Gadget

Redmi 9A vs Oppo A1K, Duel HP Murah Hanya Rp 1 Jutaan

Redmi 9A vs Oppo A1K, mana yang lebih menarik sebagai HP Rp 1 jutaan?

Agung Pratnyawan

Redmi 9A. (dok. Xiaomi Indonesia)
Redmi 9A. (dok. Xiaomi Indonesia)

Hitekno.com - Redmi 9A vs Oppo A1K, dua HP murah yang sama-sama menargetkan pasar entry level di kisaran harga Rp 1 jutaan. Mana yang lebih menarik di antaranya?

Xiaomi Indonesia resmi mengenalkan Redmi 9A sebagai perangkat baru mereka. HP murah ini langsung berhadapan dengan banyak pesaing, salah satunya Oppo A1K.

Keduanya memang sama-sama murah, bahkan cuma Rp 1 jutaan. Namun menawarkan spesifikasi yang cukup bersaing. Lalu mana yang lebih menarik untuk dipinang?

Untuk kamu yang bingung memilih mana HP terbaik. Berikut ini, tim HiTekno.com bandingkan spesifikasi antara Redmi 9A vs Oppo A1K.

Dapur Pacu

Redmi 9A. (dok. Xiaomi Indonesia)
Redmi 9A. (dok. Xiaomi Indonesia)

 

Redmi 9A jadi yang pertama menggunakan MediaTek Helio G25, chipset untuk HP gaming dengan harga murah. Sedangkan Oppo A1K menggunakan MediaTek Helio P22, yang sekilas mirip.

Sama-sama CPU octa-core 2,0 GHz Cortex-A53 dan GPU PowerVR GE8320. Namun hasil AnTuTu Benchmark keduanya berbeda untuk varian RAM 2 GB.

Redmi 9A dengan MediaTek Helio G25 menghasilkan nilai AnTuTu Benchmark sampai 87.729. Sedangkan Oppo A1K hanya menghasilkan nilai 75.450 saja.

Terlihat performa Redmi 9A masih ada di atas Oppo A1K. Terlebih untuk bermain game, jadi keunggulan HP murah Xiaomi tersebut.

Baterai

Oppo A1K menggunakan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Sedangkan Redmi 9A menggunakan baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh.

Keduanya sama-sama belum mendukung fast charging, dan masih menggunakan microUSb. Namun dari sisi kapasitas baterai Redmi 9A lebih unggul.

Layar

Layar Redmi 9A menggunakan panel IPS yang berukuran 6,53 inci beresolusi HD+. Tentunya ukuran yang cukup besar menikmati konten seperti film, bahkan belajar online.

Sedangkan Oppo A1K menggunakan layar IPS 6,1 inci beresolusi HD+ juga. Bedanya lagi, aspek ratio layar Redmi 9A lebih memanjang dibandingkan Oppo.

Desain

Redmi 9A. (dok. Xiaomi Indonesia)
Redmi 9A. (dok. Xiaomi Indonesia)

 

Body belakang Oppo A1K hanya polos saja dengan pilihan warna merah atau hitam. Berbeda dengan Redmi 9 tampil dengan desain lebih menarik.

Redmi 9A menawarkan tiga pilihan warna: Blue, Dark Grey, dan Green. Body HP murah ini memiliki tekstur yang membuat tidak licin dan lebih menarik.

Ditambah ukuran layar yang lebih memanjang, membuat body Redmi 9A ini tetap nyaman digenggaman meski punya ukuran layar luas.

Kamera

Redmi 9A. (dok. Xiaomi Indonesia)
Redmi 9A. (dok. Xiaomi Indonesia)

 

Untuk Redmi 9A versi Indonesia, menggunakan kamera belakang dengan sensor 13 MP. Ditambah sederet fitur menarik, AI hingga mode portrait dan autofokus.

Sedangkan Oppo A1K mengandalkan kamera belakang 8 MP. Dari resolusi dan fitur yang diberikan, tentunya Redmi 9A masih unggul untuk kamera belakang.

Namun keduanya imbang dari resolusi kamera selfie yang digunakan. Yakni sama-sama memakai sensor 5 MP, dan tentunya sama-sama punya fitur beautify.

Harga

  • Redmi 9A RAM 2 GB + 32 GB: Rp 1.249.000 (promo Rp 1.199.000)
  • Redmi 9A RAM 3 GB + 32 GB: Rp 1.349.000 (promo Rp 1.299.000)
  • Oppo A1K RAM 2 GB + 32 GB: Rp 1.699.000

Kesimpulan

Itulah perbandingan spesifikasi Redmi 9A vs Oppo A1K. Dengan harga yang lebih terjangkau, HP murah Xiaomi Indonesia memberikan lebih banyak keunggulan.

Dari performa ngebut MediaTek Helio G25, baterai jumbo 5.000 mAh, layar lega 6,53 inci, hingga kamera utama dengan resolusi lebih tinggi.

Mana yang kamu pilih antara Redmi 9A vs Oppo A1K ini?

Berita Terkait