7 Tips Mengoptimalkan Kamera Vivo X50 Pro untuk Rekam Video

Vivo X50 Pro tidak hanya menawarkan teknologi Gimbal Stabilization, namun banyak fitur kamera lainnya.

Agung Pratnyawan
Kamis, 27 Agustus 2020 | 13:21 WIB
Vivo X50 Pro. (Vivo)

Vivo X50 Pro. (Vivo)

Hitekno.com - Vivo X50 Pro menawarkan teknologi kamera terbaru nan canggih. Dengan itu, HP baru ini akan mendukung para content creator untuk membuat aneka konten, video, vlogging, bahkan hingga menciptakan karya film sendiri.

HP baru Vivo Indonesia ini juga membawa teknologi Gimbal Stabilization, tidak hanya mendukung aktivitas fotografi, namun juga memaksimalkan pengalaman mobile videography.

Teknologi ini bahkan mendapatkan apresiasi sebagai "Best Vlogging Smartphone" dari Selular Awards 2020 untuk Vivo X50 Pro.

Baca Juga: Banyak Diserbu, Vivo X50 Pro Buka Pre-order Gelombang ke-3

Sutradara peraih penghargaan, Mouly Surya yang juga merupakan salah satu representative dari Vivo X CLUB, mengungkapkan, "Sangat memungkinkan untuk menciptakan film hanya dengan sebuah smartphone yang dapat diandalkan seperti Vivo X50 Pro."

Mouly juga memberikan tipsnya dalam mengoptimalkan penggunaan Vivo X50 Pro untuk membuat film berkualitas, "Tips yang paling utama sebelum membuat film adalah memiliki konsep atau cerita yang kuat dan Anda perlu tahu apa yang ingin Anda rekam. Selain itu, tentu saja harus mengenali dan memaksimalkan fitur dan pengaturan video yang akan digunakan pada kamera di Vivo X50 Pro dengan baik. Pesan saya juga, sebagai movie maker teruslah berlatih, jangan takut gagal, karena selalu ada ada proses belajar dalam setiap karya diciptakan." ungkap Mouly lebih dalam.

Vivo X50 Pro. (Vivo)
Vivo X50 Pro. (Vivo)

Setidaknya ada 7 tips yang mudah diaplikasikan bagi siapa saja yang hendak membuat film dengan memaksimalkan Vivo X50 Pro:

Baca Juga: Selain Kamera, Ini Fitur Unggulan Vivo X50

1. Eksplorasi fitur kamera

Setiap pembuat film pasti harus mengenali kemampuan alat-alat yang dipakai dengan baik agar hasil produksi filmnya sesuai harapan. Dengan beragam fitur kamera yang ditawarkan, HP Vivo X50 Pro memiliki beberapa fitur  yang dapat dieksplorasi. Salah satunya, konfigurasi quad camera-nya yang terdiri dari:

Kamera utama 48MP Pro Quad Camera yang dilengkapi sensor IMX598 dan teknologi Gimbal Stabilization; Kamera 13M Portrait Mode dengan fokus standar 50mm; Kamera 8MP Super Wide-Angle yang memiliki sudut pandang luas hingga 120 derajat dan Super Macro dengan fokus dekat 2,5 cm; serta 8MP Periscope kamera yang memiliki kemampuan 5x Optical Zoom hingga 60x Hyper Zoom.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Vivo X50 Series untuk Produktivitas

Untuk merekam video layaknya profesional, pengguna dapat mengoptimasi kamera utama dengan pengaturan stabil di resolusi kamera 4K 60fps.

Namun, saat pengguna merekam video dengan objek yang bergerak lebih hebat seperti saat berlari, resolusi dapat diubah hingga 1080p 60fps, dan mode Ultra Stable juga akan aktif secara otomatis pada resolusi ini.

Mode Ultra Stable juga akan memberi kestabilan saat perekaman dengan cara klik ikon ‘tangan terbuka’ di sisi atas jendela layar.

Baca Juga: Dua Pesaing Kuat Oppo Reno4, Dari Samsung dan Vivo

2. Kontrol kestabilan gambar dengan Gimbal Radar

Fitur kamera Vivo X50 Pro. (dok.Vivo Indonesia)
Fitur kamera Vivo X50 Pro. (dok.Vivo Indonesia)

Selain itu, pengguna dapat mengaktifkan fitur Gimbal Radar untuk mengontrol apakah kestabilan gambar sudah optimal.

Fitur Gimbal Radar sendiri merupakan komponen software yang bekerja dengan memberikan panduan berupa animasi sebuah lingkaran dengan bola kecil yang bergerak di jendela layar yang menandakan pergerakan gimbal sebenarnya; Saat bola berada di titik tengah, berarti bingkai kamera berada pada titik kestabilan optimal sehingga pengguna dapat menangkap gambar dengan hasil lebih jernih.

