Gadget

Samsung Galaxy S10 Disebut-sebut Lebih Populer dari Galaxy S20, Kenapa?

Samsung Galaxy S20 kalah populer dari Galaxy S10?

Agung Pratnyawan

Smartphone Samsung Galaxy S10 series. (Samsung)
Smartphone Samsung Galaxy S10 series. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung Galaxy S10, seri HP flagship yang diluncurkan pada awal 2019 silam. HP Samsung ini mendapatkan tanggapan positif. Lalu bagaimana dengan penerusnya? Yakni Samsung Galaxy S20.

HP Samsung Galaxy S20 disebut kalah populer dibandingkan Samsung Galaxy S10. Hal ini ditujukan pada penurunan penjualan yang turun drastis.

Perusahaan riset pasar Omdia telah mengungkapkan (melalui The Elec) bahwa Samsung mengirimkan sebanyak 8,2 juta unit Galaxy S20 premium, yakni Samsung Galaxy S20 Ultra, dan Samsunng Galaxy S20 + selama kuartal pertama tahun ini.

Itu bertepatan dengan tiga minggu pertama penjualan seri Samsung Galaxy S20.

Pengiriman sejumlah besar HP andalan dalam waktu kurang dari sebulan tentu merupakan prestasi yang mengesankan dan jarang ditiru pabrikan saingan Android.

Tetapi jika dibandingkan dengan jajaran Galaxy S sebelumnya yakni Samsung Galaxy S10, angka penjualan terbaru ini cukup mengecewakan.

Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10 + sendiri menjual sebanyak 10,3 juta unit selama kuartal pertama 2019. Ketika pengiriman Samsung Galaxy S10e diperhitungkan, jumlah itu meningkat menjadi sekitar 12,5 juta unit.

Samsung Galaxy S10. (Hitekno.com/Dinar Surya Oktarini)
Samsung Galaxy S10. (Hitekno.com/Dinar Surya Oktarini)

 

Tahun ini adalah tahun yang tidak biasa karena pandemi Covid-19, yang tidak diragukan lagi mempengaruhi penjualan di banyak pasar global, tetapi data menunjukkan bahwa titik harga yang lebih tinggi yang ditargetkan Samsung, juga telah menghentikan peningkatan dari jumlah pelanggan.

Pengiriman untuk seri Samsung Galaxy S20 turun hampir 35 persen, bila dibandingkan dengan jajaran generasi sebelumnya.

Pasar smartphone global, sebagai referensi, turun 13 persen pada kuartal pertama karena Februari yang sangat sulit di China dan dampaknya terhadap penjualan internasional pada Maret.

Model andalan paling populer dari Samsung adalah Galaxy S20 + dengan penjualan 3,5 juta unit, turun dari 5,2 juta unit model paling populer sebelumnya yakni Samsung Galaxy S10 pada setahun sebelumnya.

Smartphone adalah perangkat terlaris ke-9 secara global selama kuartal ini. Itu datang di depan anggaran Galaxy A30s tetapi di belakang iPhone 11 Pro, Galaxy A10s, iPhone 11 Pro Max, iPhone XR, Redmi Note 8 Pro, Redmi Note 8, Galaxy A51, dan iPhone 11, dengan yang terakhir menjadi penjualan tertinggi model.

Sedangkan untuk pasar smartphone 5G yang menguntungkan, Samsung Galaxy S20 + 5G adalah perangkat yang paling populer dengan margin yang layak dengan 3,5 juta unit, seperti yang disebutkan di atas.

Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro mengikuti di tempat kedua dan ketiga masing-masing dengan 2,9 juta dan 2,7 juta unit.

Samsung Galaxy S20 Series. (Samsung)
Samsung Galaxy S20 Series. (Samsung)

 

Sebagaimana dilansir laman Phonearena, Rabu (27/5/2020), Samsung Galaxy S20 dan Galaxy S20 Ultra menyelesaikan lima besar di tempat keempat dan kelima.

Mengingat sebagian besar penjualan Huawei berasal dari China, tampaknya Samsung memiliki keunggulan besar secara global.

Peluncuran flagship Samsung berikutnya tahun ini adalah Galaxy Note 20 dan Note 20+, yang akan keluar pada Agustus mendatang. E

konomi global semoga akan pulih lebih banyak pada saat itu dan negara-negara besar di Eropa dan Asia harus mengendalikan virus Covid-19.

Amerika Serikat, yang merupakan pasar terpenting bagi Samsung, sejauh ini tampaknya tidak menangani pandemi serta negara-negara lain.

Kemajuan tidak diragukan lagi akan terjadi selama musim panas, tetapi penjualan di wilayah tersebut dapat berdampak secara tidak proporsional jika situasinya gagal meningkat cukup cepat.

Namun, pada akhirnya, dampaknya terhadap penjualan di seluruh dunia akibat pandemi ini seharusnya kurang terlihat daripada saat ini.

Itulah kenapa Samsung Galaxy S10 disebut-sebut lebih populer dibanding HP Samsung Galaxy S20, berkaca dari angka penjualannya. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait