Gadget

WWDC 2020, Kapan iOS 14 Tersedia dan iPhone Apa Saja yang Mendukung?

iPhone apa saja yang mendukung iOS 14, dan kapan rilisnya?

Agung Pratnyawan

iOS 14. (Apple)
iOS 14. (Apple)

Hitekno.com - Apple telah mengungkap seperti apa sistem operasi iOS 14. Beragam fitur baru, dan perubahan tampilan telah diungkap dalam gelaran WWDC 2020.

Perubahan mencolok pada tampilan sistem operasi untuk iPhone ini adalah hadirnya Home Screen yang bisa diskostumisasi dan memiliki Widgets.

Pengguna iOS 14 bakal punya kebebasan lebih dalam mengatur Home Screen mereka. Juga ada fitur Smart Stack yang secara pintar menyusun berbasis aktivitas kamu.

Juga adanya App Library yang bisa mengelompokkan app di iPhone sesuai kategori, sehingga lebih mudah untuk ditemukan oleh pengguna.

Apple juga melakukan perubahan pada Siri, tidak hanya tampilan yang lebih sederhana. Asisten digital ini makin pintar dan terintegrasi beragam fitur.

Fitur baru iOS 14. (Apple)
Fitur baru iOS 14. (Apple)

 

Juga dihadirkan app Translate yang terintegrasi dan mendukung 11 bahasa. Bahkan terintegrasi dengan Siri yang lebih pintar.

Dalam WWDC 2020, juga diungkap Car Keys. Yakni fitur menjadikan iPhone sebagai kunci mobil melalui koneksi NFC dan U1 chip.

Fitur Car Keys ini akan hadir ke iOS 13 dan iOS 14. Untuk itu, Apple juga menggandeng BMW dan Ford selaku produsen mobil yang mendukung fitur ini.

Soal tampilan, perusahaan asal Amerika Serikat ini dengan bangga memamerkan fitur Picture in Picture. Yang memungkinkan menonton video bersamaan menjalankan aplikasi lain.

Apple Maps juga mendapatkan banyak update. Tidak hanya Guides yang memberikan petunjuk informasi tempat dan lokasi.

Peta digital ini juga mendapatkan fitur Cycling yang memberikan informasi jalur seperda. Juga EV Routing untuk mobil listrik.

Fitur baru iOS 14 Apple Maps. (Apple)
Fitur baru iOS 14 Apple Maps. (Apple)

 

Dengan banyaknya fitur baru di sistem operasi ini, kapan Apple menghadirkan iOS 14 kepada pengguna? Tentu saja sudah banyak yang menantikan.

Apple menghadirkan developer preview dari iOS 14 di hari ini. Para pengembang aplikasi sudah bisa mendapatkan versi tersebut.

Untuk public beta yang bisa diakses pengguna iPhone, rencananya baru dihadirkan pada Juli mendatang. Dan mendukung iPhone 6s ke atas.

Lewat situs resminya, Apple menyampaikan sistem operasi ini mendukung iPhone 6s ke atas. Pengguna iPhone yang lebih lawas, harus berpuas diri dengan iOS 13.

Soal final rilisnya, masih belum diketahui kapan Apple meluncurkan iOS 14. Namun dijanjikan iOS 14 final akan diluncurkan tahun ini.

Berita Terkait