Gadget

Salib Apple, Xiaomi Jadi Brand HP Terbesar Ketiga di Dunia

Xiaomi berhasil melampaui Apple dengan pangsa pasar 13,1 persen.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)

Hitekno.com - Xiaomi semakin membuktikan diri sebagai brand HP populer di dunia usai mampu melampaui Apple dan menjadi brand HP terbesar ketiga di dunia. Raihan menakjubkan dari Xiaomi ini berdasarkan data dari IDC, Counterpoint dan Canalys.

Tiga lembagar riset dan analisis data ini memberikan pengakuan pada Xiaomi yang selama beberapa waktu ini sukses menghadirkan berbagai produk yang ciamik dan tentu dibanderol dengan harga yang cenderung murah.

Pada laporan data Counterpoint, performa perangkat Xiaomi diklaim paling baik di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina dan Vietnam. Tidak hanya itu, pasar baru untuk perangkat ini masuk hingga Amerika, Afrika dan Eropa.

Di kuartal awal, Xiaomi bahkan berhasil menjual 46,2 juta unit perangkat dari keluarganya. Dengan pencapaian ini, Xiaomi berhasil melampaui Apple dengan pangsa pasar 13,1 persen.

Pertumbuhan penjualan perangkat ini bahkan meningkat 42 persen jika dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun 2019 lalu. Hal ini tidak terlepas dari pulihnya pasar India usai diserang wabah virus corona.

Xiaomi jadi brand HP terbesar ketiga di Indonesia. (Xiaomi)
Xiaomi jadi brand HP terbesar ketiga di Indonesia. (Xiaomi)

 

Berdasarkan laporan Canalys, saat banyak vendor HP yang mengalami penurunan, Xiaomi justru terus produktif dengan merilis berbagai perangkat dalam jumlah yang besar. Alhasil, pasar Xiaomi di Eropa tumbuh menjadi 88 persen.

Disampaikan oleh Country Director Xiaomi Indonesia, pencapaian besar dari Xiaomi ini tidak terlepas dari peran Mi Fans di Indonesia yang terus memberikan dukungan tanpa henti.

Lebih lanjut, berdasarkan laporan keungannya, Xiaomi telah mengantongi pendapatan sebesar 103,24 miliar renminbi dan laba bersih 5,67 miliar renminbi.

Prestasi menakjubkan dari Xiaomi hingga berhasil mengalahkan Apple sebagai brand HP terbesar ketigadi dunia ini jelas saja patut disambut baik, meningat di masa ini, Xiaomi begitu aktif merilis berbagai perangkat andalannya.

Berita Terkait