Gadget

Dalam Satu Slot, Xiaomi Kembangkan Kartu SIM Sekaligus MicroSD

Sebagian besar smartphone keluaran baru saat ini tidak memiliki slot kartu microSD.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]
Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]

Hitekno.com - Smartphone kekinian dan terbaru sebagaian besar tak memiliki slot kartu microSD. Beberapa produsen smartphone menilai bahwa penambahan slot kartu microSD membutuhkan ruang lebih yang dapat diisi oleh komponen yang lebih penting.

Melihat permasalahan tersebut, Xiaomi berencana untuk mengembangkan kartu SIM yang sekaligus juga kartu microSD. Dengan begitu, pengguna tidak lagi memerlukan slot kartu microSD terpisah yang memakan ruang ekstra di ponsel.

Menurut paten yang ditemukan oleh IT Home via Gizmochina, kartu tersebut akan memiliki teknologi SIM yang biasa di satu sisi dan teknologi penyimpanan di sisi lainnya. Untuk membuat kartu tersebut tentu membutuhkan baki SIM khusus yang dapat membaca kedua sisi.

Teknologi seperti ini bukan konsep yang sepenuhnya baru dan pertama kali terlihat pada tahun 2019 dari perusahaan yang berbeda. Namun sepertinya Xiaomi berminat pada teknologi ini dan berencana mengembangkannya sendiri.

Logo Xiaomi di gedung perkantoran. (Xiaomi)
Logo Xiaomi di gedung perkantoran. (Xiaomi)

 

Cara kerja kartu ini sangat mirip dengan kartu SIM "super" yang pertama kali diperkenalkan oleh Ziguang tahun lalu. Implikasi dari teknologi ini bisa sangat besar di industri smartphone.

Meskipun beberapa produsen smartphone menawarkan memori tambahan dalam slot kartu SIM ganda hibrida, tapi ponsel flagship umumnya tidak menyediakan fitur ini dan sebaliknya hanya menyediakan penyimpanan internal yang lebih besar.

Teknologi ini bisa menjadi cara yang lebih cerdas untuk membuktikan kebutuhan penyimpanan tambahan di perangkat apapun di masa mendatang.

Tak hanya itu, ini juga akan memungkinkan migrasi data yang lebih mudah bagi pengguna saat berpindah smartphone.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait