Gadget

Ditenagai AI, Samsung Kenalkan Mesin Cuci Canggih

Mesin cuci Samsung ini dibekali teknologi AI yang cerdas, dari mengenali tingkat kekotoran hingga kebiasaan pengguna.

Agung Pratnyawan

Mesin cuci Samsung dengan teknologi AI, WW9800T+DV8000T. (Samsung Indonesia)
Mesin cuci Samsung dengan teknologi AI, WW9800T+DV8000T. (Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Samsung Electronics baru saja mengumumkan jajaran produk baru yang akan dihadirkan secara global. Yakni jajaran smart laundry atau mesin cuci pintar yang ditenagai keceradasan buatan atau teknologi AI.

Perusahaan asal Korea Selatan ini juga mengenalkan bottom-mount freezer (BMF) yang menawarkan kapasitas besar, fleksibel, namun tetap hemat daya.

Memimpin jajaran laundry baru adalah mesin cuci Samsung WW9800T yang dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan (AI) yang mengkustomisasi proses mencuci untuk mencapai pencucian bertenaga penuh dengan waktu, energi, dan upaya yang lebih sedikit, disertai teknologi EcoBubble dan QuickDriveSamsung.

Rangkaian baru ini akan diluncurkan pertama kali di pasar Eropa dan akan ditambah secara global dalam tahun ini.

Kulkas RB7300 baru menghadirkan kinerja pendinginan inti sekaligus menawarkan kapasitas besar dan fleksibel untuk memenuhi semua jenis kebutuhan penyimpanan makanan. RB7300 akan diluncurkan pertama kali di Eropa pada Agustus tahun ini, diikuti oleh wilayah CIS, Cina, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Korea.

Yang juga tampil pertama kali di Eropa adalah solusi fleksibel Samsung untuk dapur yang dapat dikustomisasi, lini kulkas Bespoke. Peluncuran pertama di wilayah Nordik Oktober ini, ketersediaan Bespoke akan diperluas ke seluruh pasar Eropa sepanjang tahun depan.

"Kami terus mengembangkan elektronik rumah tangga yang dapat meningkatkan nilai gaya hidup sekaligus memaksimalkan kinerja, dengan tetap memperhatikan keinginan dan kebutuhan konsumen," ujar Hyesoon Yang, Vice President Samsung Electronics.

"Rangkaian produk baru kami menawarkan solusi yang membantu konsumen menjalankan gaya hidup ramah lingkungan dan kami akan terus berupaya menciptakan produk yang memperkaya kehidupan sehari-hari."

Hemat Energi, Waktu, dan Upaya dengan Proses Laundry yang Dikustomisasi

Mesin cuci Samsung dengan teknologi AI, WW9800T+DV8000T. (Samsung Indonesia)
Mesin cuci Samsung dengan teknologi AI, WW9800T+DV8000T. (Samsung Indonesia)

 

Mesin cuci Samsung WW9800T baru menyatukan teknologi paling kuat dari Samsung yang mengurangi waktu pencucian dan konsumsi energi sekaligus memberikan pengalaman laundry yang dipersonalisasi kepada pengguna.

Teknologi QuickDrive Samsung yang revolusioner memungkinkan WW9800T memangkas waktu pencucian hingga 50%, dan penggunaan energi hingga 20%. Drum dan pelat belakang yang bergerak secara independen di WW9800T memungkinkan gerakan yang lebih dinamis, membersihkan pakaian secara lebih menyeluruh dalam waktu yang lebih singkat.

Digital Inverter Compressor Samsung menambah efisiensi energi dengan memanfaatkan magnet yang kuat untuk kinerja yang lebih senyap dan lebih kuat, sekaligus menggunakan lebih sedikit energi dibandingkan dengan motor universal.

Mesin cuci baru ini juga hadir dengan teknologi EcoBubble Samsung yang memaksimalkan efek deterjen dengan mengubahnya menjadi gelembung halus - memungkinkan penetrasi yang lebih cepat ke dalam kain, bahkan di air dingin. Pencucian yang lebih dingin menghemat energi pemanasan, sekaligus melindungi kain dan warna pakaian.

Kinerja andal Samsung disertai AI yang mempelajari pola perilaku pengguna untuk merekomendasikan siklus dan menawarkan pengalaman laundry yang benar-benar dipersonalisasi.

