Gadget

Bocoran HP Misterius Oppo Muncul ke Publik, Desain Tanpa Port?

Konsep HP dari Oppo yang bocor ini memiliki fitur menarik.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Oppo. (Oppo)
Logo Oppo. (Oppo)

Hitekno.com - Berdasarkan bocoran dari leaker, Oppo diprediksi sedang mempersiapkan HP misterius dengan fitur tak biasa. Leaker populer, Digital Chat Station mengklaim bahwa Oppo saat ini sedang mengembangkan HP dengan kamera bawah layar.

Dia juga membagikan beberapa fitur yang bakal dibawa oleh HP Oppo misterius tersebut. Salah satu yang menarik perhatian adalah desain "portless" atau "tanpa port" yang dibawanya.

Prototipe HP Oppo dengan kamera bawah layar serta desain portless tersebut diprediksi akan dikenalkan pada tahun ini.

Jika bocoran di atas benar, maka tahun 2021 akan menjadi periode di mana beberapa HP dengan sensor kamera bawah layar bakal dikenalkan. Pada kuartal keempat tahun lalu, ZTE sudah mencuri start dengan mengenalkan HP berkamera under display pertama.

Mengusung nama ZTE Axon 20 5G, perangkat juga sudah diluncurkan secara global. Pada Oktober 2020 lalu, ilustrasi mengenai paten HP Oppo terbaru sudah muncul ke publik.

Teknologi kamera under display milik ZTE Axon 20 5G. (ZTE)
Teknologi kamera under display milik ZTE Axon 20 5G. (ZTE)

 

Diilustrasikan oleh Lets Go Digital, HP Oppo tersebut diyakini membawa sensor kamera di bawah layar. Guangdong Oppo Mobile Telecommunications mengajukan paten desain HP ke CNIPA (China National Intellectual Property Office) pada akhir 2019.

Namun itu baru disetujui dan dipublikasikan pada 23 Oktober 2020. Sepertinya kini Oppo sedang bersiap mewujudkan paten desain mereka sebelumnya di tahun ini.

Dikutip dari Gizmochina, leaker menjelaskan bahwa HP Oppo ini tidak benar-benar tanpa port karena akan menampilkan pengisian daya nirkabel dan kabel port USB telepon.

Desain konsep HP Vivo APEX 2020. (Vivo via GSM Arena)
Desain konsep HP Vivo APEX 2020. (Vivo via GSM Arena)

 

Perusahaan akan berusaha menyembunyikan port USB sehingga memungkinkan untuk terlihat seperti tanpa port. Bocoran baru menyebutkan bahwa kamera belakang ponsel misterius OPPO akan terselip di bawah kaca elektrokromik.

Desain yang dibawa perangkat kemungkinan akan mirip seperti konsep HP milik Vivo yang dikenalkan pada APEX 2020.

Mungkin, perusahaan dapat menggunakan teknologi kaca elektrokromik yang sama seperti OnePlus. Teknologi itu dapat menyembunyikan kamera belakang HP OnePlus Concept One yang dikenalkan tahun lalu.

HP Oppo misterius ini diperkirakan akan dikenalkan dalam bentuk prototipe terlebih dahulu dan masih belum diketahui terkait ketersediaannya secara komersial.

Berita Terkait