Gadget

Qualcomm Siapkan Pesaing Chip Apple M1, Bisa Lebih Kencang?

Qualcomm telah lama mengembangkan chip ARM untuk PC, ini kelanjutannya.

Agung Pratnyawan

Qualcomm Snapdragon 8cx. (The Verge)
Qualcomm Snapdragon 8cx. (The Verge)

Hitekno.com - Apple M1 disiapkan untuk menggangikan prosesor x86 yang selama ini digunakan untuk perangkat Mac maupun Macbook. Menariknya chip ini berbasiskan arsitektur ARM yang telah digunakan pada perangkat mobile seperti iPhone dan iPad.

Melihat hal ini, Qualcomm pun tidak tinggal diam untuk menyiapkan pesaing Apple M1. Yakni dengan seri terbaru Snapdragon yang sebelumnya sudah dikembangkan dan disiapkan untuk PC.

Bernama model Snapdragon SC8280, digadang sebagai penerus Snapdragon 8cx dan 8cx Gen 2. Dikutip dari XDA Developers, Selasa (19/1/2021), Qualcomm Snapdragon SC8280 akan hadir dengan dua konfigurasi.

Konfigurasi pertama datang dengan RAM LPDDR5 8GB, sementara konfigurasi kedua dipasangkan dengan LPDDR4X 32GB.

Dibandingkan dengan prosesor sebelumnya, Snapdragon 8cx, yang ditemukan di Surface Pro X dan beberapa Windows 10 kelas atas lainnya di PC ARM, dapat dikonfigurasi dengan RAM hingga 16GB.

Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)
Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)

 

Artinya, chip generasi baru Qualcomm ini mampu meningkatkan performa hingga dua kali lipat. Namun bisakah menyaingi chip Apple M1 nantinya?

Selain itu, pengujian yang dilakukan oleh Qualcomm yakni modem terintegrasi Snapdragon X55 untuk konektivitas 5G, bersama dengan dukungan untuk layar 14 inci.

Menurut laporan WinFuture, Qualcomm Snapdragon SC8280 akan memiliki ukuran 20 × 17 mm atau lebih besar dari ukuran 20 × 15 mm saat ini. Dengan ukuran tersebut, chipset memungkinkan bakal memiliki lebih dari 8 core.

Namun, spesifikasi lebih lanjut mengenai chipset tersebut masih belum diketahui, seperti mikroarsitektur core CPU, kecepatan clock maksimum, dan bagaimana mereka dikelompokkan.

Beberapa kemungkinannya, akankah Qualcomm menggunakan core ARM Cortex-X1 untuk cluster berkinerja tinggi, atau akan menggunakan Cortex-A78C baru dari ARM. Semua itu masih belum dipastikan.

Ukuran Qualcomm Snapdragon 8cx. (Qualcomm)
Ukuran Qualcomm Snapdragon 8cx. (Qualcomm)

 

"Jadi meskipun kami mendapatkan penerus Snapdragon 8cx, tidak ada jaminan Surface Pro X generasi berikutnya akan memberikan pengalaman yang sama yang ditawarkan oleh chipset M1 di MacBook terbaru Apple," jelas XDA Developers.

Kita nantikan saja, apakah generasi baru chip Snapdragon 8cx dari Qualcomm ini bisa menyaingi Apple M1. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait