Gadget

Merespon Pandemi, 6 Fitur Ini Dihadirkan Apple di WWDC 2020

Dalam beberapa fiturnya, tampaknya Apple merespons pandemi ini melalui updae terbarunya yang dikenalkan di WWDC 2020.

Dinar Surya Oktarini

Fitur Apple khusus pandemi. (apple.com)
Fitur Apple khusus pandemi. (apple.com)

Hitekno.com - Pandemi virus corona hampir mempengaruhi berbagai sektor industri, termasuk industri teknologi seperti Apple dalam update pembaruannya beberapa waktu yang lalu dalam gelaran WWDC 2020.

Dalam gelaran tersebut Apple mengumumkan berbagai fitur terbaru yang disematkan di beberapa sistem operasi perangkatnya.

Tak hanya itu, acara yang biasanya dihadiri para awak media tersebut kini harus diselenggarakan secara streaming karena pandemi ini.

Dalam beberapa fiturnya, tampaknya Apple merespons pandemi ini melalui updae terbarunya. Bulan lalu pada iOS 13.5, perusahaan membuatnya lebih mudah untuk membuka kunci iPhone dengan Face ID dalam keadaan mengenakan masker.

Dilansir dari laman The Verge, berikut adalah fitur-fitur terbaru Apple khusus pandemi yang dikenalkan di gelaran WWDC 2020 lalu.

1. Fitur Cuci Tangan di Apple Watch

WatchOS 7. (apple.com)
WatchOS 7. (apple.com)

 

Sesuai dengan standar WHO, sering cuci tangan adalah salah satu cara untuk terhindar dari virus corona. Fitur cuci tangan yang disematkan di sistem operasi Apple Watch, watchOS 7 ini akan membantu penggunanya mencuci tangan dengan benar.

Apple Watch akan secara otomatis akan mendeteksi ketika penggunanya mulai dari cuci tangan dari suara air mengalir dan gerakan tangan. Fitur ini juga akan menghitung mundur seberapa lama penggunanya harus mencuci tangan sesuai anjuran WHO.

2. Petunjuk Arah Bersepeda Apple Maps

Fitur Apple khusus pandemi. (apple.com)
Fitur Apple khusus pandemi. (apple.com)

 

Fitur yang dibangkitkan lagi karena pandemi ini akan memberikan pengguna jalur alternatif yang lebih baik dengan sepeda.

Dengan iOS 14, pengguna akan diberi rute lebih cepat dengan sepeda agar cepat sampai. Pasalnya penetapan jarak sosial juga menjadi salah satu pertimbangan pengguna menggunakan sepeda, selain tak berdesak-desakan dengan kendaraan umum menggunakan sepeda lebih menyehatkan.

3. Peningkatan Pesan dan Facetime

Fitur Apple khusus pandemi. (apple.com)
Fitur Apple khusus pandemi. (apple.com)

 

Sejak pandemi dan mengharuskan untuk berdiam diri di rumah, berbagai aplikasi seperti facetime menjadi aplikasi favorit untuk menyapa kerabat atau teman.

Hal ini juga yang membuat Apple meningkatkan aplikasi pesan dan Facetime pada iOS 14 dan macOS Big Sur dengan mendapatkan dukungan yang lebih baik untuk obrolan di grup.

Jika kamu tengah mengobrol dengan facetime, pengguna tetap bisa melakukan aktivitas lainnya dengan ponselnya hanya dengan menggeser ke atas untuk membuka layar beranda. Maka panggilan akan masuk ke mode gambar dalam ukuran kecil sehingga pengguna bisa membuka aplikasi lain.

Berita Terkait