Gadget

Kembali Melanda Ibu Kota, Begini Cara Pantau Banjir di Jakarta di Ponsel

Dua cara ini mungkin bisa membantu kamu mengarungi banjir di Jakarta.

Dinar Surya Oktarini

Penampakan banjir Jakarta yang diunggah pada hari Selasa (25/02/2020) dini hari. (Twitter/ TMCPoldaMetro)
Penampakan banjir Jakarta yang diunggah pada hari Selasa (25/02/2020) dini hari. (Twitter/ TMCPoldaMetro)

Hitekno.com - Sejumlah wilayah di Ibu Kota Jakarta kembali dilanda banjir, bahkan #banjir langsung menggema di Twitter dan memuncaki trending topik regional Indonesia.

Hujan deras yanng mengguyur wilayah Jabodetabek hingga Selasa (25/2/2020) pagi menyebabkan banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Sejumlah ruas jalan di Jakarta tak bisa dilewati karena digenangi air banjir. Sejumlah aktivitas pun terhambat karena banjir ini.

Bagi kamu warga Jakarta yang hendak berpergian dan beraktivitas di luar untuk mengetahui apakah daerah yang akan kamu lewati atau tuju banjir atau tidak, berikut dua aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk pantau banjir di Jakarta.

Aplikasi pertama yang bisa kamu instal di ponsel kamu adalah aplikasi Pantau Banjir, Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur yang bisa berguna bagi warga Jakarta yang terdampak banjir.

Aplikasi Pantau Banjir. (Play Store)
Aplikasi Pantau Banjir. (Play Store)

 

Pada aplikasi Pantau Banjir ini kamu bisa memantau ketinggian debit air di suatu wilayah di Jakarta.

Selain itu, kamu bisa mengetahui keadaan banjir di wilayah tersebut dari foto yang ada, foto-foto tersebut diambil dari laporan masyarakat setempat di wilayah yang terdampak banjir tersebut.

Fitur yang tak kalah menarik juga adalah, kamu bisa melihat kondisi pintu air apakaha berada pada status siaga 1 atau tengah aman. Namun aplikasi ini belum bisa digunakan di perangkat iOS, perangkat ini hanya bisa di ponsel berbasis Android saja.

Aplikasi kedua yang bisa kamu gunakan untuk memantau kondisi banjir adalah petabencan.id. Tak hanya Jakarta, kamu juga bisa cek langsung beberapa kota di Indonesia seperti Bandung, Semarang dan Surabaya.

Belasan titik di Jakarta tergenang banjir pada tanggal 25 Februari 2020 pagi hari. (Petabencana.id)
Belasan titik di Jakarta tergenang banjir pada tanggal 25 Februari 2020 pagi hari. (Petabencana.id)

 

Kamu bisa memilih kawasan yang kamu ingin tahu, nantinya peta ini akan memiliki warna sesuai dengan status banjir di wilayah tersebut.

Warna hijau untuk siaga 4, warna kuningberarti banjir siaga 3 sekitar 10-70 cm, warna oranye berarti banjir siaga 2 sekitar 71-150 cm dan siaga 1 merah yang berarti banjir lebih dari 150 cm.

Situs petabencana.id ini didukung oleh beberapa pihak antara lain, BNPB, USAID, Twitter, Mapbox, UrbanRISKLab, Pacific Disaster Center, Pasangmata.com, Humanitarian, OpenStreetMap Team, dan Qlue.

Menggunakan dua aplikasi ini kamu bisa memantau wialyah dan jalanan mana saja yang tergenang banjir, untuk yang tengah terjebak banjir tetap waspada dan hati-hati ya.

Berita Terkait