Dengan AI Control, mesin cuci baru ini membiasakan diri dengan preferensi pengguna dan menggabungkan pengetahuan tersebut dengan big data untuk memberikan saran otomatis siklus pencucian pada layarnya - pertama di industri.

Dipasangkan dengan antarmuka pengguna yang sederhana, AI Control menghilangkan keharusan untuk menggulir antar siklus untuk menemukan yang cocok, ataupun keharusan untuk memasukkan setting individual setiap kali mencuci. Fitur AI Wash menggunakan sensor untuk mendeteksi berat cucian dan tingkat kekotoran, untuk menentukan jumlah air dan deterjen yang optimal.

Kemudahan bagi pengguna diperluas ke proses pengeringan dengan Auto Cycle Link, yang memasangkan langsung mesin cuci dan pengering yang kompatibel untuk secara otomatis mengatur siklus pengering terbaik untuk setiap proses pencucian.

Semua elektronik rumah tangga di jajaran laundry baru Samsung kompatibel dengan SmartThings, menawarkan kontrol untuk pengaturan laundry dari smartphone pengguna dan fitur seperti Laundry Planner dan Laundry Recipe untuk mengkustomisasi siklus laundry.

Ruang Penyimpanan yang Dimaksimalkan dengan Kesegaran yang Tahan Lama

Kulkas baru Samsung RB7300, (Samsung Indonesia)
Kulkas baru Samsung RB7300, (Samsung Indonesia)

 

Berkat teknologi SpaceMax Samsung, kulkas BMF yang baru memaksimalkan ruang dalam kulkas tanpa memerlukan dimensi eksterior yang lebih lebar yang mungkin berbenturan dengan ukuran lemari dapur modern.

SpaceMax memungkinkan dinding interior kulkas menjadi jauh lebih tipis karena insulasi efisiensi tinggi yang menyediakan kapasitas internal lebih besar yaitu 385L - 18 liter lebih besar dari model sebelumnya. Oleh karena itu, kulkas ini sesuai dengan desain standar kedalaman kabinet 600mm sekaligus menawarkan lebih banyak ruang.

Fitur ini disambut baik terutama saat ini, dengan berubahnya kebiasaan berbelanja bahan makanan; orang-orang mengurangi frekuensi ke toko dan membeli bahan makanan dalam jumlah besar pada satu waktu, berbelanja secara online lebih sering, dan mencari set makanan siap masak untuk meminimalkan persiapan makanan. Semua tren ini mengarah pada kebutuhan akan efisiensi yang lebih besar dalam hal ruang penyimpanan di kulkas.

Kulkas Samsung baru juga dirancang untuk menjaga kesegaran makanan dua kali lebih lama. Dilengkapi dengan kotak Optimal Fresh+ revolusioner yang berfungsi sebagai laci yang dapat diatur ulang, pengguna dapat memilih untuk membagi laci menjadi dua zona dengan suhu berbeda atau menggunakannya sebagai satu laci. Sisi kiri lebih dingin, dioptimalkan untuk penyimpanan daging dan ikan, sedangkan sisi kanan cocok untuk buah dan sayuran.

Model baru ini memastikan bahwa semua makanan yang disimpan akan didinginkan dengan patut di manapun makanan itu diletakkan di dalam kulkas. Dilengkapi dengan fitur-fitur teknologi pendinginan Samsung terpopuler, kulkas baru ini dilengkapi dengan All Around Cooling dan Metal Cooling untuk kesegaran maksimal.

Kulkas BMF baru juga menawarkan tampilan built-in kontemporer yang membuat interior dapur modern manapun tampak semakin elegan. Lapisan baja tahan karat dan bagian depan rata dan ramping mewakili desain elektronik rumah tangga Samsung yang sederhana tetapi bercita rasa tinggi.

Dengan Clean Back yang terdiri dari penutup pengaman logam mulus untuk kumparan dan kabel vital di belakang unit, lemari es BMF menawarkan tampilan dan nuansa minimalis.

Kompresor untuk lemari es BMF terbaru secara otomatis menyesuaikan kecepatannya berdasarkan kebutuhan pendinginan dalam tujuh tingkat. Kompresor canggih ini karenanya membutuhkan lebih sedikit energi, meminimalisir kebisingan, dan bahkan mengurangi keausan untuk kinerja yang awet dan tahan lama dari sebuah kulkas.

Kulkas RB7300 dan jajaran laundry baru akan ditampilkan di acara virtual Samsung 'Life Unstoppable' pada 2 September 2020.

Berita Terkait