Rumor, Huawei Bakal Lepas Honor?

Memanasnya hubungna AS-China terus berdampak pada Huawei.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 09 Oktober 2020 | 18:00 WIB
Logo Huawei. (Huawei)

Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Ming-Chi Kuo, analis TF Internasional selama ini terkenal akan bocoran soal produk baru Apple. Namun kini ia juga menyampaikan rumor terkait Huawei dengan sub-merek Honor.

Hubungan AS-China yang terus memanas, terus menciptakan gempuran keras pada Huawei hingga dirumorkan akan menjual Honor.

Jika hubungan antara Huawei dan Honor terputus, tidak akan lagi terikat oleh pembatasan yang diberlakukan AS padanya.

Baca Juga: Dapat Sertifikat WiFi, Kapan Huawei Mate X2 Dirilis?

Pembatasan ini termasuk ketidakmampuan perusahaan mengakses rantai pasokan AS dan menerima chip mutakhir yang menggunakan teknologi AS untuk memproduksi chip.

Kuo mengatakan bahwa hal itu kemungkinan besar akan terjadi. Dan jika ya, dia yakin bahwa ini akan menjadi situasi win-win untuk merek Honor, pemasok perusahaan, dan industri elektronik China secara keseluruhan.

Setelah bebas dari jangkar bernama Huawei, Honor dapat mengembangkan dan memproduksi smartphone kelas atas, merupakan segmen pasar, yang saat ini tidak terlibat.

Baca Juga: Dukungan Huawei untuk Pengembangan SDM Indonesia Dapat Sambutan Positif

"Jika Honor tidak bergantung pada Huawei, sumbernya tidak lagi tunduk pada larangan AS terhadap Huawei, yang akan membantu bisnis smartphone Honor dan pemasoknya," kata Kuo kepada South China Morning Post (SCMP) dikutip Phone Arena, Jumat (9/10/2020).

Ilustrasi logo Honor. [Shutterstock]
Ilustrasi logo Honor. [Shutterstock]

Analis tersebut juga menyatakan bahwa Honor yang independen, akan menjadi persaingan ketat bagi pabrikan Xiaomi. Pasalnya, kedua perusahaan menjual handset dengan kisaran harga yang sama.

Huawei memulai lini Honor pada 2013 untuk membantunya menjual ponsel dengan harga 150 dolar AS atau sekitar Rp 2,2 juta hingga 220 dolar AS (Rp 3,3 juta) dan menyasar generasi muda.

Baca Juga: Bocoran Anyar, Penantang Android dari Huawei Rilis Desember Mendatang?

Merek tersebut telah membantu Huawei melampaui Apple dan Samsung (awal tahun ini), untuk menjadi produsen ponsel pintar terbesar di dunia meskipun ada upaya dari AS untuk mempersulit perusahaan.

Honor menggunakan penjualan online untuk mendistribusikan handsetnya dan telah menghasilkan lebih dari 10 miliar dolar AS penjualan selama lima tahun terakhir.

IDC dan Strategy Analytics mengatakan bahwa Honor masing-masing menyumbang 28 persen dan 38 persen dari pengiriman paruh pertama Huawei tahun ini.

Baca Juga: Huawei TechDay Gelar Pelatihan TIK bagi 33 Perguruan Tinggi di Indonesia

Analis Fitch Solutions Kenny Liew mengatakan bahwa Honor adalah merek yang sangat mapan di segmen kelas bawah hingga menengah, dan telah menjadi kunci bagi Huawei untuk membuat terobosan ke banyak pasar berkembang di seluruh dunia.

"Pada saat yang sama, Honor sangat bergantung pada saluran distribusi Huawei, keahlian dalam desain chip, dan kemampuan manufaktur untuk memproduksi dan menjual produknya," katanya.

Logo Huawei. [Shutterstock]
Logo Huawei. [Shutterstock]

Liew tidak berharap Huawei menjual Honor. Jika pemerintahan Trump saat ini selesai, pemerintahan baru akan mengambil alih pada Januari mendatang dan dapat membalikkan pembatasan.

Namun, hingga perubahan tersebut dilakukan, Huawei masih harus mematuhi aturan saat ini yang mengancam kelangsungan hidupnya setelah tahun berjalan.

Di AS, Huawei dianggap sebagai ancaman keamanan nasional karena dianggap memiliki hubungan dengan pemerintah Komunis China.

Huawei diperkirakan tidak akan mendapat banyak keuntungan dari divestasi Honor karena yang terakhir akan mengalami sebagian besar keuntungan.

Ada kekhawatiran bahwa perang perdagangan AS-China dapat memengaruhi Honor bahkan jika perusahaan tersebut menjadi independen.

"Meskipun Honor menjadi bisnis yang terpisah, itu tidak menjamin bahwa ia tidak akan terjebak dalam perang dagang nanti," kata Bryan Ma, wakil presiden penelitian perangkat klien di IDC.

Dan tidak semua analis berpikir bahwa Honor adalah merek yang sedang naik daun. Linda Sui, direktur riset ponsel cerdas di Strategy Analytics, mengatakan bahwa tidak ada perusahaan China lain yang akan membelinya.

"Ini kentang panas. Ini akan menimbulkan masalah besar bagi siapa pun yang mengambil alih," tukasnya.

Akankah nantinya Huawei akan melepaskan Honor karena terpaan AS pada China? (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait
TERKINI

Samsung Galaxy A15 dibekali fitur Smart Switch, memudahkan pindah data....

gadget | 11:06 WIB

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB
Tampilkan lebih banyak