Gadget

Resmi Mundur dari Bisnis Smartphone, Ini 6 Inovasi LG yang Pernah Dirilis

Yuk throwback.

Dinar Surya Oktarini

LG Wing. (LG)
LG Wing. (LG)

Hitekno.com - Beberapa waktu lalu LG mengonfirmasi resmi mundur dari bisnis smartphone. Meski begitu, perusahaan raksasa Korea Selatan ini pernah merilis berbagai inovasi yang menarik perhatian penggunanya. 

Mengenang kontribusi LG dalam bisnis smartphone, berikut adalah enam smartphone inovatif yang telah dibuat, dilansir laman Gizmochina, Selasa (6/4/2021):

1. LG DoublePlay

Ponsel layar ganda bukanlah hal baru bagi LG dan hanya sedikit produsen yang memiliki pengalaman sebanyak LG dengan layar ganda.

Salah satu ponsel dual-display paling awal adalah LG DoublePlay 2011, smartphone Android dengan desain slider horizontal yang saat dibuka menampilkan keyboard QWERTY dengan layar di antara tombol-tombolnya.

Layar utamanya 3,5 inci dengan resolusi 320 x 480 dan layar yang lebih kecil 2,0 inci yang membagi keyboard menjadi dua bagian yang sama sehingga memberikan desain terpisah.

LG DoublePlay. [Gizmochina]
LG DoublePlay. [Gizmochina]

Apa fungsi layar yang lebih kecil? Itu bisa menampilkan kontrol pemutaran musik saat kamu menjelajahi web di layar utama.

Layar yang lebih kecil juga berfungsi sebagai perpanjangan dari yang lebih besar untuk fitur tertentu. Misalnya, kamu menelusuri bookmark atau membuka tab di layar kecil saat browser utama dibuka di layar yang lebih besar.

Ada juga aplikasi bernama Richnote yang memungkinkan kamu mencatat informasi atau ide dengan cepat tanpa keluar dari aplikasi di layar utama.

Ada beberapa kegunaan lain juga, tetapi satu fitur menarik yang ditambahkan LG adalah kemampuan mendorong aplikasi di layar kecil ke tampilan yang lebih besar dengan satu tombol.

2. LG Kristal

Ponsel dengan panel belakang tembus pandang memungkinkan kamu melihat bagian "internal" mereka.

Ponsel ini sangat baik jika dibandingkan dengan LG GD900 Crystal 2009, ponsel slider dengan bagian tembus pandang yang tidak menunjukkan bagian internal.

Keypad alfanumerik transparan LG Crystal sebenarnya adalah layar sentuh dengan huruf dan angka yang terukir di permukaannya.

Itu memiliki iluminasi sendiri yang membuatnya lebih sejuk di kegelapan.

Dan karena ini sebenarnya adalah layar sentuh, kamu dapat menggeser jarimu di atasnya dan menggunakannya untuk menavigasi perangkat seperti menggunakan touchpad. Ini juga mendukung gerakan multi-touch seperti pinch to zoom.

3. LG G Flex

LG G Flex. [LG]
LG G Flex. [LG]

LG G Flex adalah perangkat yang mengemas berbagai teknologi mengesankan. Mulai dari layar OLED Plastik lengkung cekung yang membuatnya nyaman digunakan, hingga baterai LiPo yang fleksibel, dan panel belakang berlapis khusus yang sembuh sendiri dari goresan.

Fitur menarik lainnya dari LG G Flex termasuk tombol daya dan volume yang dipasang di belakang serta blaster IR yang dipasang di belakang yang memungkinkan kamu mengontrol peralatan elektronik dengan memegang telepon secara tegak, daripada secara horizontal seperti remote control biasa.

4. LG G5

LG G5 mungkin telah dianggap sebagai salah satu kegagalan LG, tetapi patut disebutkan karena LG menggunakan smartphone modular, area yang hanya berani dilakukan oleh beberapa produsen.

G5 memiliki apa yang disebut Magic Slot yang memungkinkan kamu melepas bagian bawah ponsel dan menukarnya dengan aksesori tambahan.

LG menamakan aksesoris tersebut LG Friends. Salah satu add-on ini adalah LG Cam Plus yang menghadirkan kontrol kamera perangkat keras seperti tombol shutter fisik, tombol camcorder, dan tombol zoom.

Add-on ini juga memiliki baterai internal, sehingga meningkatkan total kapasitas baterai ponsel.

5. LG V10

Ingat kami telah mengatakan sebelumnya bahwa LG bukanlah hal baru dalam layar ganda, LG V10 adalah contoh lain dari obsesi pabrikan Korea dengan layar ganda.

Unggulan yang diluncurkan pada 2015 ini memiliki dua layar yang saling bertumpuk.

Layar utamanya adalah layar QHD 5,7 inci dan di atasnya ada layar sentuh 2,1 inci yang lebih kecil di samping kamera selfie ganda.

LG V10. [LG]
LG V10. [LG]

LG adalah pabrikan pertama yang meluncurkan ponsel dengan dua kamera depan.

Layar kedua ini memiliki driver tampilan sendiri yang berarti berfungsi secara independen dari layar utama.
Layar ini selalu menyala dan selain menampilkan pemberitahuan, juga memiliki ikon pintasan untuk aplikasi tertentu dan beralih untuk fitur seperti Wi-Fi, kamera, Senter, dan mode dering.

Kamu juga dapat menyesuaikannya untuk menampilkan pesan pilihanmu.

Saat tampilan utama digunakan, layar yang lebih kecil menampilkan menu aplikasi terbaru dan pintasan ke fitur seperti mengambil tangkapan layar.

6. LG Wing

LG Wing adalah upaya terbaru pabrikan pada perangkat layar ganda dan pendekatannya berbeda dari yang lain.

Kali ini LG menyembunyikan layar kedua di belakang layar utama dan untuk mengaksesnya, yang harus kamu lakukan adalah menggeser layar luar 6,8 inci yang terhubung ke mekanisme putar ke kiri.

Dengan tampilan utama, yang sekarang berada dalam posisi lanskap, kamu dapat mengakses layar sekunder 3,9 inci yang lebih kecil.

Saat dibuka, LG Wing tampak seperti huruf besar "T". kamu dapat memegang telepon dalam mode ini atau membalikkannya, sehingga layar yang lebih besar ada di bagian bawah.

Kamu dapat menonton video YouTube di layar utama sambil menelusuri komentar di layar kedua.

LG Wing. (LG)
LG Wing. (LG)

Selain itu, jika kamu meluncurkan aplikasi kamera, layar kedua akan menampilkan kontrol kamera dan dapat memutuskan untuk menggulir galeri pada layar yang lebih kecil dan tampilan yang lebih besar akan menampilkan pilihan saat ini.

Sejumlah aplikasi multimedia juga memanfaatkan layar kedua dengan menampilkan kontrol di sana saat konten diputar di layar yang lebih besar.

Itulah tadi deretan inovasi LG selama berkiprah di pasar smartphone, selamat tinggal LG. (Suara.com/Dyhtia Novianty)

Berita Terkait