Gadget

Mudah, Begini 8 Langkah Bayar Zakat Online Lewat GoPay

Zakat online ini akan disalurkan oleh beberapa lembaga seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, Global Zakat ACT, DLL.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi bayar zakat online lewat Gopay. (Gojek)
Ilustrasi bayar zakat online lewat Gopay. (Gojek)

Hitekno.com - Masa pandemi COVID-19 membuat kita harus senantiasa menerapkan social distancing. Untuk menghindari kerumunan, ternyata kita bisa bayar zakat online lewat GoPay di aplikasi Gojek.

Menjelang lebaran, umat Muslim biasanya akan berbondong-bondong untuk membayar zakat fitrah melalui beberapa lembaga atau masjid setempat.

Untuk lebih praktis dan menghindari kerumunan, kita bisa membayar zakat fitrah secara online melalui GoPay.

Pada perilisan resmi dari Gojek, perusahaan menjelaskan bahwa zakat online ini bisa menjadi jaringan pengaman sosial bagi kelompok yang membutuhkan.

Diharapkan zakat digital dapat optimal menjadi jaringan pengaman sosial bagi kelompok rentan dan miskin yang terdampak COVID-19 sekaligus membantu pemulihan ekonomi Indonesia.

Bayar Zakat pakai GoPay. (Gojek)
Bayar Zakat pakai GoPay. (Gojek)

 

Jika melakukan pembayaran zakat online lewat Gopay, maka penyaluran zakat akan dilakukan oleh beberapa lembaga termasuk BAZNAS, Dompet Dhuafa, Global Zakat ACT, LAZISMU, LAZISNU, Rumah Yatim dan beberapa lembaga lainnya.

"Sejak tahun 2019, kami memiliki GoZakat, layanan zakat digital yang dapat diakses melalui fitur GoBills di aplikasi Gojek, atau scan kode QRIS milik masjid dan Lembaga Amil Zakat terkait - semuanya bisa ditunaikan dengan GoPay. Donasi digital memudahkan masyarakat bersedekah dan berzakat dari rumah kapan saja dan tentunya dengan lebih aman dan transparan,” ungkap Budi Gandasoebrata selaku Managing Director GoPay.

Untuk bayar zakat online lewat GoPay maka kamu bisa melakukan beberapa langkah ini:

1. Buka aplikasi Gojek.

Menu utama pada Gojek. (Aplikasi Gojek)
Menu utama pada Gojek. (Aplikasi Gojek)

 

2. Pastikan akun GoPay kamu terdapat saldo yang mencukupi untuk membayar zakat online. Untuk mengisi GoPay secara mudah, kamu bisa membaca tutorial lewat artikel ini.

3. Pada tampilan aplikasi Gojek terbaru, maka kamu harus melakukan swipe pada bagian bar yang menampakkan menu "GoRide, GoCar, GoFood, dan GoShop".

4. Setelah melakukan swipe ke atas, cari dan klik menu GoBills.

Menu GoBills ada di bagian paling bawah. (HiTekno.com)
Menu GoBills ada di bagian paling bawah. (HiTekno.com)

 

5. Pada bagian pojok kanan atas, pilih menu Zakat.

Deretan lembaga yang bekerja sama dengan GoPay. (Gojek)
Deretan lembaga yang bekerja sama dengan GoPay. (Gojek)

 

6. Kamu akan disuguhi oleh beberapa lembaga yang akan menyalurkan zakat online seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, Global Zakat ACT, LAZISMU, LAZISNU, Rumah Yatim, dan lain-lain. Pilih salah satu dari lembaga tersebut.

Ilustrasi aplikasi Zakat Calculator. (Play Store)
Ilustrasi aplikasi Zakat Calculator. (Play Store)

 

7. Masukkan jumlah zakat. Untuk menghitung zakat fitrah atau jenis zakat lainnya maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi Android seperti "muslim pocket - penuntut ramadanku" dan "Zakat Calculator". Kamu juga bisa menghitung jumlah zakat secara manual.

8. Setelah memasukkan jumlah nominal zakat, klik Lanjut lalu pilih "Bayar Sekarang" dengan saldo GoPay.

Itulah tadi 8 langkah untuk bayar zakat online lewat Gopay, sangat mudah bukan?

Berita Terkait