Gadget

Kembangkan Kamera Smartphone Masa Depan, Xiaomi Galau Pilih Mitra

Xiaomi Galau Pilih Hasselblad, Nikon, Atau Canon.

Agung Pratnyawan

Logo Xiaomi di gedung perkantoran. (Xiaomi)
Logo Xiaomi di gedung perkantoran. (Xiaomi)

Hitekno.com - Xiaomi diketahui tengah mencari mitra untuk pengembangan kamera smartphone mereka. Namun pabrikan asal China ini malah bimbang menentukan pilihan.

Dalam sebuah survei yang diunggah Xiaomi lewat media sosial Weibo, produsen smartphone asal China ini akan memilih satu dari tiga calon mitra mereka, yaitu Nikon, Canon, atau Hasselblad.

Dilansir dari PetaPixel, Rspekulasi ini bermula dari survei yang diposting Vice President Xiaomi Chang Cheng.

Survei tersebut menanyakan kepada pengguna Weibo, perusahaan mana kira-kira yang cocok diajak bekerjasama dengan Xiaomi, apakah Canon, Nikon, Hasselblad, atau independen dan tidak perlu berkolaborasi sama sekali.

Dari jajak pendapat tersebut, para voter lebih memilih Hasselblad sebagai rekan kerja Xiaomi dalam pengembangan kamera smartphone.

Lebih dari 4.250 pengguna berpartisipasi di survei ini dan Hasselblad berada di urutan pertama dengan hampir 2.000 suara, disusul berikutnya Canon 1.059 suara, tidak perlu kolaborasi 1.000 suara, dan Nikon 269 suara.

Namun, kabar ini masih bersifat spekulatif. Pasalnya, masih perlu waktu tambahan untuk memastikan Xiaomi akan berkolaborasi dengan salah satu perusahaan kamera ternama itu.

Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]
Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]

 

Akan tetapi, pilihan pengguna yang memilih Xiaomi untuk berkolaborasi dengan Hasselblad sepertinya cukup masuk akal, mengingat perusahaan tersebut sudah berpengalaman karena pernah bermitra dengan Motorola.

Jika Xiaomi berhasil menggandeng Hasselblad, kerja sama ini bisa menjadi senjata baru mereka. Dari perspektif perusahaan kamera, kemitraan seperti ini bisa meningkatkan profil brand dan meningkatkan penjualan produk di China, bahkan mendunia.

Sementara dari sisi Xiaomi selaku produsen smartphone, kerja sama ini bisa mempertegas komitmen mereka untuk bisa menjawab kebutuhan konsumen, yang saat ini sebagian beralih ke fotografi mobile.

Sebelumnya, langkah serupa sudah dilakukan Huawei yanh meneken kerja sama eksklusif dengan produsen kamera ternama Leica.

Akankah Xiaomi memilih di antara Canon, Nikon, atau Hasselblad untuk mitra pengembangan kamera smartphone masa depan? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait