Gadget

Windows 95 Ulang Tahun ke-25, Microsoft Kenang Antrean di Toko Elektronik

Selamat ulang tahun ke-25 tahun Windows 95.

Dinar Surya Oktarini

Acara peluncuran Windows 95. (Microsoft)
Acara peluncuran Windows 95. (Microsoft)

Hitekno.com - Tepat 25 tahun yang lalu, Microsoft merilis Windows 95 pada 24 Agustus 1995. Saat itu sistem operasi ini menjadi salah satu yang dinantikan hingga toko elektronik CompUSA dan Best Buy penuh mengantre.

Windows 95 dirilis oleh Biil Gates ditemani oleh presenter Jay Leno di atas panggung. Hari itu menjadi hari yang besar bagi Microsoft dengan iklan TV yang meledakkan ''Start Me Up'' Rolling Stones dengan gambar tombol Start baru.

Microsoft bahkan menyewa Jennifer Aniston dan Matthew Perry untuk membuat sitkom dunia maya selama satu jam tentang Windows 95.

Dilansir dari laman The Verge, sejak diluncurkan, Window 95 menjadi sangat populer sehingga 7 juta eksemplar terjual selama lima minggu pertama.

Windows ulang tahun ke-25. (YouTube)
Windows ulang tahun ke-25. (YouTube)

 

Selain itu, banyak pengguna PC yang sengaja merakit PC untuk bisa memaksimalkan Windows 95 barunya. Seperti prosesor Pentium atau 486, hardisk IDE atau SCSI, CD-ROM 2x, sampai sound card Sound Blaster.

Tetapi Windows 95 saat itu menghadirkan fitur kunci Start, menu dan taskbar yang membuat penggunanya lebih mudah mencari aplikasi dan menavigasi sistem operasi.

Peningkatan multitasking dan antarmuka grafis adalah lompatan besar dari Windows 3.1 dan masa MS-DOS, tetapi antarmuka agak mirip untuk pengguna Macintosh dan OS/2 pada saat itu.

Windows 95 tidak semuanya tentang tombol Start. Selain OS 32-bit, tambahan penting adalah dukungan untuk nama file yang panjang hingga 250 karakter.

Saat itu Micrsoft juga memperkenalkan ide pertamanya untuk menyinkronkan data antara beberapa mesin di Windows 95.

Fitur lainnya saat itu yang populer adalah Plug and Play, yaitu fitur yang bisa mendeteksi hardware yang dipasang ke dalam PC. Fitur ini sebenarnya masih berada dalam tahap awal.

Pembaruan berikutnya untuk Windows 95 juga memperkenalkan fitur-fitur baru sebelum Windows 98 tiba tiga tahun kemudian. Selamat ulang tahun Windows 95 ke-25.

Berita Terkait