Gadget

Lebarkan Lini Produk, Xiaomi Akan Produksi Mobil Listrik

Xiaomi bukan satu-satunya yang akan membuat mobil listrik.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)

Hitekno.com - Xiaomi tidak hanya memproduksi smartphone dan gadgets saja, namun makin melebarkan produknya. Paling baru dikabarkan akan memproduksi mobil listrik.

Dilaporkan kalau perusahaan asal China ini akan menggunakan fasilitas pabrik milik Great Wall Motor Co dalam memproduksi mobil listrik tersebut

Seperti wartakan Suara.com, Jumat (26/3/2021), berdasarkan keterangan tiga orang sumber yang tidak disebutkan identitasnya, mengaku telah mengetahui rencana tersebut.

Menurut dua orang sumber, Xiaomi sedang bernegosiasi untuk menggunakan salah satu pabrik Great Wall Motor di China untuk memproduksi mobil listrik di bawah merek produsen smartphone tersebut.

Mobil listrik Xiaomi itu akan diboyong ke pasar dunia, sesuai dengan posisi produk elektroniknya yang dulu dikenal oleh pasar.

Xiaomi berencana memproduksi mobil listrik. Foto: Logo Xiaomi. [Shutterstock]
Xiaomi berencana memproduksi mobil listrik. Foto: Logo Xiaomi. [Shutterstock]

Adapun Great Wall Motor, yang belum pernah menyediakan jasa perakitan kepada perusahaan lain, akan menyediakan jasa konsultasi di bidang engineering.

Sayang baik Xiaomi maupun Great Wall Motor belum buka suara terkait rumor ini.

Xiaomi tidak sendiri dalam rencananya melompat dari sektor teknologi ke otomotif. Sebelumnya Baidu, raksasa internet China, juga mengumumkan akan membuat mobil cerdas dengan menggandeng produsen mobil Tiongkok, Geely.

Selain Xiaomi, Huawei juga disebut-sebut punya ambisi memproduksi mobil listrik. Sementara Apple juga disebut memiliki target yang sama.

Kabarnya merek asal Amerika Serikat tersebut pernah mendekati produsen mobil Korea Selatan, Hyundai dan KIA, untuk bermitra dalam proyek mobil listrik.

Kita nantikan saja mobil listrik dari Xiaomi dan Huawei ketika diluncurkan ke pasar nantinya. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait