Gadget

Hasil Riset, 1 dari 3 Konsumen Turunkan Budget Pembelian HP Baru

Hasil survey Counterpoint mendapati konsumen mengurangi budget mereka dalam pembelian HP baru.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi smartphone Android. (Android)
Ilustrasi smartphone Android. (Android)

Hitekno.com - Siapa sangka, satu dari 3 pengguna HP bakal turunkan budget pembelian HP baru berikutnya. Bahkan penurunannya sampai 20 persen dari sebelumnya.

Hal ini terungkap dari riset baru yang dikeluarkan firma riset pasar Counterpoint. Hasil riset ini dipublikasikan pada 19 Juni 2020.

Disebutkan kalau satu dari tiga orang yang ikut survey Counterpoint bakal memotong budget pembelian HP berikutnya sampai 20 persen.

Seperti diketahui, perekonomian berbagai negara tengah tertekan karena pandemi yang melanda. Pandemi ini telah berdampak pada berbagai lini.

Hal ini yang membuat banyak orang mengetatkan pengeluarannya.Termasuk dengan budget pembelian HP baru berikutnya.

Hal ini diduga akan berdampak pada penjualan HP baru pada 2020. Di mana pasar HP diprediksi bakal mengalami pertumbuhan negatif.

Riset mengenai pemangkasan budget pembelian HP ini sendiri dilakukan Counterpoint di beberapa negara penting dalam pasar smartphone.

Konsumen pangkas budget pembelian HP baru. (Counterpoint Research)
Konsumen pangkas budget pembelian HP baru. (Counterpoint Research)

 

Di antaranya, Amerika Serikat, Inggris, India, Prancis, Jerman, Spanyol dan Italia pada Mei dan Juni 2020. Dari sana ditemukan beberapa hal menarik.

Beberapa warga negara India, Spanyol dan Italia mayoritas memilih menunda pembelian HP baru. Begitu juga dengan konsumen di Amerika Serikat.

Menurut Pavel Naiya, senior analis Counterpoint menyampaikan pandemi COVID-19 dan ketidakpastian di masa depan mempengaruhi perilakuk konsumen.

Banyak yang membatasi pembelian, dan mengutamakan pada hal-hal yang penting saja. Nampak seperti mayoritas konsumen di Spanyol dan Italia.

Konsumen yang memangkas anggaran pembelian HP adalah Spanyol, disusul Italia, baru diikuti Amerika Serikat. Berbeda dengan negara lain.

Inggris, Jerman dan Prancis memang terlihat ada konsumen yang memangkas budget pembelian HP baru namun tidak sebaganyak negara lain.

"Melihat keadaan saat ini, kami duga tren ini akan berlanjut hingga pertengahan 2021" kata Pavel Naiya.

Seperti dilaporkan sebelumnya, pasar smartphone dunia memang diprediksi akan mengalami pertumbuhan negatif karena adanya pandemi.

Apakah kamu sendiri berencana membeli HP baru dalam waktu dekat ini? Dan berapa budget yang telah disiapkan?

Berita Terkait