Gadget

Ramah Lingkungan, Pria Ini Ciptakan Drone dari Kulit Nanas

Bingkai dibuat menggunakan serat alami dan juga tahan listrik.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi drone. (Unsplash/david henrichs)
Ilustrasi drone. (Unsplash/david henrichs)

Hitekno.com - Banyak perangkat gadget yang dibuat dari bahan yang kuat dan kebanyakan terbuat dari plastik, meskipun plastik bukan bahan yang sangat ramah lingkungan.

Karena masalah lingkungan banyak orang yang berhenti menggunakan plastik sekali pakai seperti kantong plastik yang biasanya dii supermarket dan sedotan plastik.

Tetapi para peneliti di University Putra Malaysia mengambil satu langkah lebih jauh untuk membuat drone yang terbuat dari daun nanas.

Tentu saja tidak semua lapisan drone tidak terbuat dari daun nanas, melainkan bagian tubuh hingga kerangka utama.

Bingkai dibuat menggunakan serat alami dan juga tahan listrik yang berarti akan mencegah mesin drone mengalami hubungan pendek saat beroperasi.

Ilustrasi drone. (Jason Blackeye)
Ilustrasi drone. (Jason Blackeye)

 

Dilansir dari Ubergizmo, menurut Prof Dr Mohamed Thariq bin Hameed Sultan, salah satu keuntungan menggunakan bahan alami adalah bahwa mereka memiliki rasio kekuatan yang lebih tinggi.

Berdasarkan berat kekuatan lebih tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan bahan sintesis seperti plastik.

Bahan-bahan alami juga akan lebih murah dan lebih mudah tersedia, tak hanya itu bahan alami juga dapat terurai secara alami. Hal ini berarti mereka dapat dengan mudah dibuang ketika tidak lagi digunakan atau ketika sudah rusak.

Setelah penanaman nanas, daun dipanen di mana bukannya dibakar yang biasanya merupakan prosedur standar. Daun nanas dapat dipakai kembali untuk membantu membuat drone ini.

Belum ada pengujian apakah drone dari daun nanas ini bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan drone plastik, namun itu adalah ide yang menarik.

Berita Terkait