Gadget

Realme XT Meledak Sehari Setelah Pembelian, Perusahaan Angkat Bicara

Pengguna Realme XT ini mengklaim bahwa perangkat langsung terbakar setelah pengisian daya pada malam harinya.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Realme XT. (Realme)
Realme XT. (Realme)

Hitekno.com - Setelah kasus ledakan Samsung Galaxy Note 7 yang menghebohkan di tahun 2016, kita jarang menjumpai kasus ledakan pada HP pintar setelahnya. Sebuah kasus langka ditemukan di India, di mana seorang pembeli Realme XT mengaku bahwa HP meledak sehari setelah pembelian.

Seorang pembeli mengklaim bahwa dirinya menggunakan adaptor charger yang ada pada boks penjualan.

Namun ketika Realme XT diisi daya pada malam harinya, HP ini langsung meledak, klaim sang pengguna mengatakan kepada 91 Mobiles.

Pengguna yang bernama Roshan Singh menceritakan bahwa ia mencoba menjangkau service center Realme dengan berbagi gambar unit yang terbakar.

Tetapi perwakilan merek mengatakan bahwa ia telah menerapkan "kekuatan eksternal" pada unit sehingga membuat HP meledak.

Penampakan Realme XT setelah terbakar. (91 Mobiles)
Penampakan Realme XT setelah terbakar. (91 Mobiles)

 

Singh telah membagikan salinan dan gambar-gambar HP yang telah meledak serta terbakar.

Dilansir dari Gizmochina, Realme akhirnya angkat bicara dengan kasus Realme XT yang meledak dan terbakar saat diisi daya tersebut.

Gambar pertama penampakan Realme XT yang terbakar. (91 Mobiles)
Gambar pertama penampakan Realme XT yang terbakar. (91 Mobiles)

 

Sesuai temuan perusahaan, unit Realme XT rusak karena gaya yang sangat berat yang diterapkan oleh objek eksternal, yang menyebabkan deformasi baterai seperti terlihat pada gambar pertama dan kedua (tanda ada pada kotak merah).

Lebih lanjut, perusahaan mengatakan bahwa tidak ada tanda terbakar pada titik perakitan perangkat di mana baterai diperbaiki (seperti yang ditunjukkan pada gambar ketiga).

Realme XT mengklaim bahwa baterai ini meledak karena ada tusukan atau tekanan dari luar. (91 Mobiles)'
Gambar kedua yang menampakkan baterai ini meledak karena ada tusukan atau tekanan dari luar. (91 Mobiles)

 

Berikut pernyataan resmi dari Realme India:

"Bagi kami, salah satu pilar utama adalah kualitas produk. Setiap smartphone yang diproduksi oleh Realme telah melewati sejumlah pemeriksaan kualitas dan ketahanan yang ketat karena keamanan pelanggan adalah hal yang paling penting bagi kami. Sesuai penyelidikan kami, kami telah mengetahui bahwa smartphone rusak karena kekuatan eksternal. Baterai ponsel cerdas pengguna terbakar saat ponselnya tertusuk dari luar"

Perusahaan menjelaskan bahwa terdapat tusukan eksternal yang membuat baterai Realme XT langsung meledak dan terbakar.

Gambar ketiga Realme XT yang terbakar. (91 Mobiles)
Gambar ketiga Realme XT yang terbakar. (91 Mobiles)

 

Ledakan Samsung Galaxy Note 7 memang merupakan isu terbesar, tetapi beberapa merek HP lain seperti Realme, Xiaomi, Asus, bahkan Apple pernah mengalaminya.

Beberapa kasus di antaranya disebabkan oleh baterai yang tidak original atau adaptor charger KW.

Semoga saja klaim penjelasan dari Realme XT ini bisa diterima oleh para penggemar dan tidak ada kasus ledakan pada HP lain.

Realme XT termasuk perangkat kelas menengah yang menjadi favorit di kelasnya sehingga isu di atas tentunya kurang baik bagi perusahaan.

Berita Terkait