Gadget

Punya Banyak Rahasia? Begini Cara Membuat Folder Tersembunyi di HP

Demi menjaga keamanan file rahasia tersebut, kamu memang harus menyimpannya di satu folder khusus.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi HP. (pexels/FreeStok)
Ilustrasi HP. (pexels/FreeStok)

Hitekno.com - HP saat ini menjadi hal penting untuk dibawa dalam keseharian. Tidak dapat dipungkiri bahwa HP biasanya menjadi tempat kamu menyimpan banyak rahasia. Biar lebih aman, begini cara membuat folder tersembunyi di HP.

Beberapa file rahasia yang biasanya disimpan di HP seperti foto, video, audio, atau bahkan dokumen pribadi yang sebaiknya tidak diketahui oleh orang lain.

Demi menjaga keamanan file rahasia tersebut, kamu memang harus menyimpannya di satu folder khusus agar sulit diakses oleh orang lain yang tidak punya kepentingan dengan file ini.

Beruntung kini vendor HP memungkinkan penggunanya untuk menyimpan file rahasia dengan mudah layaknya di PC atau laptop. Sangat mudah, berikut cara membuat folder tersembunyi di HP untuk file rahasia.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke aplikasi pengelola file atau File Manager di HP Android kamu. Langkah selanjutnya adalah membuat folder baru dengan pilihan 'Create New Folder'.

Ilustrasi HP. (pexels/Mohi Syed)
Ilustrasi HP. (pexels/Mohi Syed)

 

Folder baru ini akan menjadi lokasi kamu menyimpan file rahasia tersebut. Jika sudah membuat folder baru, silahkan menggantinya dengan nama yang kamu inginkan. Step berikutnya adalah memindahkan file rahasia kamu ke dalam folder tersebut.

Agar folder ini tersembunyi, kamu perlu menyematkan tanda titik (.) di depan nama folder. Dan secara otomatis, folder tersebut berhasil kamu sembunyikan dengan mudah.

Jika kamu ingin mengakses file rahasia dalam folder yang telah kamu sembunyikan, kamu hanya perlu memilih 'Settings' di File Manager dan kemudian memilih pilihan 'Tampilkan Folder Tersembunyi' atau 'Shows Hidden Folder'.

Ilustrasi HP. (pexels/Pixabay)
Ilustrasi HP. (pexels/Pixabay)

 

Untuk cara membuat folder tersembunyi di HP ini, kamu perlu sangat teliti mengingat di mana letak folder tersebut di File Manager perangkat yang kamu gunakan.

Dengan cara membuat folder tersembunyi di HP ini dijamin seluruh file rahasia kamu telah tersembunyi dan tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Berita Terkait