Gadget

Berapa Hari Kamu Harus Bekerja untuk Bisa Beli iPhone 12 Pro di Indonesia?

Di Indonesia, butuh kerja lebih lama dibandingkan Vietnam dan Filipina untuk bisa membeli iPhone 12 Pro.

Agung Pratnyawan

Apple iPhone 12 Pro Max. (Apple)
Apple iPhone 12 Pro Max. (Apple)

Hitekno.com - Pre-order iPhone 12 Pro dan series lainnya telah dibuka di Indonesia. Dengan harga yang tidaklah murah, ternyata iPhone baru ini langsung ludes dipesan.

Seri iPhone baru ini hadir dalam beberapa varian, dari iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Dan masih ada pilihan kapasitas memori masing-masing.

Salah satunya, iPhone 12 Pro versi 128 GB dihargai Rp 18.499.000 cukup tinggi. Dengan harga segitu, paket penjualannya tidak termasuk dengan charger dan earphone.

Dengan harga iPhone 12 Pro setinggi itu, berapa hari kamu harus bekerja untuk bisa membeli smartphone ini? Sebuah riset darii Picodi.com mencoba menghitungnya.

Hasil riset ini mendapati kalau di Indonesia, kamu harus bekerja lebih dari tiga bulan untuk bisa mendapatkan perangkat terbaru yang ludes dalam pre-order resminya.

iPhone 12 Pro. (Apple)
iPhone 12 Pro. (Apple)

 

Dalam riset Picodi.com, data BPS menyebutkan kalau upah rata-rata di Indonesia hanya Rp. 2,756,345. Itu berarti orang Indonesia berdasarkan statistik harus bekerja selama 140.9 hari untuk membeli iPhone 12 Pro.

Namun angka itu didapatkan belum memasukkan biaya hidup dan kebutuhan lain-lain. Murni dari rata-rata upah dikumpulkan untuk membeli iPhone baru tersebut.

Jika dibandingkan hasil reset tahun sebelumnya, Indonesia mengalami peningkatan 7,6 hari untuk bisa membeli perangkat terbaru dari Apple ini secara resmi.

Indonesia masih jauh tertinggal dibanding negara lain, seperti Turki yang hanya 103,8 hari. Sedangkan Filipina hanya 88,2 hari kerja untuk bisa membeli iPhone 12 Pro 128 GB.

Sedangkan di Malaysia, cukup 29,1 hari saja dan di Brasil hanya 83,3 hari. Kemudian Vietnam cukup kerja 65,1 hari, lalu India hanya 54,4 hari kerja.

Riset berapa hari harus kerja demi bisa membeli iPhone 12 Pro di Indonesia. (Picodi.com)
Riset berapa hari harus kerja demi bisa membeli iPhone 12 Pro di Indonesia. (Picodi.com)

 

Pendapatan tinggi di Australia, Amerika Serikat dan Swiss membuat mereka dapat membeli iPhone terbaru hanya dalam 6.6, 6.1 dan 4.4 hari secara berurutan.

Nilai terburuk dari semua negara dimana harga iPhone 12 telah diketahui adalah di Argentina: di negara ini, seorang yang ingin membeli iPhone terbaru harus menyimpan pendapatan mereka hingga 146.5 hari untuk membelinya.

Itulah hasil riset Picodi.com yang mendapati berapa hari kamu harus kerja di Indonesia untuk bisa membeli iPhone 12 Pro 128 GB. Namun ingat, data ini belum dengan biaya hidup yang harus kamu keluarkan.

Berita Terkait