Gadget

Print Dokumen Langsung dari Ponsel Android, Begini Caranya

Berikut tiga cara mudah untuk mencetak dokumen dari smartphone android Anda.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi printer. (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi printer. (Pixabay/mohamed_hassan)

Hitekno.com - Makin canggih, kini pengguna Android bisa mengetik hingga mencetak dokumen hanya dari ponsel. Bahkan file tersebut bisa disimpan dan dipindahkan ke komputer. 

Dilansir dari Make Tech Easier, berikut tiga cara mudah untuk mencetak dokumen dari smartphone Android:

1. Menghubungkan printer dengan aplikasi plugin Android
Cara ini tergantung pada merek printer, pengguna harus mencari aplikasi plugin resmi sesuai merek printer di Play Store.

Sebagai contoh, aplikasi plugin HP Print Service. Pengguna dapat dengan mudah menemukan plugin perusahaan untuk Canon, Samsung, Xerox, Brother, Lexmark, dan printer lainnya dengan langkah-langkah sinkronisasi yang berbeda-beda.

Jika pengguna menggunakan plugin layanan HP Print, pengguna dapat menginstal aplikasi lalu buka Pengaturan dan pilih Descovery.

Untuk Wi-Fi direct printer, aktifkan Wi-Fi direct untuk menyinkronkan printer secara otomatis dengan aplikasi. Jika tidak, pengguna bisa membuka menu Manage added printers.

Tambahkan printer di jaringan Wi-Fi lalu klik opsi directly to the printer jika printer telah ditambahkan.

Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, pengguna harus tahu alamat IP printer. Buka prompt perintah di komputer dan masukkan netstat-r untuk menemukan semua perangkat, termasuk printer yang telah terhubung ke Wi-Fi.

Pastikan printer telah diaktifkan untuk berbagi jaringan. Di Windows 10, buka Printer properties dan klik Change Sharing Options. Setelah selesai, kembali ke aplikasi dan tambahkan alamat IP.

Jika printer dan ponsel pengguna berada di jaringan yang sama, keduanya akan disinkronkan. Pengguna dapat menggunakan aplikasi untuk mencetak langsung dokumen dari ponsel.

2. Menggunakan aplikasi cloud-printing pihak ketiga
Jika printer pengguna tidak memiliki plugin resmi di Play Store, pengguna dapat menggunakan aplikasi cloud-printing pihak ketiga seperti Cloud Printer.

Setelah menginstal aplikasi, Cloud Printer akan mengakses akun Google pengguna. Untuk menambahkan printer ke aplikasi, buka Pengaturan dan masukkan alamat IP yang diperoleh di bagian sebelumnya.

Pengguna juga dapat menggunakan Google cloud printing untuk mencetak Google Drive, Google Photo, dan lainnya.

3. Menghubungkan ponsel ke komputer dengan kabel USB

Ilustrasi HP. (pexels/Pixabay)
Ilustrasi HP. (pexels/Pixabay)


Jika pengguna memiliki printer yang lebih lawas yang tidak terhubung dalam mode nirkabel, pengguna dapat menghubungkan ponsel ke komputer yang mendukung printer (printer-enabled computer) dengan kabel USB.

Pada Windows 10, buka menu Start dan cari menu Bluetooth & other devices. Pengguna akan menemukan ponsel Android di opsi ini. Pastikan ponsel pengguna terlihat di komputer.

Unduh aplikasi PrintHand Mobile Print dan buka Manage Printers > Print Setup Wizard. Untuk memilih printer yang diinginkan, gunakan opsi Connected to a computer.

Pada langkah berikutnya, pilih sistem operasi pengguna seperti macOS, Windows, dan Linux. Seperti yang telah ditunjukkan pada bagian pertama, pengguna harus mengaktifkan berbagi untuk printer yang terhubung dengan komputer.

Setelah printer siap, kembali ke ponsel Android dan buka dokumen yang ingin dicetak. Klik menu tiga titik pada ponsel yang memiliki pengaturan Print. Pilih printer PC yang dibagikan dan pengguna langsung dapat mencetak dokumen tersebut.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait