Gadget

Resmi Meluncur, Ini 3 Andalan Google Pixel 5

Apa saja yang ditawarkan Google Pixel 5 ini?

Agung Pratnyawan

Google Pixel 5. (XDA Developer)
Google Pixel 5. (XDA Developer)

Hitekno.com - Google Pixel 5 akhirnya meluncur, dengan mambawa sistem operasi Android 11. Seperti apa HP baru ini, apa saja yang ditawarkannya?

HP baru dari Google ini meluncur dalam satu versi saja, tidak tersedia varian XL seperti seri-seri Pixel sebelumnya.

Perubahan terbesar dan paling kontroversial adalah peralihan ke chipset Snapdragon 765G. Berbeda dengan seri Pixel sebelumnya yang selalu memakai chipset seri teratas.

Kamu tidak akan lagi mendapatkan chipset top-of-the-line dengan model Google Pixel 5 ini, meskipun model sebelumnya sering kali datang dengan chipset under-clocked.

Performa tidak pernah menjadi tujuan Google, terutama karena perusahaan asal Amerika Serikat memiliki chip khusus yang melakukan semua keajaiban kamera.

Kamera membawa perubahan kedua yang mungkin menaikkan alis. Model sebelumnya memiliki kamera telefoto, yang satu ini mengabaikan zoom karena mendukung kamera sudut ultrawide 16MP dengan aperture f / 2.2 dan ukuran piksel 1.0um.

Zooming akan dilakukan dengan kamera utama 12,2 MP dengan ukuran piksel 1,4um, serta algoritma AI Google. Sensor ini tidak memiliki piksel yang sangat besar untuk pengambilan gambar malam hari atau resolusi tinggi untuk zoom digital lossless, Google mempertaruhkan semuanya pada fotografi komputasi.

Google Pixel 5. [GSM Arena]
Google Pixel 5. [GSM Arena]

 

Kamu memang mendapatkan OIS dan lensa f / 1.7 yang relatif cerah. Selain itu, meskipun ini bukan Snapdragon 8-seri, ini adalah Pixel pertama yang mendukung perekaman 4K pada 60 fps (tidak ada 8K, tentu saja, sensor tidak memiliki resolusi).

Layar pada Pixel 5 memiliki diagonal 6,0 inci di mana rata-rata layar Pixel 4 adalah 5,7 inci dan 6,3 inci 4 XL. Resolusi sama 1080p +, tapi ini adalah layar 90Hz.

Chipset S765G mengemas modem X52 yang memungkinkan konektivitas 5G. Sub-6 didukung pada semua versi Pixel 5, sementara di beberapa negara itu juga akan bekerja pada jaringan mmWave. Anda hanya mendapatkan Wi-Fi 5 (alias 802.11ac), bukan Wi-Fi 6.

Itu digunakan untuk mengisi baterai 4.080 mAh pada 18W. Sebagai perbandingan, Pixel 4 XL memiliki baterai 3.700 mAh, yang terbukti rata-rata dalam hal daya tahan. Kapasitas ekstra bersama dengan chip S765G akan membantu HP baru ini bertahan lebih lama.

Bodinya bersertifikat IP68 untuk tahan debu dan air. Terbuat dari aluminium daur ulang dan bertekstur untuk pegangan yang lebih baik (dan untuk menyembunyikan sidik jari).

Google Pixel 5. [GSM Arena]
Google Pixel 5. [GSM Arena]

 

Ada warna baru tahun ini, Sorta Sage, yang sesuai dengan standar Just Black. Pembaca sidik jari dipasang di belakang (generasi Pixel 4 mengandalkan pengenalan wajah, bukan sidik jari).

Pre-order untuk Google Pixel 5 mulai hari ini sebelum tersedia di delapan negara pada 15 Oktober, dan AS pada 29 Oktober mendatang. HP baru ini diberi label seharga 700 dolar AS atau sekitar Rp 10,39 juta.

Itulah fitur unggulan Google Pixel 5, HP baru yang hadir dengan beragam keajaiban kamera. Sayangnya tidak diketahui apakah akan resmi masuk ke Indonesia atau tidak. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait