Gadget

Kupas Tuntas 10 Tahun Karir Xiaomi, dari Smartphone Hingga IoT

Selama perjalanannya, Xiaomi tak hanya jadi produsen smartphone tapi juga produk IoT.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi Xiaomi. (Xiaomi)

Hitekno.com - Tahun 2020 menjadi tahun yang berarti bagi Xiaomi,  berumur 10 tahun kini Xiaomi tak hanya dikenal sebagai vendor smartphone, tapi juga perusahaan teknologi dengan perangkat cerdas dan IoT yang juga mendukung smart living.

Bukan waktu yang sebentar bagi Xiaomi untuk membangun itu semua, dalam pidatonya pada 11 Agustus 2020 lalu CEO Xiaomi Lei Jun menceritakan kembali perjalanan 10 tahun Xiaomi.

Bertema ''From 10 to Infinity'', Lei Jun menceritakan dari awal Xiaomi hingga tumbuh menjadi perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune Global 500.

Awal kehadirannya, Xiaomi dikenalkan dengan nama Dami, yang memiliki arti padi besar dalam bahasa China.

Namun ia merasa perusahaan yang ia pimpin harus lebih rendah hati, lantas Lei Jun mengubahnya menjadi Xiaomi.

"Kami adalah pemula, kami menantang para perusahaan besar. Maka ia mengubah namanya dari Dami menjadi Xiaomi, yang artinya beras kecil. Meskipun beras itu kecil, jika Anda memiliki cukup banyak maka Anda bisa menguasai industri," jelas Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, dalam perayaan 10 tahun Xiaomi secara virtual pada Kamis (13/8/2020) lalu.

Xiaomi membuktikan hal tersebut hingga sekarang, merek Xiaomi tak hanya memproduksi smartphone, tetapi juga produk IoT seperti Mi Smart Band, Mi Bedside Lamp, Mi Induction Heating Rice Cooker, Mi Robot Vacuum, Mi TV, Mi Electric Scooter, Mi Wi-Fi Range Extender hingga Xiaomi Metal Carry-on Luggage.

Smartphone Pertama Xiaomi

Ilustrasi Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi Xiaomi. (Xiaomi)

 

Bermula pada 6 April 2010, Dami yang diubah menjadi Xiaomi dimulai, menambah persaingan industri smartphone, pada 16 Agustus 2011 smartphone pertama Xiaomi resmi diluncurkan.

Xiaomi meluncurkan smartphone pertamanya Mi 1 yang merupakan ponsel 1,5G dual-core pertama di China saat itu.

Smartphone pertama Xiaomi ini mendobrak industri smartphone karena memiliki spesifikasi terbaik dengan setengah harga.

''Dengan inovasi dari Xiaomi, tak ada yang mempercayainya, namun Xiaomi membuktikannya'' jelas Alvin.

Pencapaian Xiaomi Selama 10 Tahun

Ilustrasi Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi Xiaomi. (Xiaomi)

 

Seiring dengan perjalanannya selama 10 tahun Xiaomi mendapatkan berbagai penghargaan yang dicapai.

Salah satunya menjadi vendor nomor satu di China seperti yang Hitekno.com kutip dari data perusahaan riset IDC pada kuartal II 2014 lalu.

Selain menjadi yang nomor satu, Xiaomi berada di urutan ketiga menjadi vendor smartphone yang dicapai hanya dalam waktu 2,5 tahun.

Tak ada yang menyangka startup kecil tersebut berhasil mengalahkan raksasa smartphone seperti Apple dan Samsung.

Pencapainnya tak berhenti di situ, Xiaomi menjadi perusahaan publik di bursa saham pada 2018 dan memasuki 74 negara dan menjadi merek global.

Sedangkan Xiaomi menduduki peringkat lima besar merek smartphone di dunia.

Nama Xiaomi makin melambung tinggi, bahkan merek Xiaomi menjadi merek smartphone nomor satu di India hanya dalam waktu tiga tahun.

Prestasi terbarunya diambil dari data Canalysis, Xiaomi menjadi perusahaan nomor empat merek smartphone terbesar di dunia di tahun 2020.

Pencapaiannya yang didapat Xiaomi ini tentu saja berkat dukungan dari para Mi Fans, bahkan hal ini disampaikan langsung dalam pidato CEO Xiaomi.

Xiaomi Mengguncang di Indonesia

Ilustrasi Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi Xiaomi. (Xiaomi)

 

Tahun 2014 Xiaomi mengudara dan bersaing di pasar smartphone Indonesia. Saat pertama kali Xiaomi masuk ke Tanah Air, smartphone ini mendapatkan perhatian lebih dari netizen.

Saat itu Alvin Tse mengatakan merek Xiaomi bisa mengguncang industri smartphone dan terbukti Xiaomi mendadak populer dan bersaing dengan merek smartphone lainnya.

Ingin terus berkontribusi dan berkomitmen, tahun 2017 Xiaomi mengambil langkah besar untuk mulai memproduksi smartphone di Batam.

Hingga kini produsen smartphone Xiaomi di Batam memberikan lapangan pekerjaan baru bagi 1.000 karyawan.

Sampai pada tahun lalu, Xiaomi sudah memproduksi total 10 juta unit smartphone di Indonesia.

Merek Xiaomi kian populer dan menjadi jawara di setiap peluncuran terbarunya.

Tentunya hal ini disambut baik oleh 35 Mi Fans Club di Indonesia, kini Mi Community di Indonesia memiliki lebih dari 1,8 juta anggota.

10 Kejutan Xiaomi untuk Konsumennya

Ulang tahun ke-10 Xiaomi. (Xiaomi)
Ulang tahun ke-10 Xiaomi. (Xiaomi)

 

Dalam gelaran ulang tahun Xiaomi ke-10 yang bertajuk “10 Years of Innovation for Everyone”, Xiaomi menegaskan komitmen perusahaan untuk terus membawa inovasi yang dapat dinikmati oleh semua orang.

''Terima kasih atas segala dukungan dan masukan dari para pengguna, mitra, dan Mi Fans selama ini. Xiaomi akan terus berinovasi dan memberikan yang terbaik kepada para pengguna. Ke depannya, kami juga akan terus membawa beragam produk gaya hidup dengan berbagai perangkat pintar dan IoT. Nantikan berbagai rangkaian kegiatan untuk merayakan perjalanan ini, mulai dari peluncuran produk hingga promo penjualan," ujar Alvin.

Rangkaian ulang tahunnya ke-10, Xiaomi menyiapkan 10 kejutan yang akan diumumkan kepada konsumennya sepanjang bulan Agustus.

Mengawali kejutannya, Kamis (13/8/2020) lalu, Xiaomi sudah mengenalkan empat kejutannya yang berupa Jagoan Smartphone entry level, Redmi 9A, Mi Wi-Fi Range Extender Pro, Mi True Wireless Earphones 2 Basic, Mi Smart Band 5.

Tak hanya produk, Xiaomi juga memberikan kejutan untuk para Mi Fans di Indonesia yang setia.

Xiaomi Indonesia akan menyiapkan harga khusus untuk Redmi 9A dengan varian 2GB+32GB senilai Rp999.000 kepada para pengguna loyal seri Redmi 4A, Redmi 5A, dan Redmi 6A.

Untuk mendapatkan harga khusus ini, para pengguna aktif Redmi 4A, Redmi 5A, dan Redmi 6A bisa berkunjung ke mi.com dan mengikuti prosesnya selama stok masih ada.

Kampanye ini merupakan cara Xiaomi berterima kasih terhadap dukungan Mi Fans dengan mengembalikan Rp10 miliar atau setara 50.000 unit smartphone.

Masih banyak kejutan lainnya dari Xiaomi untuk para konsumennya dalam rangka ulang tahunnya yang ke-10 ini, seperti tema hari jadinya tahun ini  Xiaomi akan memberikan inovasi pada semua orang. Sekali lagi, selamat ulang tahun Xiaomi ke-10.

Berita Terkait