3. Manfaatkan fitur-fitur pada pengaturan Cinematic Master

Fitur kamera Vivo X50 Pro. (dok.Vivo Indonesia)
Fitur kamera Vivo X50 Pro. (dok.Vivo Indonesia)

Untuk memudahkan fokus kamera, pengguna bisa mengaktifkan pengaturan Motion Autofocus untuk mengunci fokus otomatis pada mata, tubuh atau objek yang diinginkan. Selain itu, pengguna juga dapat menemukan pengaturan Cinematic Master di sisi atas jendela layar dalam mode video, yaitu fitur Smart Zoom dan Art Portrait.

Fitur Smart Zoom dapat diaktifkan dengan klik ikon ‘kamera film’. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk memilih objek yang sedang bergerak agar tetap berada di tengah layar, sehingga akan mempermudah proses perekaman gambar.

Sedangkan, untuk membuat rekaman yang lebih artistik, pengguna dapat menggunakan fitur Art Portrait dengan klik pada ikon ‘tiga lingkaran’ di sisi atas jendela layar.

Dengan fitur ini pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan algoritma Bokeh yang dapat diatur dengan akurat, atau aktifkanlah algoritma Mono yang dapat membuat objek lebih menonjol dalam latar belakang apapun.

Teknik color grading juga kerap diperlukan untuk pembuatan film yang apik saat proses pascaproduksi.

Dengan fitur Art Portrait ini, pengguna juga dapat memanfaatkan keberadaan 26 filter trendi yang dapat memberikan sentuhan warna estetik dengan mudah dan cepat, yang tentu dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsep atau alur cerita dari film itu sendiri.

4. Aktifkan 3D Sound Tracking

Objek yang bergerak akan menyulitkan kamera biasa dalam merekam suara dengan jelas. Untuk mengoptimalkan kualitas suara, HP Vivo X50 Pro dilengkapi dengan standar tiga mikrofon untuk membentuk trio suara tiga dimensi (3D Sound Tracking) yang otomatis meningkatkan kualitas suara.

Fungsinya akan lebih optimal dalam format landscape, di mana 3D Sound Tracking ini dapat dengan akurat mendeteksi suara yang datang dari berbagai penjuru.

Fitur 3D Sound Tracking ini juga membuat fokus suara hanya berada pada objek yang diinginkan. sehingga hasil rekaman suara dalam video akan lebih jelas.

Fitur ini juga dapat meredam kebisingan, serta menawarkan sistem perekaman suara dalam tiga mode; front, back dan surround recording. Pengguna dapat mengubah pengaturan ini kapanpun selama proses perekaman.

5. Membuat suara tetap jernih walau dalam keadaan zoom

Fitur lain yang dapat memudahkan proses perekaman adalah fitur Audio Zoom. Fungsinya akan meningkatkan volume secara otomatis saat pengguna melakukan pembesaran atau zoom pada sebuah objek, sehingga membantu merekam video yang lebih jelas dengan suara yang lebih jernih.

Bahkan saat proses zoom 1x sampai 10x, volume audio dapat meningkat hingga 12dB.

6. Menangkap gambar dari jarak jauh

Saat mengambil gambar di perkotaan atau alam terbuka yang memiliki pemandangan menakjubkan, pengguna dapat lebih leluasa menangkap objek yang berada di kejauhan dengan memaksimalkan fitur 5x Optical Zoom.

Bahkan pembesaran yang stabil secara digital dapat dilakukan hingga 10x berkat adanya integrasi teknologi Gimbal Stabilization.

7. Gunakan kemudahan edit sekali tap

Fitur kamera Vivo X50 Pro. (dok.Vivo Indonesia)
Fitur kamera Vivo X50 Pro. (dok.Vivo Indonesia)

Proses pascaproduksi kerap menyulitkan, karena selain harus mengolah potongan-potongan video hingga menjadi sebuah film utuh, editor juga kadang harus menciptakan video cuplikan berdurasi pendek atau teaser yang bisa diunggah ke media sosial.

HP Vivo X50 Pro memiliki fitur edit sekali tap di mana editor dapat bereksplorasi dengan fitur ini dan menciptakan video highlight berdurasi 15 detik dengan beragam template yang dapat mengubah rekaman mentah menjadi hasil karya seni yang artistik.

Product Manager Vivo Indonesia, Hadie Mandala menambahkan, "Vivo X50 Pro mengandalkan teknologi Gimbal Stabilization yang dapat membuat rekaman video lebih stabil. Perangkat gimbal sendiri merupakan standar yang kerap digunakan dalam proses produksi film secara profesional. Integrasi Sistem Kamera gimbal dalam perangkat smartphone Vivo X50 Pro, juga memungkinkan adanya fitur-fitur inovatif lain seperti Smart Zoom dan 3D Sound Tracking yang dapat membantu para pembuat film lebih mudah menciptakan film kreatif dan sinematik seperti seorang profesional."

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak