Gadget

MWC 2020 Batal karena Virus Corona, Segini Kerugian yang Ditimbulkan

Karena MWC 2020 batal, tercipta kerugian sampai triliuan rupiah.

Agung Pratnyawan

MWC 2020 Barcelona. (GSMA)
MWC 2020 Barcelona. (GSMA)

Hitekno.com - Mobile World Congress (MWC) 2020 yang rencananya digelar di Barcelona, Spanyol telah resmi dibatalkan. GSMA selaku penyelenggara menyebutkan alasan MWC 2020 batal karena virus corona.

Sialnya, pembatalan MWC 2020 ini berimbas pada kerugian finansial yang ditaksir mencapai triliunan rupiah.

MWC 2020 yang seharusnya berlangsung empat hari pada 24-27 Februari mendatang, diproyeksikan menghasilkan pendapatan sebesar 500 juta Euro atau mencapai Rp 7,4 triliun.

Namun gara-gara Virus Corona, pundi-pundi keuangan itu pun lenyap begitu saja.

Sebagaimana dikutip dari Android Authority, Jumat (14/2/2020), media lokal El Pais menjabarkan sumber keuntungan MWC 2020 yang berasal dari berbagai sektor, mulai dari hotel, penyewaan paviliun, perjalanan, dan lainnya.

Terlepas dari kerugian tersebut, GSMA selaku penyelenggara sebenarnya sudah melakukan langkah antisiptif dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Convid-19.

Mulai dari memberi saran agar tidak berjabat tangan, memasang pemindai suhu tubuh, aturan untuk mengganti mikrofon, hingga membatasi masuknya staf atau pengunjung dari China.

MWC 2020 Barcelona. (GSMA)
MWC 2020 Barcelona. (GSMA)

 

Beberapa delegasi bahkan sempat menggantikan staf dari China dengan kolega dari negara lain atau mengirim perwakilan China mereka sebelumnya.

Kendati begitu, peserta acara yang awalnya akan ikut serta di MWC edisi tahun ini justru perlahan mulai mengundurkan diri, sehingga GSMA memutuskan untuk membatalkan MWC 2020.

"Dengan mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan, GSMA membatalkan MWC 2020. Kekhawatiran wabah Virus Corona, kekhawatiran perjalanan dan keadaan lainnya membuatnya tidak mungkin (untuk digelar). Pemerintah tuan rumah menghormati dan memahami keputusan ini," tutup CEO GSMA John Hoffman.

Itulah estimasi kerugian yang disebabkan MWC 2020 batal karena virus corona. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait