Gadget

Xiaomi Bagikan Kabar Terbaru Pengembangan Kamera Bawah Layar

Xiaomi telah mengembangkan teknologi kamera bawah layar sejak 2019. Bagaimana kelanjutannya?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)

Hitekno.com - Xiaomi jadi salah satu perusahaan yang mengembangkan kamera bawah layar. Teknologi ini digadang-gadang jadi solusi layar lega tanpa kepotong punch hole maupun poni.

Teknologi kamera bawah layar juga diprediksi untuk menjadi tren baru untuk HP mendatang. Dan Xiaomi sudah siap sejak awal mengembangkan teknologi tersebut.

CEO Xiaomi Lei Jun mengungkapkan bahwa pihaknya sudah memulai pengembangan teknologi kamera di bawah layar sejak Juni 2019, lalu disusul dengan penelitian lanjutan pada Oktober 2019.

Xiaomi kini mengumumkan bahwa generasi ketiga dari teknologi ini sudah rampung dan diyakini hampir sempurna, sebanding dengan kamera selfie konvensional. Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Dikutip dari Gizmochina pada Jumat (28/8/2020), Xiaomi menjelaskan bagaimana ia mencapai kualitas kamera mendekati sempurna dalam solusi kamera generasi ketiganya.

Perusahaan mengungkapkan bahwa dua generasi pertama berhasil membuat tampilan di atas kamera depan transparan dengan mengorbankan kerapatan piksel di area tersebut.

Namun dalam implementasinya, kamera di dalam layar hanya dapat menyimpan 1 dari 4 piksel untuk layar karena tiga piksel lainnya harus dibuat transparan untuk transmisi cahaya yang lebih baik dengan mengubah struktur dan material internalnya.

Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]
Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]

 

Namun, solusi generasi ketiga memecahkan masalah ini dengan memanfaatkan pengaturan piksel yang dikembangkan sendiri. Perusahaan telah berhasil mencapai transmisi cahaya melalui area celah sub-piksel.

Selain itu, perusahaan telah menggandakan jumlah piksel dalam pengaturan vertikal dan horizontal untuk mencapai kerapatan piksel keseluruhan yang serupa dengan bagian layar lainnya.

Hasilnya, area tampilan di atas kamera bawah layar berhasil mencapai tingkat kerapatan piksel, akurasi warna, gamut warna, dan kecerahan yang sama dengan panel OLED lainnya.

Perusahaan juga telah meningkatkan sirkuit penggerak piksel OLED untuk meningkatkan transmisi cahaya di atas kamera.

Terakhir, Xiaomi mengklaim bahwa algoritma kameranya yang dikembangkan sendiri mampu memberikan kualitas gambar yang sama dengan penembak selfie tradisional yang membuat solusi terbarunya hampir sempurna.

Lei Jun mengatakan bahwa solusi kamera bawah layar generasi ketiga Xiaomi siap untuk diproduksi massal pada tahun 2021.

Kamera bawah layar memang diproyeksikan akan menjadi inovasi berikutnya di industri HP. Perusahaan teknologi pun berlomba-lomba untuk mengadopsi teknologi ini ke dalam HP terbaru mereka di masa depan.

Salah satu merek pertama yang sudah siap menggunakan teknologi bawah layar adalah ZTE. Kabarnya merek asal China itu akan meluncurkan ZTE Axon 20 5G, yang menggunakan kamera di bawah layar, dalam waktu dekat.

Itulah kabar terbaru teknologi kamera bawah layar dari Xiaomi, yang kini diklaim punya hasil foto yang lebih baik. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait