Gadget

Visionox Dikabarkan Siap Produksi Kamera Selfie In-Display

Selamat tinggal poni dan punch hole, kamera selfie di balik layar siap datang.

Agung Pratnyawan

Solusi kamera selfie in-display dari Visionox. (Twitter/ UniverseIce)
Solusi kamera selfie in-display dari Visionox. (Twitter/ UniverseIce)

Hitekno.com - Kamera selfie in-display, atau kamera yang berada di balik layar digadang-gadang sebagai solusi layar HP tanpa punch-hole dan poni.

Selama ini untuk menghadirkan layar HP penuh tanpa berujung pada punch-hole dan poni atau notch. Ada pula yang memakai sistem kamera pop-up.

Namun kedua solusi tersebut bukan final dari menghadirkan layar HP penuh tanpa gangguan. Teknologi yang dinanti adalah hadirnya kamera selfie in-display.

Beberapa waktu lalu, beberapa produsen HP di China telah memamerkan teknologi kamera selfie di balik layarnya. Namun teknologi tersebut belum final.

Kabar terbarunya, Visionox perusahaan layar asal ternama ini sudah menyiapkan solsusi in-display kamera selfie.

Solusi kamera selfie in-display dari Visionox. (Twitter/ UniverseIce)
Solusi kamera selfie in-display dari Visionox. (Twitter/ UniverseIce)

 

Bahkan dilaporkan kalau siap untuk memasuki produksi massal di China. Dan bakal jadi kamera selfie in-display pertama.

Kabar ini digaungkan oleh seorang leaker ternama, Ice Universe melalui akun Twitter @UniverseIce pada Senin 8 Juni 2020.

"Pabrikan layar China, Visionox, baru saja mengumumkan solusi kamera under-display pertama yang diproduksi secara massal di dunia. Telepon kamera bawah-tampilan pertama di dunia akan dirilis." tulisnya di Twitter.

Leaker ini membagikan video promosi dari teknologi yang ditawarkan Visionox tersebut. Yang menampilkan bagaimana mereka bisa membuat solusi ini.

Kabar ini diperkuat video dari leaker asal Vietnam Your favourite Chun is back, yang mempraktekkan seperti apa teknologi tersebut.

Leaker asal Vietnam tersebut mempostingkan video pada 18 Mei 2020 yang menampilkan sebuah HP dengan kamera selfie yang tersembunyi di balik layar.

Diwartakan Android Authority, Eksekutif Xiaomi, Lu Weibing pada Januari lalu mengatakan kalau kamera selfie di balik layar HP saat itu tidak mungkin dibuat karena kendala teknologi.

Lebih detail lagi, Lu Weibing mengatakan kalau layar 400 ppi secara drastis mengurangi cahaya yang ditangkap kamera selfi di balik layar HP.

Petinggi Redmi ini juga menyarankan layar resolusi rendah untuk menghadirkan solusi untuk maslah tersebut.

Namun berbeda dengan Visionox, nampaknya perusahaan asal China ini mampu mengatasi masalah tersebut. Dan nampaknya telah siap untuk masuk produksi massal.

Kita tunggu saja, produsen HP mana yang akan memakai solusi kamera selfie di balik layar HP dari Visionox ini nanti.

Berita Terkait