudah mengantongi sertifikat TKDN, pastinya HP baru ini siap untuk meluncur.

Agung Pratnyawan

Logo Oppo. (Oppo)
Logo Oppo. (Oppo)

Hitekno.com - Oppo Indonesia diduga akan segera meluncurkan HP baru lagi ke Tanah Air. Namun sayangnya belum diketahui perangkat smartphone apa yang akan mereka hadirkan dalam waktu dekat ini.

Muncul dua dugaan HP baru apa yang akan dihadirkan Oppo Indonesia. Antara Oppo A74 atau Oppo A93, dua seri yang diduga akan menjadi penerus dari perangkat sebelumnya.

Namun yang diketahui, Oppo Indonesia telah mengantongi sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian pada 13 Januari silam.

Sertifikat TKDN ini untuk perangkat yang memiliki kode CPH 2219. Selain itu, perangkat ini juga mengantongi sertifikat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika juga sudah diterima.

Sayang belum banyak informasi, terutama soal nama dan spesifikasi ponsel baru itu yang dibocorkan Oppo Indonesia. Waktu peluncuran, apa lagi soal harga, juga masih gelap sama sekali.

Merek asal China itu cuma bilang bahwa kemungkinan besar yang akan diperbarui di Indonesia adalah jajaran Oppo A92 yang meluncur perdana pada Mei 2020 di Indonesia dan hadir dengan varian RAM 6 GB pada Oktober kemarin.

Di Indonesia Oppo A92 hadir dengan prosesor Snapdragon 665 dengan konfigurasi RAM 6 GB/8 GB dan memori internal atau ROM 128GB.

Oppo A93. (Oppo Vietnam)
Oppo A93. (Oppo Vietnam)

 

"Penerus A92 ini diperkirakan akan memiliki konfigurasi yang tidak jauh berbeda, bahkan, dimungkinkan adanya beberapa peningkatan dan teknologi baru baru seperti layar tipe AMOLED yang mulai diusung OPPO ke perangkat kelas menengah, sistem operasi ColorOS 11 berbasis Android 11 atau keberadaan sistem pengisian daya cepat," beber Oppo Indonesia.

Jika melihat penjelasan Oppo soal penerus A92, maka ada kemungkinan yang akan diluncurkan itu adalah Oppo A93. Ponsel ini diluncurkan di Vietnam pada Oktober 2020 dan di China pada Januari 2021 lalu. Hingga kini A93 belum masuk di Indonesia.

Oppo A93 sendiri dibekali dengan layar AMOLED seluas 6,5 inci. Ia dipacu prosesor Helio P95 dari Mediatek dan disokong oleh RAM 8 GB serta ROM 128 GB.

Tetapi jika menengok rumor di antara para pemerhati gadget, gawai dengan kode CPH 2219 diduga kuat sebagai Oppo A74 yang sudah diperkenalkan di beberapa negara pada 6 April kemarin.

Oppo A74 memiliki layar AMOLED seluas 6,43 inci, dipacu Snapdragon 662, dan konfigurasi memori 6 GB/128 GB. Ponsel ini diotaki sistem Android 11 dan tampilan antarmuka ColorOS 11.1.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada kepastian dari Oppo Indonesia soal gawai barunya yang akan mendarat di Bulan Ramadhan.

HP baru apa yang akan diluncurkan Oppo Indonesia pada bulan Ramadan ini? Apakah Oppo A93 atau Oppo A74 nantinya? (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait