Gadget

Kurangi Layanan, Google Hangouts Hentikan Dukungan Video Call

Google memilih untuk menghentikan dukungan video call untuk Google Hangouts.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Google Hangouts. (Google)
Google Hangouts. (Google)

Hitekno.com - Semenjak berdiri, berbagai layanan diberikan oleh Google untuk penggunanya. Sayangnya, beberapa layanan justru memiliki fungsi yang sama. Menanggulangi hal ini, Google lalu memutuskan untuk menghentikan layanan video call di Google Hangouts.

Kemunculan berbagai layanan Google dengan fungsi yang sama pada mulanya memang membuat pengguna bingung memilih yang mana. Beberapa layanan dengan fungsi yang sama salah satunya adalah Google Meet, Google Duo dan Google Hangouts.

Dilansir dari Ubergizmo, kesamaan fungsi ini membuat Google memutuskan untuk mengurangi layanannya. Keputusan terbaru, Google memilih untuk menghentikan dukungan video call untuk Google Hangouts.

Fitur video call pada umumnya tetap ada di Google Hangouts, namun pengguna yang ingin melakukan group video call, akan dialihkan untuk menggunakan Google Meet yang memuat pengguna lebih banyak.

Nantinya, saat pengguna Google Hangouts menggunakan aplikasi ini, akan muncul notifikasi mengenai group video call yang bisa dilakukan melalui Google Meet. Google meyakini bahwa Google Meet memberikan banyak fitur menarik saat digunakan video call.

Google Hangouts Meet. (Google)
Google Hangouts Meet. (Google)

 

Tidak mengejutkan jika Google memutuskan untuk menghentikan dukungan video call pada Google Hangouts. Pasalnya, kabar sebelumnya menyebut bahwa Google Hangouts akan dihilangkan nantinya.

Menurut rencana, Google baru akan menghilangkan layanan Google Hangouts pada kuartal pertama tahun 2021 mendatang. Hal ini jelas saja merupakan usaha Google untuk membatasi layanannya.

Jika kamu pengguna Google Hangouts, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk menggunakan Google Meet sebagai layanan video call yang bisa kamu andalkan di kemudian hari.

Berita Terkait