Gadget

Selain Laptop, LG Siapkan HP dengan Layar Gulung?

HP dan laptop dengan teknologi layar gulung diharapkan dapat menjadi perangkat portabel masa depan.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Logo LG. (twitter/lgmobileid)
Logo LG. (twitter/lgmobileid)

Hitekno.com - Pada November 2020, beredar desain paten LG mengenai perangkat yang membawa layar gulung. Bocoran anyar menampakkan bahwa perusahaan sedang mengembangkan HP dan laptop dengan teknologi layar gulung.

Sebuah bocoran yang beredar menampakkan sebuah laptop LG yang membawa layar gulung antara ukuran 13,3 inci dan 17 inci.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut belum mengonfirmasi, namun desain patennya telah tersebar secara online.

Oppo dan TCL juga memiliki paten yang hampir mirip, namun Oppo lebih memilih untuk membangun HP layar gulung pada OPPO X 2021.

Dikutip dari NDTV, laptop ini sepertinya menyembunyikan webcam saat digulung di mana tampilan 13,3 inci-nya membuat perangkat lebih portabel. Keyboard dan touchpad pun dapat diputar di dalam drum layar.

Paten desain layar gulung milik LG. (RootMyGalaxy)
Paten desain layar gulung milik LG. (RootMyGalaxy)

 

Jadi ketika laptop benar-benar digulung, tampilannya bakal seperti soundbar. Paten ini kemungkinan besar bakal melahirkan sebuah konsep produk atau prototipe saja.

Berdasarkan rumor, perusahaan juga telah memiliki perencanaan membuat perangkat layar gulung dengan nama kode "Project B". HP yang bisa disebut LG Rollable ini diyakini bakal dikenalkan pada 2021.

Blog teknologi Lets Go Digital telah membocorkan mengenai render LG Rollable Phone Project B dengan tampilan futuristis. Paten yang disebut "Roll-slide mobile terminal" diajukan oleh LG Electronics pada Agustus 2019 di USPTO (United States Patent and Trademark Office).

Desain HP layar gulung LG. (Lets Go Digital)
Desain HP layar gulung LG. (Lets Go Digital)

 

Pada tanggal 24 September 2020, dokumentasi diterbitkan dan juga dimasukkan dalam database WIPO (World Intellectual Property Office) untuk perlindungan seluruh dunia atas teknologi yang dikembangkan.

Hingga pada November 2020, sudah terdapat render mengenai HP dengan layar gulung milik LG. Perangkat LG yang dipatenkan memiliki layar OLED fleksibel yang sebagian dapat digulung dan dimasukkan pada bentuk lebih ringkas.

HP layar gulung LG. (Lets Go Digital)
HP layar gulung LG. (Lets Go Digital)

 

Berkat mekanisme gesernya, HP dapat ditarik keluar baik ke kiri maupun ke kanan. Dibocorkan oleh Lets Go Digital, bagian layar yang ditarik juga dapat berfungsi untuk menampilkan keyboard virtual.

Melihat berbagai kecanggihannya, HP baru dan laptop dengan teknologi layar gulung diharapkan dapat menjadi perangkat portabel masa depan.

Berita Terkait