Gadget

Tahan Lama di Rp 200 ribuan, Ini Review Mi True Wireless Earbuds Basic 2

Review Mi True Wireless Earbuds Basic 2 ini patut dibaca bagi kalian yang mengincar TWS dengan budget terbatas

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2. (HiTekno.com)
Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Pada hari ini (05/11/2020), Xiaomi resmi merilis secara komersial TWS anyar mereka. Review Mi True Wireless Earbuds Basic 2 patut Anda baca jika kalian sedang mencari alternatif TWS murah.

Cukup menarik, harga Mi True Wireless Earbuds Basic 2 cukup terjangkau karena hanya dibanderol Rp 249 ribu. Seperti namanya, perangkat ini merupakan penerus dari Mi True Wireless Earbuds Basic. Tak terlalu banyak perubahan, desain dan bahkan kardus pembungkusnya hampir sama.

Kami telah mendapatkan unit untuk review sekitar satu pekan sebelumnya, sehingga kami akan memberikan pengalaman menggunakan TWS murah ini selama beberapa hari.

Untuk penggunaan sehari-hari, Mi True Wireless Earbuds Basic 2 membawa baterai yang cukup tahan lama. Kalian bisa menggunakan perangkat ini untuk menonton film selama lebih dari 3 jam.

Desainnya tak terlihat mahal, namun tidak berkesan murahan juga. Tak seperti namanya yang super panjang "Xiaomi True Wireless Earbuds Basic 2", perangkat ini membawa desain minimalis namun masih enak dipandang. Secara desain, boleh dibilang Mi True Wireless Earbuds Basic 2 ada di tengah-tengah, dengan kesan sederhana.

1. Isi Kotak Penjualan

Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2. (HiTekno.com)
Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2. (HiTekno.com)

 

Kotak penjualan membawa warna biru muda dengan tampilan putih di bagian atas yang menampakkan TWS berwarna hitam. Dominasi warna biru muda ini cukup "unik" mengingat TWS justru didominasi dengan warna hitam. Kalian akan mendapatkan charging case beserta dua earbud di dalamnya, buku panduan mini, kertas garansi, dan eartips berukuran S serta L. Sebagai informasi, eartips yang sudah terpasang secara default adalah ukuran M.

2. Cara Penggunaan

Casing Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2. (HiTekno.com)
Casing Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2. (HiTekno.com)

 

Untuk penggunaan serta pengisian daya pertama kali, kalian bisa menghilangkan plastik pelindung pada bodi bagian luar dan protective film (berwarna merah) pada contact poin.

Protective film harus dihilangkan agar charging pins bisa terhubung sehingga kita bisa melakukan pengisian daya. Charging case menggunakan micro USB di mana kita harus menyediakan kabel serta adaptornya secara mandiri.

Pengisian daya secara penuh membutuhkan waktu hampir 2 jam. Lampu indikator berwarna merah akan menyala apabila perangkat sedang diisi daya. Sementara lampu indikator otomatis akan mati apabila daya sudah terisi secara penuh.

Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2. (Xiaomi)
Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2. (Xiaomi)

 

Ketika mengeluarkan earbud dari charging case, maka perangkat secara otomatis bakal menyala (ditandai dengan lampu indikator putih berkedip pada earbud).

Jika earbud pada posisi mati di luar casing, tekan dan tahan selama 1 atau 2 detik, maka perangkat akan menyala secara otomatis. Ketika indikator berkedip putih, kalian bisa menghubungkan lewat menu Bluetooth di smartphone dan cari "Mi True Wireless EBs Basic 2".

Terdapat tombol pada masing-masing earbud yang bisa untuk melakukan play atau pause. Mengetuk tombol dua kali akan mengaktifkan fitur Voice Assistant di mana kalian bisa meminta Google Assistant untuk menyalakan musik atau video dengan perintah suara.

Menekan tombol satu kali untuk menerima telepon sementara untuk reject, kalian bisa tekan dan tahan tombol selama satu hingga dua detik.

2. Tampilan Perangkat

Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2. (HiTekno.com)
Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2. (HiTekno.com)

 

Perangkat membawa varian warna hitam doff dengan bagian samping tombol yang cukup glossy.

Ukuran casing tak terlalu besar sehingga muat jika dimasukkan kantong. Casing-nya memiliki dimensi 62 x 40 x 27,2 mm dengan bodi terbuat dari plastik.

Tidak ada magnet pada posisi penutupnya perangkat tidak bisa tertutup secara otomatis.

Casing membawa baterai Lithium-ion dengan kapasitas baterai 300 mAh. Kami bisa melakukan 3 sampai 4 kali pengisian daya penuh pada earbud-nya.

Sementara earbud mempunyai dimensi 26,65 mm x 16,4 x 21,6 mm dengan berat 4,1 gram (per earbud).

