Gadget

6 Hal ini Harus Kamu Lakukan Agar WhatsApp Lebih Aman

WhatsApp menjadi salah satu incaran para pelaku kejahatan siber.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Christian Wiediger)
Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Christian Wiediger)

Hitekno.com - Salah satu aplikasi pesan instan, WhatsApp menjadi yang terpopuler di dunia, bahkan dalam beberapa tahun terakhir WhatsApp terus memperbarui platform media sosialnya. 

Mulai dari pesan status hingga video call grup, hal ini membuat WhatsApp menjadi salah satu incaran para pelaku kejahatan siber. 

Dilansir dari WhatsApp Beta, ini enam hal yang harus dilakukan untuk amankan WhatsApp:

1. Jangan pasang foto keluarga pada profil WhatsApp

Jangan pasang foto profil keluarga pengguna pada profil WhatsApp karena semua orang dapat melihatnya dan tidak menutup kemungkinan akan disalahgunakan. Namun, jika pengguna bersikeras untuk tetap menggunakan foto keluarga pada profil WhatsApp, pengguna dapat mengatur tiga opsi privasi tentang siapa yang dapat melihat foto profil pengguna.

Ketiga opsi itu mencakup Semua Orang (Everyone) yang artinya semua kontak dapat melihat foto profil pengguna, Kontak Saya (My Contacts) yang artinya hanya orang-orang di daftar kontak pengguna yang dapat melihatnya, dan terakhir Tidak Ada (Nobody).

2. Jangan bagikan status dengan semua orang

Pesan status bersifat pribadi dan dimaksudkan untuk dibagikan kepada teman, anggota keluarga, atau kerabat terdekat lainnya. Pastikan untuk menggunakan pengaturan privasi dengan benar untuk menyaring orang yang tidak pelru melihat pesan status pengguna.

Tampilan mute dan pinned WhatsApp. [WhatsApp]
Tampilan mute dan pinned WhatsApp. [WhatsApp]

3. Pengaturan privasi Grup WhatsApp

Jika pengguna tidak menginginkan semua orang dapat menambahkan pengguna ke grup WhatsApp, pengguna dapat membatasi hal itu dengan memilih siapa saja yang dapat menambahkan pengguna ke grup WhatsApp.

Buka Pengaturan > Akun > Privasi > Grup. Di sana, pengguna dapat memilih satu di antara tiga opsi yaitu Semua Orang (Everyone), Kontak Saya (My Contacts) yang artinya hanya orang-orang di daftar kontak pengguna yang dapat menambahkan pengguna ke grup, dan Kontak Saya Kecuali (My Contact Except) yang artinya pengguna dapat memilih secara spesifik siapa saja yang dapat menambahkan pengguna di grup WhatsApp.

Berita Terkait