Gadget

Tak Jadi 2024, Produksi Mobil Pintar Apple Harus Diundur?

Seorang analis ini mengungkapkan bahwa "waktu realistis" untuk produksi massal bukan pada 2024.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Apple. (pexels/Armand  Valendez)
Logo Apple. (pexels/Armand Valendez)

Hitekno.com - Beberapa waktu lalu, Apple dikabarkan siap memproduksi mobil pintar pada 2024 mendatang. Bocoran terbaru, timeline tersebut kemungkinan diundur karena beberapa hal.

Sebagai informasi, Apple telah mengerjakan sistem smart car atau mobil pintar selama beberapa tahun di bawah Project Titan.

Sebelumnya, telah muncul kabar mengenai teknologi baterai baru dan rencana produksi massal yang dilakukan oleh Apple.

Baru-baru ini, timeline yang disebutkan sebelumnya memiliki kemungkinan untuk diundur.

Ming-Chi Kuo, seorang analis sekaligus leaker populer yang sering membocorkan mengenai produk Apple mengklaim bahwa waktu realistis yang dimiliki oleh perusahaan bukan pada 2024.

Ilustrasi mobil pintar Apple. (Apple via 9to5Mac)
Ilustrasi mobil pintar Apple. (Apple via 9to5Mac)

 

Ia mengungkapkan bahwa 2025 akan menjadi waktu paling awal sementara "waktu realistis" jatuh pada 2028.

Laporan dari 9to5mac, Kuo mengutip masalah yang dimiliki oleh Apple Car. Beberapa hal yang disebutkan termasuk ketidakpastian tentang waktu peluncuran, ketidakpastian tentang pemasok dan spesifikasi kendaraan, serta ketidakpastian seputar daya saing Apple di pasar EV dan mobil otonom.

Dikutip dari Gizmochina, proyek mobil otonom Apple berjalan dengan cukup lancar sampai pada titik di mana perusahaan memutuskan hanya fokus pada bagian software-nya saja.

Namun, setelah kembalinya Doug Field ke Apple dari Tesla beberapa tahun lalu, dia mulai mengawasi proyek dan mengubah tim.

Logo Apple. (Pexels/Duophenom)
Logo Apple. (Pexels/Duophenom)

 

Dan kini, tampaknya perusahaan membuat perkembangan signifikan pada bagian software.

Kuo juga mencatat bahwa meskipun Apple memiliki beberapa "kekuatan", itu tidak selalu berhasil dalam menciptakan produk seperti yang diharapkan.

Analis dan leaker ini memberi contoh pada produk Apple HomePod, yang tengah berjuang untuk mendapatkan pasar di sektor smart speaker.

Kuo juga percaya bahwa spesifikasi mobil pintar Apple Car masih berkembang karena peluncuran paling awal adalah 2025, atau mungkin lebih lama lagi, dan spesifikasi akhir tidak akan ditetapkan hingga 2023-2025.

Berita Terkait