Gadget

WhatsApp Diam-diam Siapkan Pembaruan Penting dalam Hal Keamanan

WhatsApp diketahui tengah mengerjakan pembaruan penting dalam hal keamanan.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)

Hitekno.com - Usai merilis fitur dark mode, kini WhatsApp diketahui tengah mengerjakan pembaruan penting perihal keamanan

Sebagaimana dikutip Express.co.uk dari @WABetaInfo, akun Twitter untuk menggali berbagai petunjuk untuk fitur baru yang masih dalam kode beta, telah menemukan pembaruan yang belum dirilis resmi WhatsApp dikenal sebagai Cadangan yang Dilindungi.

Karena memang belum diinformasikan secara resmi, rincian seputar fitur baru ini masih sedikit. Namun, kode beta memang menawarkan beberapa petunjuk tentang apa yang diharapkan.

Terlihat pada WhatsApp versi 2.20.66 untuk Android, fitur baru ini akan memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi dan melindungi kata sandi cadangan mereka sebelum data disimpan di Google Drive.

Artinya, pengguna WhatsApp harus memasukkan kata sandi yang benar untuk dapat mengembalikan semua pesan teks, obrolan grup, gambar, video, dan dokumen mereka ke handset baru.

Jika Anda memeriksa bagian Google Drive dari menu pengaturan di WhatsApp untuk Android saat ini, Anda akan menemukan peringatan yang menyatakan cadangan cloud tidak dilindungi oleh enkripsi ujung-ke-ujung yang sama yang digunakan oleh aplikasi ketika Anda mengirim pesan. Itu berarti, secara teoritis dimungkinkan bagi peretas untuk menjelajah data yang disimpan.

Fitur Cadangan Terproteksi yang baru, menambah lapisan keamanan tambahan. Itu berarti WhatsApp maupun Google tidak akan dapat melihat apa yang disimpan di dalam cadangan Anda.

Saat ini, cadangan WhatsApp di iPhone dienkripsi oleh Apple ketika diunggah ke iCloud. Namun, perusahaan milik Facebook tidak menggunakan enkripsi ujung-ke-ujung yang sama dengan yang digunakannya untuk semua pesannya ketika menyimpan duplikat teks-teks itu di cloud.

Ilustrasi iCloud. [Shutterstock]
Ilustrasi iCloud. [Shutterstock]

Meskipun tidak ada bukti dalam versi beta iOS terbaru dari fitur Cadangan Terproteksi, masuk akal bagi WhatsApp untuk menawarkan opsi yang berfokus pada privasi bagi pemilik ponsel iPhone dan Android di masa mendatang.

Karena fitur ini mulai muncul dalam versi beta, pekerjaan berjalan dengan baik. Namun, itu bukan jaminan bahwa Anda akan mellihat pembaruan ini dalam waktu dekat.

Seperti Anda tahu, WhatsApp membutuhkan lebih dari 18 bulan untuk mempertimbangkan mode gelap yang disambut positif para penggunanya.(Suara.com/Dythia Novianty)

Berita Terkait