Gadget

Google Klaim Berhasil Akuisisi Fitbit, tapi Masih dalam Investigasi

Google sendiri telah mengumumkan bahwa akuisisi telah selesai, tetapi departemen kehakiman Amerika Serikat tidak.

Dinar Surya Oktarini

Gelang pintar FitbitCharge 3. (fitbit.com)
Gelang pintar FitbitCharge 3. (fitbit.com)

Hitekno.com - Beberapa tahun lalu Google sudah mengumumkan rencana mereka untuk akuisisi Fitbit. Akuisisi ini tidak diragunkan lagi akan menunjang upaya Google.

Tetapi seperti halnya akuisisi, mereka harus melalui proses persetujuan untuk memastikan bahwa tidak ada pelanggaran antitrust.

Google sendiri telah mengumumkan bahwa akuisisi telah selesai, tetapi departemen kehakiman Amerika Serikat memiliki sesuatu yang berbeda.

Dilansir dari laman Ubergizmo, dalam pernyataan yang dibuat untuk Android Police, Wakil Asisten Jaksa Agung Alex Okuliar mengatakan ''Investigasi Divisi Antitrust atas "Investigasi Divisi Antitrust atas akuisisi Fitbit oleh Google masih terus berlangsung.''

Meskipun Divisi belum mencapai keputusan akhir tentang apakah akan melakukan tindakan penegakan hukum, Divisi terus menyelidiki apakah akuisisi Fitbit oleh Google dapat membahayakan persaingan dan konsumen di Amerika Serikat.

Gelang pintar FitbitCharge 3. (fitbit.com)
Gelang pintar FitbitCharge 3. (fitbit.com)

Divisi Antitrust tetap berkomitmen untuk melakukan peninjauan ini secara menyeluruh, efisien, dan secepat mungkin.

Google di sisi lain mengklaim bahwa mereka telah memenuhi permintaan DoJ sejauh ini dan harus menunggu hingga 14 bulan, namun masa tunggu tersebut telah habis.

Dapat dipahami apabila akuisisi Google dengan Fitbit bermasalah.

Pihak Google sendiri menambahkan akan terus berhhubungan dengan mereka dan berkomitmen untuk menjawab pertanyaan tambahan.

Google yakin kesepakatan ini akan meningkatkan persaingan di pasar perangkat smartwatch yang sangat padat dan Google sudah yakin yang direncanakan untuk diterapkan secara global.

Berita Terkait