Gadget

Diduga Gunakan Chipset Baru MediaTek, Xiaomi Redmi K40 Segera Meluncur

Gunakan chipset baru dari MediaTek dengan fabrikasi terkini dan dukungan 5G.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)

Hitekno.com - Xiaomi Redmi K40 diduga akan meluncur tak lama lagi, bahkan disebut-sebut akan hadir akhir Januari 2021 ini. Seperti apa kabar HP baru ini?

Menurut bocoran terbaru, Xiaomi Redmi K40 akan menggunakan chipset baru dari MediaTek yang akan menggunakan fabrikasi 5 nm.

Melansir Gizmochina, Senin (11/1/2021), sebuah unggahan dari forum Weibo asal China mengatakan Redmi K40 akan datang dengan chipset terbaru dari MediaTek.

Kabar ini menyebutkan kemungkinan perangkat tersebut akan segera hadir sebelum Imlek, tepatnya 12 Februari.

MediaTek sendiri telah menyatakan bahwa mereka bakal segera merilis chipset 5G flagship sebelum Imlek. Analis Industri memprediksi bahwa chipset akan hadir dengan teknologi 5nm.

Ilustrasi logo Redmi. [Suara.com/Chitra Ayu Rastiti]
Ilustrasi logo Redmi. [Suara.com/Chitra Ayu Rastiti]

 

Untuk saat ini, MediaTek memiliki chipset kelas atas dengan nama Dimensity 1000+. Dengan demikian, diprediksi prosesor selanjutnya akan diberi nama MediaTek Dimensity 2000.

Namun belum bisa dipastikan apakah Redmi K40 bakal menggunakan chipset seri Dimensity 2000. Sebab, chip MediaTek MT6893 dikabarkan akan muncul dalam waktu dekat.

Mengenai MT6893, chipset tersebut dilaporkan hadir dengan empat core CPU Cortex-A78. Core utama dikatakan mampu bekerja hingga 3.0GHz, sementara tiga core lainnya dibatasi pada 2.6GHz.

Ada juga empat core A55 yang terintegrasi dengan GPU Mali-G77 MC9 yang membuat chipset memiliki kemampuan untuk menghemat daya.

Kita nantikan saja, apakah nantinya benar HP baru Xiaomi Redmi K40 akan meluncur pada Januari 2021 ini menggunakan chipset baru, MediaTek Dimensity 2000. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait