Gadget

Snapdragon 888, Chipset Terbaru dan Terkencang dari Qualcomm

Apa yang ditawarkan chipset baru Qualcomm ini?

Agung Pratnyawan

Qualcomm Snapdragon 888 5G. (Qualcomm)
Qualcomm Snapdragon 888 5G. (Qualcomm)

Hitekno.com - Qualcomm Snapdragon 888 5G, nama resmi untuk chipset baru yang diungkap belum lama ini. Dengan sederet teknologi terkini, diklaim memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna smartphone premium.

Tentu saja, Qualcomm Snapdragon 888 5G ini bakal digunakan untuk HP flagship terkini oleh berbagai brand smartphone.

Presiden Qualcomm Incorporated, Cristiano Amon mengatakan, salah satu teknologi yang diandalkan dalam chipset Snapdragon 888 ini adalah fitur 5G, yang diyakini memberikan pengalaman premium pada pengguna ponsel di seluruh dunia.

"Menciptakan pengalaman premium membutuhkan fokus tanpa henti pada inovasi. Butuh komitmen jangka panjang, bahkan dalam menghadapi ketidakpastian yang sangat besar," jelas Amon dalam website resminya, Rabu (2/12/2020).

Direktur Manajemen Produk untuk Qualcomm, Lekha Motwala mengatakan, Snapdragon 888 yang berpadu dengan Modem X60 5G memungkinkan kompatibilitas global dengan mmWave dan sub-6, yang mendukung multi SIM, 5G stand alone, 5G non-stand alone, dan Dynamic Spectrum Sharing.

Qualcomm Snapdragon 888 5G. (Qualcomm)
Qualcomm Snapdragon 888 5G. (Qualcomm)

 

Selain 5G, Snapdragon 888 juga didukung AI Engine generasi keenam. Perusahaan mengaku, dengan teknologi AI tersebut, chipset mampu meningkatkan kinerja ponsel sekaligus memiliki efisiensi daya.

Chipset  baru Qualcomm Snapdragon 888 juga mendukung ponsel yang berbasis gaming. Beberapa teknologi baru yang dihadirkan adalah GPU yang bisa diperbarui dan kecepatan frame rate yang mencapai 144 fps.

Di bagian fotografi, Snapdragon 888 mampu menambah kecepatan gigapiksel hingga 2,7 gigapiksel per detik dalam pengambilan foto dan video. Kemudian chipset tersebut juga mampu mengambil 120 foto per detik dengan kamera resolusi 12MP.

Dalam pengenalan tersebut, beberapa merek smartphone dinyatakan sudah siap menggunakan chipset Snapdragon 888 pada tahun depan. Adapun ponsel yang disebutkan adalah Asus, Black Shark, Lenovo, LG, MEIZU, Motorola, Nubia, Realme, OnePlus, OPPO, Sharp, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Itulah Qualcomm Snapdragon 888 5G, chipset baru yang menjanjikan pengalaman terbaik untuk HP flagship. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait