Gadget

Capai 3 Besar, Ini Deretan Target Ambisius Realme di Pasar Indonesia

Realme berambisi menjadi Entry-Level King dengan meluncurkan banyak HP baru di keluarga Realme C-series.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Realme 7i. (Realme)
Realme 7i. (Realme)

Hitekno.com - Sebagai brand baru, Realme terhitung sangat masif dalam mengeluarkan banyak HP baru. Petinggi Realme mengungkapkan target ambisius perusahaan di pasar smartphone Indonesia.

Melalui acara "Biz Talk with Realme" yang dilakukan secara virtual bersama media hari ini (09/10/2020), Realme Indonesia menghadirkan berbagai pencapaian dan juga beberapa target perusahaan ke depan.

Palson Yi selaku Marketing Director Realme Indonesia mengklaim bahwa pertumbuhan pada dua kuartal terakhir cukup positif.

Bahkan Palson Yi juga menjelaskan bahwa target Realme di Indonesia ke depannya adalah mencapai posisi tiga besar produsen HP dengan penjualan terbanyak. Ia membeberkan sebuah data internal Realme yang dipadukan dengan riset dari IDC dan Canalyst.

Dibandingkan tahun lalu, terdapat peningkatan positif pada tiga kuartal terakhir. Jika kuartal pertama di tahun 2019 mereka hanya mampu memperoleh 1,4 persen pasar, maka kuartal pertama Realme justru mampu memperoleh 14,5 persen pangsa pasar.

Perolehan pangsa pasar yang dicapai Realme Indonesia. (Realme)
Perolehan pangsa pasar yang dicapai Realme Indonesia. (Realme)

 

Kuartal kedua dan ketiga 2019 yang hanya sebesar 6,1 persen dan 12,6 persen meningkat menjadi 15,4 persen serta 16 persen di tahun 2020 pada kuartal yang sama.

Pada kuartal keempat 2020, Palson Yi sangat yakin bahwa Realme bisa mencapai lebih dari 16 persen pangsa pasar di Indonesia.

Deretan HP baru yang meluncur pada kuartal kedua dan ketiga seperti Realme 7, Realme 7i, Realme 7 Pro, dan Realme C17 diharapkan membantu menggapai target dari perusahaan.

Palson Yi, Marketing Director Realme Indonesia. (Realme Zoom Conference)
Palson Yi, Marketing Director Realme Indonesia. (Realme Zoom Conference)

 

Palson Yi juga mengungkapkan bahwa pasar Indonesia sangat penting bagi Realme karena regional ini merupakan penyumbang pasar terbesar dari Realme di Asia Tenggara.

"Terdapat 5 daerah yang menjadi penyumbang terbesar pasar Realme di Indonesia. Lima daerah itu adalah Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung dan Makasar. Indonesia merupakan pasar penting karena menyumbang porsi terbanyak di Asia Tenggara. Posisi tiga besar negara penyumbang pasar Realme secara global ditempati Indonesia," kata Palson Yi.

Indonesia merupakan penyumbang pasar Realme tertinggi di Asia Tenggara. (Realme Zoom Conference)
Indonesia merupakan penyumbang pasar Realme tertinggi di Asia Tenggara. (Realme Zoom Conference)

 

Beberapa target yang ingin dicapai oleh Realme adalah posisi tiga besar brand smartphone di Indonesia, Entry-Level King, dan Best IoT Brand di Indonesia.

Sebagai informasi, data IDC mengungkapkan bahwa Realme menempati posisi kelima di pasar smartphone Indonesia pada kuartal pertama dan kedua 2020. Tentunya target dari Realme cukup ambisius mengingat mereka tergolong merupakan brand yang masih baru.

Perusahaan menjanjikan banyak produk IoT yang bakal meluncur di kuartal keempat 2020. Terkait dengan Entry-Level King, Realme sudah melakukan strategi khusus, terutama mengenai masifnya perusahaan saat meluncurkan HP baru di keluarga Realme C-series.

Berita Terkait