Gadget

Kepoin Gebetan tapi Gengsi, Ini Cara Lihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan

Ada beberapa cara lihat status WhatsApp tanpa ketahuan, yuk simak.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/Eastlandtunes)
Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/Eastlandtunes)

Hitekno.com - Mungkin beberapa dari kamu ingin tidak terlihat ketika melihat status WhatsApp seseorang karena berbagai alasan.

Namun ada cara agar kamu bisa melihat status orang lain tanpa harus ketahuan. Meski terlihat sepele, situasi pelik ini sering terjadi saat gebetan, mantan kekasih, saingan, atau bahkan rekan kerja mengunggah status di aplikasi WhatsApp mereka.

Sebenarnya ada banyak cara lihat status WhatsApp tanpa ketahuan. Beberapa fitur di aplikasi pesan itu memungkinkan untuk diakali agar kita bisa melihat status orang lain dengan aman, tanpa harus malu.

Berikut adalah tiga cara melihat status WhatsApp tanpa ketahuan di HP Android:

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)
Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)

 

Read receipts
Read receipts adalah pengaturan di WhastApp yang memungkinkan kalian melihat dua centang biru setelah pesan yang terkirim dibaca oleh pemilik nomor tujuan.

Jika fitur read receipts ini dimatikan, kita tidak akan melihat tanda dua centang biru pada pesan terkirim. Selain itu, orang lain juga tidak akan mengetahui apakah pesan mereka ke nomor kita sudah dibaca atau belum.

Nah fitur ini juga membuat orang tak bisa mengetahui jika status WhatsApp mereka sudah kita lihat atau tidak. Tetapi di saat yang sama kita juga tidak akan tahu siapa saja yang sudah melihat status kita.

Cara mematikan read receipts mudah saja. Pertama, buka aplikasi WhatsApp. Masuk ke Setting > masuk ke Account > terus ke Privacy > kemudian hapus centang pada pilihan Read Receipts.

Penting dicamkan bahwa jika kamu langsung menyalakan kembali opsi Read Receipts setelah mengecek status orang, maka kamu akan tetap ketahuan. Alasannya karena Facebook akan tetap mencatat aktivitas kamu di status orang tersebut selama status tersebut belum hilang - ingat usia sebuah status hanya 24 jam.

Jadi pastikan kamu menyalakan kembali opsi Read Receipts setelah status yang kamu kepoin sudah kedaluwarsa dan lenyap.

File manager
WhatsApp kadang-kadang sudah mengunduh foto-foto yang yang dipasang di status, bahkan jika kamu belum membuka status orang. Foto-foto ini bisa kamu lihat tanpa perlu membuka status di direktori .Statuses, lewat aplikasi file manager.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka WhatsApp dan masuk ke bagian Status. Tak perlu buka status apa pun, karena biasanya WhatsApp akan secara otomatis mengunduh foto-foto dari status dalam aplikasi.

  • Kedua install aplikasi file manajer, seperti ES File Explorer.

  • Ketiga, nyalakan pilihan Show Hidden Files di ES Explorer. Opsi ini bisa ditemukan pada bagian menu.

  • Terakhir masuk pilihan Internal Storage > WhatsApp > Media > .Statuses. Salin foto-foto di dalam file itu dan pindahkan ke lokasi lain.

    Nah, kini kalian bisa melihat foto-foto dari status orang di WhatsApp menggunakan aplikasi File Manager. Karena foto-foto itu dilihat di luar WhatsApp, maka pemiliknya tidak akan mengetahui bahwa kamu sedang melihat status unggahannya.

WhatsApp Web
Sebelum membahas cara terakhir ini, penting dicatat bahwa sia-sia melihat status orang lain dalam kondisi offline. Alasannya karena WhatsApp mendeteksi aktivitas pengguna secara lokal per akun. Ketika kamu kembali online, maka pemilik status akan diberitahu bahwa kamu baru saja mengintip unggahannya.

Tetapi tenang saja, ada cara untuk mengakalinya: via WhatsApp Web bermode Incognito/Private atau samaran dalam kondisi offline. Ingat, sebelum kembali offline, tutup dulu window browser yang digunakan.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka WhatsApp Web di browser dalam mode Incognito atau Private.

  • Kedua, masuk ke bagian Status.

  • Ketiga, putuskan atau matikan koneksi internet di komputer atau laptop kamu.

  • Buka status yang ingin kamu lihat.

  • Kelima, tutup browser yang kamu gunakan. Karena dibuka dalam mode Incognito, maka semua riwayat aktivitas kamu akan otomatis terhapus.

  • Nyalakan kembali internet di komputer/laptop kamu.

Ada satu kekurangan dalam cara terakhir ini, karena yang biasanya bisa dilihat cuma status berbentuk tulisan.

Status dalam format foto atau video tak bisa dilihat karena WhatsApp belum mengunduh status tersebut. (Suara.com/Liberty Jemadu)

Berita Terkait