Gadget

MediaTek Siap Rilis Chipset Flagship Tahun Depan, Penantang Snapdragon 888?

Petinggi perusahaan membocorkan bahwa chipset flagship ini siap dirilis pada kuartal pertama 2021.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Logo MediaTek. (MediaTek)
Logo MediaTek. (MediaTek)

Hitekno.com - Chipset Snapdragon 888 besutan Qualcomm sudah dikenalkan dan diharapkan untuk ditampilkan pada HP flagship di Januari 2021. Petinggi MediaTek baru saja mengumumkan bahwa mereka juga bersiap merilis chipset 5G flagship generasi baru pada tahun depan.

MediaTek merupakan pemasok semikonduktor terbesar di Taiwan yang digunakan untuk HP flagship.

CEO MediaTek, Rick Tsai mengungkapkan bahwa chipset generasi berikutnya diharapkan akan dirilis pada 2021 mendatang.

Selama acara IEEE Global Communications Conference di Taipei pada Selasa (08/12/2020), petinggi MediaTek memberikan pidatonya mengenai ekonomi digital pasca pandemi COVID-19.

Salah satu pidatonya ikut membahas chipset 5G anyar yang bakal menyasar kelas flagship. Rick Tsai tidak menyinggung soal kompetitornya (Qualcomm), namun mengingat waktu peluncuran tak berselang lama, chipset ini diprediksi sebagai penantang Snapdragon 888.

MediaTek Dimensity. (MediaTek)
MediaTek Dimensity. (MediaTek)

 

Dikutip dari Gizmochina, dua bulan yang lalu, MediaTek telah memberikan pengumuman bahwa HP flagship dengan chipset 5G Dimensity anyar akan memasuki proses produksi massal awal tahun depan.

Petinggi perusahaan sangat yakin bahwa permintaan chipset 5G akan bertumbuh pesat pada 2021 mendatang. Sejauh ini, perusahaan dilaporkan telah mengirimkan lebih dari 200 juta chipset pada 2020.

Mereka yakin bahwa pertumbuhan pasar HP 5G akan meningkat dua kali lipat sehingga MediaTek berambisi mengirimkan 500 juta unit chipset.

Momentum pertumbuhan HP 5G diproyeksikan berlanjut hingga 2023 dengan tingkat penetrasi 5G diperkirakan akan naik menjadi sekitar 60 persen dari 49 persen pada 2022 .

Logo MediaTek. (MediaTek)
Logo MediaTek. (MediaTek)

 

Di tahun ini, Rick Tsai memperkirakan bahwa tingkat penetrasi HP 5G mencapai 18 persen. Masih belum diketahui mengenai identitas chipset 5G flagship yang dibahas oleh CEO MediaTek.

Namun leaker pernah menemukan chipset misterius MediaTek pada November lalu dengan skor performa Geekbench cukup tinggi. Chipset dengan kode MT6893 diyakini mengusung sistem fabrikasi 6 nm dengan skor yang mengungguli Dimensity 1000+.

Jika nanti meluncur pada kuartal pertama 2020, persaingan chipset 5G antara Qualcomm dan MediaTek diyakini bakal semakin semarak.

Berita Terkait