Bobot earbud cukup ringan sehingga tak menimbulkan kelelahan bila digunakan untuk mendengarkan musik berjam-jam.


3. Pengalaman Penggunaan

Casing Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2. (HiTekno.com)
Casing Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2. (HiTekno.com)

 

Xiaomi mengklaim bahwa earbud bisa bertahan hingga 4 jam ketika digunakan tanpa charging case. Setelah dicoba, kami bisa menggunakannya selama 3 hingga 3,5 jam untuk menonton video atau memutar musik (volume 50 hingga 65 persen).

Pengisian daya di dalam charging case memerlukan sekitar 1,5 jam. Secara total, pemutaran musik bisa dilakukan selama hampir 12 jam menggunakan charging case.

Daya tahan ini sangat baik bagi earbud dengan banderol Rp 249 ribu. Waktu stanby-nya juga menyentuh 150 jam. Untuk mendengarkan musik pop dengan beat tinggi atau musik rap, Mi True Wireless Earbuds Basic 2 menampilkan performa yang cukup menarik di harga terjangkau.

Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2 dengan konektivitas Bluetooth 5. (Xiaomi)
Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2 dengan konektivitas Bluetooth 5. (Xiaomi)

 

Bass-nya cukup nendang (meski tak nendang banget) dengan treble yang menurut kami kurang maksimal. Di rentang harga 300 ribuan, kami memberikan nilai 80 untuk kualitas bass-nya.

Meski tak mengusung embel-embel Sport dalam namanya, perangkat ini juga masih cukup oke ketika digunakan untuk olahraga, meski dengan catatan khusus.

Kalian harus memastikan bahwa eartips yang dipakai sudah sesuai serta melekat dengan benar di lubang telinga. Untuk sekadar jogging biasa, Mi True Wireless Earbuds Basic 2 cukup nyaman untuk dipakai.

Ilustrasi Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2 saat digunakan. (Xiaomi)
Ilustrasi Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic 2 saat digunakan. (Xiaomi)

 

Meski begitu gerakan yang terlalu menghentak seperti skipping atau lari dengan hentakan cukup keras bisa membuat perangkat ini terasa hampir copot. Earbud lebih cocok jika digunakan untuk jogging biasa, sit-up, dan olahraga ringan.

Ketika digunakan bermain game, kami merasakan sedikit delay saat bermain game FPS. Kami merekomendasikan perangkat hanya untuk game Arcade atau Casual yang tergolong ringan.

Pasalnya ketika bermain game Battle Royale kami merasakan cukup delay (terutama ketika mendeteksi langkah kaki) di Call of Duty Mobile. Untuk kalian yang hanya bermain game FPS untuk have fun saja tak masalah dan delay-nya bisa ditolerir. Namun bagi yang "berjiwa kompetitif", rasa-rasanya delay bisa cukup mengganggu saat push rank.

Kesimpulan

Mi True Wireless earbuds Basic 2. (Xiaomi)
Mi True Wireless earbuds Basic 2. (Xiaomi)

 

Mi True Wireless Earbuds Basic 2 sangat cocok dengan bagi kalian yang mengincar TWS berkualitas namun memiliki budget terbatas. Perangkat ini juga memiliki baterai tahan lama yang membuat kita betah mendengarkan musik atau film berjam-jam. Dengan kualitas bass dan daya tahan baterai lama di harga Rp 250 ribu, rasa-rasanya Mi True Wireless Earbuds Basic 2 sangat worth it untuk dibeli.

Para kaum rebahan yang suka bersantai di atas kasur juga bisa memilih perangkat ini mengingat Mi True Wireless Earbuds Basic 2 cukup nyaman digunakan untuk membaca buku sembari mendengarkan musik serta menonton film.

Meski game FPS mengalami delay, namun perangkat ini masih cocok digunakan untuk menonton streaming music, telepon dengan gebetan, hingga jogging santai. Di rentang harga Rp 200 ribuan, persoalan delay (terkait game FPS) ini masih sangat bisa ditolerir mengingat perangkat lain juga mengalami kendala serupa.

Kelebihan:

-Harganya terjangkau
-Bass cukup oke di kelas Rp 200 ribuan
-Desain compact dan minimalis
-Baterai tahan lama

Kekurangan:
-Tak tersedia kabel micro-USB
-Delay yang cukup mengganggu pada beberapa game FPS
-Fungsi tombol terbatas (hanya play dan pause, tidak bisa memilih lagu selanjutnya)

Di harga Rp 200 ribuan, kita memberikan nilai 90 untuk perangkat ramah di kantong ini. Itulah tadi review Mi True Wireless Earbuds Basic 2 dari tim HiTekno.com, tertarik membelinya?

Berita Terkait